Minggu, 24 Juli 2022

PERTEMUAN 1 STATISTIK

Materi Pembelajaran :
A. Data Statistik
B. Mengolah dan Menyajikan Data (Tabel)
C. Mengolah dan Menyajikan Data (Diagram)

 

A.     Data Statistik

 

        1.  Data

Data merupakan bentuk jamak dari datum, datum berasal 

dari bahasa latin yang berarti tunggal.

 

Sehingga data dapat didefenisikan seluruh keterangan, informasi 

atau fakta tentang sesuatu atau permasalahan. Sementara datum 

adalah keterangan, informasi, atau fakta yang diperoleh dari satu 

pengamatan. Biasanya datum menggambarkan ciri – ciri objek. 

Berbeda dengan data, yang memuat banyak datum. 

Datum tidak bisa mendeskripsikan informasi seluruh perilaku objek, 

sedangkan Data menggambarkan keadaan sebenarnya di lapangan.

 

Berdasarkan jenisnya, data dibedakan menjadi data kuantitatif 

dan data kualitatif. Data kuantitatif adalah data berupa bilangan 

atau nilai tertentu, misalnya jumlah siswa dalam satu kelas, tinggi pohon, 

dan berat badan.

Sementara data kualitatif adalah data yang menggambarkan keadaan 

objek yang dimaksud, misalnya golongan darah dan jenis kelamin.

 

Statistika = berarti ilmu tentang cara mengumpulkan, menyusun, 

menggolong-golongkan, menganalisis, dan mencari keterangan yang 

berarti dari data yang berupa angka. Selanjutnya, hasil analisa data 

digunakan untuk mengambil kesimpulan.

 

Statistik = adalah data berupa angka yang dikumpulkan, disusun, 

dan digolong-golongkan sehinga data tersebut dapat memberi 

informasi mengenai suatu masalah. Untuk memahami perbedaan 

antara Statistika dengan Statistik. Jika statistik adalah data yang 

diolah dengan statistika.


2. Cara Mengumpulkan data
 
Data Kualitatif dapat dikumpulkan dengan beberapa cara berikut :
a) Pengamatan Langsung (Observasi)
b) Angket (Kuisioner)
c) Wawancara (interview)
d) Eksperimen (Percobaan)
e) Sumber Literasi
 
Data Kuantitatif, pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara – cara 
sebagai berikut :
a) Mencacah
b) Mengukur
c) Mencatat Data
 
3. Mengurutkan Data
 
Pada umumnya data yang telah diperoleh belum tentu sudah dalam 
kondisi berurutan, melainkankan masih dalam keadaan kacau. 
Maka untuk kebutuhan penyajian, data harus terlebih dahulu 
diurutkan dari urutan terkecil hingga terbesar, sehingga 
dapat diketahui penyebarannya. 
 
4. Populasi dan Sampel
 
Populasi = kumpulan objek yang lengkap dan memiliki sifat 
sama yang digunakan sebagai dasar menarik kesimpulan.
 
Sampel = bagian dari populasi yang memiliki sifat – sifat 
yang lengkap seperti sifat – sifat yang dimiliki populasi.
 
Dalam suatu penelitian, jika data yang hendak diambil 
datanya terlalu banyak, maka cukup mengambil sampel.
 
Contoh : Jeruk yang dijual pedagang 

Latihan – 1

Pilihan Berganda :

1. Lisa ingin mengumpulkan data mengenai pertumbuhan 
    kecambah yang ditanam di ruang gelap. Metode pengumpulan 
    data yang didapat Lisa adalah …
    a. Angket
    b. Wawancara
    c. Eksperimen
    d. Membaca buku

 

2. Pak Bimo ingin mengumpulkan data mengenai banyak telur 
    yang dihasilkan ayamnya setiap hari. Metode pengumpulan 
    data yang dapat dilakukan Pak Bimo adalah …
    a. Pengamatan langsung
    b. Wawancara
    c. Eksperimen
    d. Angket

 

3. Pihak PDAM akan mencari data tentang tingkat 
    kepuasan pelanggan terhadap pelayanan air bersih. 
    Metode pengumpulan data yang praktis dan efisien adalah …
    a. Pembagian angket
    b. Wawancara
    c. Pengamatan
    d. Percobaan

 

