Sabtu, 27 April 2024

INTERFERENSI DAN DIFRAKSI CAHAYA 1

judul









Pilihan Berganda

 

Soal : 1
Suatu berkas cahaya monokromatis melalui celah sempit yang lebarnya 0,3 mm membentuk pola difraksi pada layar yang jaraknya 0,9 m dari celah tadi. Bila jarak antara garis gelap kedua terhadap pusat pola 3 mm, maka panjang gelombang cahaya adalah … x 10 – 7 meter.

A.   1,3                   D. 5,0

B.   2,2                   E. 10,6

C.   3,3

 

Soal : 2
Sebuah celah ganda disinari dengan cahaya yang panjang gelombangnya 600 nm. Jarak dua pita terang berdekatan yang diamati pada layar adalah 1,44 mm. Jika layar berjarak 1,2 m jauhnya dari celah ganda, maka jarak kedua celah sama dengan …

A.   2,5 mm             D. 0,05 mm

B.   0,5 mm             E. 0,025 mm

C.   0,25 mm

 

Soal : 3
Suatu berkas cahaya monokromatis setelah melalui sepasang celah sempit yang jaraknya 0,3 mm membentuk pola interferensi pada layar yang jaraknya 0,9 m dari celah. Bila jarak antara garis gelap kedua terhadap pusat pola 3 mm, maka panjang gelombang cahaya adalah … x 10 – 7 meter.

A.   1,3                   D. 6,7

B.   2,2                   E. 10,6

C.   3,3

 

Soal : 4
Dalam suatu percobaan untuk mengukur panjang gelombang cahaya yang digunakan, diperoleh bahwa jarak layar ke celah ganda adalah 180 cm dan jarak antara kedua celah 0,09 mm. Jika jarak antara 7 garis gelap adalah 7,2 cm maka frekuensi gelombang tersebut adalah … THz.

A.   500                  D. 200

B.   600                  E. 200√2

C.   250

 

Soal : 5
Untuk menentukan panjang gelombang sinar monokromatis digunakan percobaan Young yang data – datanya sebagai berikut : jarak antara kedua celah adalah 0,3 mm, jarak celah ke layar 50 cm, dan jarak antara garis gelap ke – 2 dengan garis gelap ke – 3 pada layar 1 mm. Maka panjang gelombang sinar monokromatis tersebut adalah ….

A.   2,16 nm            D. 0,65 nm

B.   1,56 nm            E. 600 nm

C.   1,3 nm

 

Soal : 6
Dalam percobaan celah ganda digunakan sinar monokromatis yang energi fotonnya E. Bila d, h, c, dan L berturut – turut adalah jarak celah, konstanta Planck, laju rambat cahaya dalam vakum, dan jarak celah dengan layar, maka jarak terdekat antara garis terang adalah ….
opsi


 

 





Soal : 7
Sebeerkas cahaya monokromatis dijatuhkan pada dua celah sempit vertikal berdekatan dengan jarak 0,01 mm. Pola interferensi yang terjadi ditangkap pada jarak 20 cm dari celah. Diketahui bahwa jarak antara garis gelap pertama di sebelah kiri ke garis gelap di sebelah kanan adalah 7,2 mm. Maka panjang gelombangnya adalah … nm.

A.   180           D. 720

B.   270           E. 1800

C.   360

 

Soal : 8
Sumber cahaya s1 dan s2 terpisah seperti pada diagram interferensi konstruktif di bawah ini.

8









Panjang gelombang cahaya yang berasal dari s1 dan s2 sama dengan … x 10 – 5 meter.

A.   2,33          D. 5,00

B.   2,50          E. 7,56

C.   4,66

 

Soal : 9
Dua sumber cahaya sefase dan terpisah sejauh d, masing – masing memancarkan gelombang dengan panjang gelombang λ seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

9











Manakah lintasan ΔL = L1 – L2 yang akan selalu menghasilkan interferensi destruktif di titik P ?

A.   ΔL = d. sin θ             D. ΔL = ½ λ

B.   ΔL = x/L1                              E.  ΔL = λ

C.   ΔL = (x.d)/L2

 

Soal : 10
Hasil percobaan Young dengan sinar monokromatis dilukiskan seperti pada gambar di bawah ini.

10











Garis terang pada P terjadi jika PM – PL sama dengan ….

A.   Setengah kali panjang gelombang (λ/2)

B.   Satu kali panjang gelombang (λ)

C.   Tiga per dua kali panjang gelombang (3λ/2)

D.  Dua kali panjang gelombang (2λ)

E.   Dua setengah kali panjang gelombang (5λ/2)

Kunci


 

 

 

 



Jumat, 26 April 2024

SERI 2 CAHAYA

Tahun Pelajaran     : 2023 / 2024
Semester              : II (Dua)
Kelas                    : VIII SMP
Hari / tanggal        :
Waktu                   : 
 
Pilihan Berganda

 

Soal : 1
Seberkas cahaya dari Bumi dipantulkan oleh suatu 
benda dalam ruang angkasa. Jika perjalanan pulang – 
pergi memerlukan waktu 4,0 sekon. Jika jarak benda 
dari Bumi.

a.   134 000 km                  c. 600.000 km

b.   300 000 km                  d. 1.200.000 km  

 

Pembahasan :


Jarak Bumi ke benda yang dimaksud :


Kunci : c

 

Soal : 2
Ketika suatu sinar cahaya pada permukaan cermin datar 
dengan sudut datang 450. Sudut antara sinar datang 
dan sinar pantul pada peristiwa tersebut adalah ….
a.   450                   c. 900.

b.   550                   d. 1350.