4. Data berikut yang merupakan data kuantitatif adalah …
    a. Data tentang perkembangan pembangunan desa
    b. Data tentang pendapat ibu rumah tangga mengenai 
        harga gula            
    c. Data tentang peningkatan/penurunan hasil panen
    d. Data tentang pegaruh acara televisi terhadap aktivitas belajar siswa

 

5. Data berikut yang termasuk data kualitatif adalah …
    a. Data tentang hasil panen padi di desa Sukajadi
    b. Data tentang nilai rata – rata Ujian Sekolah di berbagai SD 
             se-Kecamatan Bangunharjo
        c. Data tentang tinggi rata – rata pohon jati di daerah Wonosari
        d. Data tentang tingkat pendidikan Kepala Keluarga dan 
            beberapa siswa di kelas

 

6. Pak Pandu ingin mengumpulkan data mengenai banyak anak 
    perempuan di setiap keluarga dalam satu kelurahan. 
    Ia akan mengumpulkan data dari 15 RT. Setiap RT akan diambil 
    3 keluarga. Sampel dari data tersebut adalah …
    a. 3 keluarga di kelurahan tersebut
    b. 15 keluarga di kelurahan tersebut
    c. 45 keluarga di kelurahan tersebut
    d. Seluruh keluarga di kelurahan tersebut

 

7. Dinas perhubungan kota A melakukan penelitian terhadap 
    jenis kenderaan yang melewati jalan X di kota A. 
    Populasi dalam penelitian tersebut adalah …
    a. Kenderaan yang melewati jalan X di kota A
    b. Kenderaan yang melewati jalan di kota A
    c. Kenderaan Dinas Perhubungan kota A
    d. Kenderaan di kota A

 

8. Agar dapat mengetahui minat siswa SMP di Kabupaten Merak 
    yang akan melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), 
    dipilih 55 siswa kela IX dari setiap SMP di Kabupaten Merak 
    untuk diteliti. Populasi dalam penelitian adalah …
        a. Siswa SMP di Kabupaten Merak
        b. Siswa SMK di Kabupaten Merak
        c. Siswa kelas IX di Kabupaten Merak
        d. Siswa SMK kelas IX di Kabupaten Merak

 

9. Suatu pabrik tas memproduksi 3000 unit tas per minggu. 
    Sebelum dipasarkan tas-tas tersebut harus dicek oleh 
    bagian Quality control. Dari 3000 unit tas dipilih 400 unit tas 
    untuk dicek dan ternyata 15 unit tas diantaranya rusak. 
    Dari keterangan di atas, banyak sampel dalam pengecekkan 
    tersebut adalah … unit tas.
    a. 3000
    b. 400
    c. 385
    d. 15

 

10.Sebuah kecamatan ingin mengetahui seberapa besar 
    minat baca penduduknya. Untuk itu, setiap kelurahan 
    di Kecamatan tersebut membagikan angket kepada 
    75 penduduknya. Jika banyak Kelurahan di Kecamatan 
    tersebut 13, banyak  sampel penelitian tersebut ada … orang.
    a. 75
    b. 88
    c. 875
    d. 975

 


SERI 55 PEMBAHASAN GELOMBANG

Selamat datang di blog saya, 
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman belajar saya mengajar di Bimbel Sekolah SMP WR Supratman 2 Medan. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang gelombang. Materi soal saya ambil dari buku Mandiri kelas VIII. Dimana buku tersebut digunakan sebagai buku untuk berlatih dan buku pegangan untuk mengerjakan PR. 
Semoga pengalaman berbagi ini bermanfaat buat kita semua, terima kasih 

Soal : 131

Perhatikan pernyataan – pernyataan berikut

(1)  Memerlukan medium untuk merambat

(2)  Bergerak lebih perlahan dari pada cahaya

(3)  Gelombang longitudinal

(4)  Tidak menunjukkan pemantulan

 

Perbedaan gelombang bunyi terhadap gelombang

cahaya ditunjukkan oleh nomor …

A.  (1), (2), dan (3)

B.  (2) dan (4)

C.  (1) dan (3)

D.  Hanya (4)

 

Pembahasan :

 

Gelombang bunyi :

·        Merupakan gelombang longitudinal

·        Memerlukan medium untuk dapat merambat

·        Merupakan gelombang mekanik

·        Cepat rambat bunyi  340 m/s

 

Gelombang cahaya :

·        Merupakan gelombang transversal

·        Tidak memerlukan medium dalam perambatannya

·        Merupakan gelombang elektromagnet

·        Cepat rambat cahaya  3 x 108 m/s

 

Kunci : A

 

Soal : 132

Perhatikan pernyataan – pernyataan berikut

(1)  Keduanya dapat merambat melalui vakum

(2)  Cepat rambat gelombang = frekuensi x panjang gelombang

(3)  Keduanya memindahkan energi dari satu tempat ke tempat lain

 

Pernyataan yang benar tentang gelombang cahaya dan 
gelombang bunyi ditunjukkan oleh nomor

 

A.  (1), (2), dan (3)

B.  (2) dan (3)

C.  (1) dan (2)

D.  Hanya (1)

 

Pembahasan :

 

Defenisi gelombang = getaran yang merambat dan memindahkan 
energi dari satu tempat ke tempat lain.

 

Cepat rambat gelombang, v :


Kunci : B

 

Soal : 133

Seseorang berbicara dari salah satu ujung sebuah tabung panjang dapat terdengar jelas oleh seorang pengamat yang telinganya ditempelkan di ujung tabung lainnya. Hal ini disebabkan gelombang bunyi dapat …

A.  Diperkuat

B.  Dipantulkan

C.  Dibiaskan

D.  Merambat

 

Pembahasan :

 

Bunyi merambat memerlukan medium, berupa medium zat padat atau zat cair mau pun gas (udara). Dalam soal disebutkan mediumnya berbentuk tabung (berarti zat padat).

 

Kunci : D  

 

 

Soal : 134

Jarak antara rapatan dan reggangan dari suatu gelombang bunyi menyatakan …

A.  Seperempat panjang gelombang

B.  Setengah panjang gelombang

C.  Satu panjang gelombang

D.  Dua panjang gelombang

 

Pembahasan : 



Satu bagian rapatan = setengah gelombang

Satu bagian renggangan = setengah gelombang

 

Sehingga jika digabungkan = satu panjang gelombang.

 

Kunci : C

 

Soal : 135

Dalam suatu medium, suatu sumber bunyi dengan frekuensi 150 Hz dan cepat rambat 45 m/s akan menghasilkan gelombang dengan panjang gelombang …

A.  0,3 meter

B.  0,5 meter

C.  3,0 meter

D.  5,0 meter

 

Pembahasan :

 

Diketahui,

Frekuensi, f = 150 Hz

Cepat rambat, v = 45 m/s

 

Ditanya, panjang gelombang ?

 

Peny : 



Kunci : A

 

Soal : 136

Hasil bagi panjang gelombang bunyi dengan frekuensi 300 Hz terhadap panjang gelombang bunyi dengan frekuensi 600 Hz, dalam medium yang sama adalah ..

A.  0,5

B.  1,0

C.  2,0

D.  4,0

 

Pembahasan :

 

Dalam medium yang sama, berarti v1 = v2



Kunci : C


Soal : 137

Suatu sumber bunyi menghasilkan bunyi dengan frekuensi 800 Hz. Gelombang bunyi ini merambat dalam zat cair tertentu dengan panjang gelombang 155 cm. Cepat rambat bunyi dalam zat cair adalah … m/s.

A.  880

B.  1240

C.  1760

D.  2480

 

Pembahasan :

 

Dik :

Frekuensi, f = 800 Hz

Panjang gelombang, λ = 155 cm = 1,55 m

 

Dit : cepat rambat bunyi, v = … ?

 

Peny : 



Kunci : B

 

Soal : 138

Bunyi akan merambat paling cepat dalam medium …

A.  Vakum

B.  Udara

C.  Air

D.  Baja

 

Pembahasan :

 

Bunyi merambat memerlukan medium penghantar, urutan cepat rambat bunyi. Cepat rambat bunyi vpadat > vcair > vudara. Dalam soal baja merupakan zat padat. 


Kunci : D

Soal : 139
Cepat rambat bunyi di udara dipengaruhi oleh …
A.  Tekanan udara
B.  Volume udara
C.  Suhu udara
D.  Massa udara

Pembahasan :
 
Cepat rambat bunyi di udara dipengaruhi oleh suhu.
 
Vt = V0 + 0,6T
 
Keterangan :
Vt = cepat rambat bunyi setelah suhu berubah (m/s)  
V0 = cepat rambat bunyi sebelum suhu berubah (m/s)
0,6 = faktor pengali
T = suhu saat berubah (0C)
 
Kunci : C 

 



Pengikut