 

Pembahasan :


Sesuai hukum pemantulan pada cermin datar,





Maka sudut antara sinar datang dengan sinar pantulnya:








Kunci : C

 


Soal : 3
Ketika suatu sinar cahaya menumbuk sebuah cermin 
dengan arah tegak lurus terhadap permukaan cermin, 
maka sudut pantulnya.

a.  Nol           

b.  enam puluh derajat

c.   empat puluh lima derajat

d.  sembilan puluh derajat

 

Pembahasan : -

 

Kunci : A

 

Soal : 4

Sifat bayangan pada cermin datar

a. nyata, terbalik, dan sama besar
b. maya, terbalik, dan diperbesar
c. nyata, tegak, dan sama besar
d. maya, tegak, dan sama besar
 
Kunci : d


Soal : 5
Seberkas sinar dipantulkan oleh dua buah cermin datar. 
Sinar mula – mula menuju ke cermin X dengan sudut 
datang seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.


Maka sudut pantul oleh cermin Y.

a. 40 derajat 

b. 50 derajat 

c. 60 derajat 

d. 80 derajat 

 

Pembahasan :



Maka sudut pantul oleh cermin x,
x = 300
 
Dan sudut y,

900 = x + y
y = 900 – 300
y = 600

 

Sudut antara sinar datang pada cermin Y dengan cermin 
datar y adalah z, maka besar sudut z :

 

ó 1800 = y + 800 + z

ó 1800 = 600 + 800 + z

ó      z = 400

 
Maka sudut datang pada cermin datar y1
:

 

ó 900 = y1 + z

ó 900 = y1 + 400

ó   y1 = 900 – 400

ó   y1 = 500

 

Maka sudut pantul oleh cermin datar y :
∠yr = ∠yi = 500

 

Kunci : b 

 

Soal : 6
Paku diletakkan tegak lurus pada sumbu utama cermin 
cekung yang berjarak fokusnya 2 cm. Jika jarak paku 
terhadap cermin 3 cm, maka jarak bayangannya …

a. 1,2 cm di depan cermin

b. 1,2 cm di belakang cermin

c. 6,0 cm di depan cermin

d. 6,0 cm di belakang cermin

 

Pembahasan :


Maka jarak bayangan dapat kita hitung,






Jarak bayangan s’ = + 6 cm, berarti 6 cm di depan 
cermin cekung.

 

Kunci : c

 

Soal : 7
Suatu benda diletakkan pada jarak 100 cm di depan 
cermin cekung. Jika jarak fokus 25 cm, bayangan yang 
terbentuk adalah …

a. 25,5 cm

b. 30,0 cm

c. 33,3 cm

d. 50,0 cm

 

Pembahasan :

 
Diketahui,
Jenis cerminnya adalah cekung
Jarak fokus, f = + 25 cm
Jarak benda, s = 100 cm

 

Ditanya,
Jarak bayangan, s’ = …

 

Peny:



 







Kunci : c

 

Soal : 8
Bayangan benda terletak 24 cm di depan cermin cekung 
yang memiliki jarak fokus 6 cm. Maka jarak benda adalah …
a. 8 cm
b. 12 cm
c. 24 cm
d. 48 cm

 

Pembahasan :


Diketahui,
Jenis cermin = cekung
Fokus cermin, f = + 6 cm
Bayangan benda, s’ = + 24 cm

 

Ditanya,
Jarak benda terhadap cermin, s = … ?
 
Peny :

















Kunci : a

 

Soal : 9
Suatu benda berada 0,24 m di depan cermin cekung 
dengan jari – jari 0,32 m. Maka jarak antara bayangan 
dan benda sama dengan …
a. 0,24 meter

b. 0,40 meter

c. 0,48 meter

d. 0,96 meter

 

Pembahasan :

 

Diketahui,
Jenis cermin = cekung
Jarak benda, s = 0,24 meter
Jari – jari cermin, R = + 0,32 m (f = + 0,16 m)

 

Ditanya,

Jarak antara benda dengan bayangannya, ss’ = …?

 

Peny :








Maka jarak antara s dengan s’ dapat kita tentukan.





Kunci : b
 
Soal : 10
Benda berjarak 8 cm di depan cermin cekung yang 
memiliki fokus 12 cm. Maka perbesaran bayangan yang 
dihasilkan adalah …
a. 3 kali

b. 1,5 kali

c. 0,6 kali

d. 0,5 kali

 

Pembahasan :

 

Diketahui,
Jenis cermin = cekung
Jarak benda, s = 8 cm
Fokus cermin, f = + 12 cm

 

Ditanya,

Perbesaran bayangan, M = … ?

 

Peny :

 

Jarak bayangan benda, s’.







Perbesaran bayangan, M.
 






Kunci : a

 

 

Kamis, 25 April 2024

WARNA BELAJAR DI TEMPAT YANG BERBEDA

Gambar 1
Suasana Belajar di Bimbel
WR Supratman 2 Medan. 
Serius namun santai. 


Gambar 2.
Suasan Belajar Private 
di Jalan Jafaris Medan.
Grace M (kelas X SMA Global)
Ryan (kelas XII MIA Methodist 2 Medan)
Belajar mandiri dan mengajarkan mereka belajar berusaha terlebih dahulu. 
Gambar 3.
Papan tulis yang penuh catatan pembahasan soal - soal Fisika yang dikutip dari buku Mandiri Fisika untuk kelas IX SMP/Mts.

Gambar 4. 
Membahas soal langsung dari buku pegangan siswa dari sekolah mereka masing - masing. Bukunya beragam dan pembahasannya harus lebih cepat dan tepat. 

Gambar 5
Papan tulis yang penuh dengan penjelasan teori disertai beberapa contoh soal yang dibahas bersama di kelas VII - B SMP WR Supratman 2 Medan. 











 

Pengikut