CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN TEGANGAN JEPIT Vj,

Selamat datang di blog saya, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman mengajar tentang Tegangan Jepit (Vj). Dimana sumber tegangan (Baterai) disusun seri atau paralel. Untuk itu saya coba membatasi contoh pada pertemua ini sesuai dengan daftar isi yang sebanyak 3 contoh soal disertai penyelesaiannya. 

Daftar Isi : 
1. Contoh soal : 01 (Baterai disusun seri)
2. Contoh soal : 02 (Resistor disusun paralel dengan satu baterai)
3. Contoh soal : 03 (Baterai disusun seri untuk kedua kali) 


Contoh : 01 ( 3 Baterai disusun seri) 

Perhatikan gambar di bawah ini !

 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN TEGANGAN JEPIT Vj,

Tentukan :
 
Pembahasan :

a)     Kuat arus melalui rangkaian
 
b) Tegangan jepit pada baterai Tiga buah resistor masing – masing
    2Ω, 3Ω, dan 6Ω 
a) Menggunakan gaya gerak listrik
b) Menggunakan hukum ohm
 
Pembahasan :
 

Menggunakan ggl :

    a)     Kuat arus melalui rangkaian
        b)     Tegangan jepit pada baterai
 


Contoh 02 (3 Baterai disusun paralel) 
Perhatikan gambar di bawah ini, tiga buah resistor masing - masing 6Ω, 3Ω, dan 2 disusun paralel. Lalu dihubungkan dengan sumber tegangan 3,0 volt ; 0,5Ω. Hitunglah kuat arus yang mengalir pada rangkaian …



Menggunakan hukum Ohm : 



Catatan : 
Pada pembahasan contoh soal nomor 2, saya dengan sengaja membandingkan penghitungan kuat arus pada rangkaian. Dengan menggunakan Tengangan jepit dan hukum ohm. Pada penyelesaiannya, ketepatan benar dalam arti hasil yang diperoleh sama.  Namun untuk kasus berbeda, belum tentu hasilnya sama. Jadi saya berharap ada kreativitas yang akan saya bagikan pada sesi berikutnya. 

Contoh 03 :( 2 Baterai disusun seri) 

Perhatikan gambar rangkaian di bawah ini!

 

    a) Kuat arus yang mengalir pada rangkaian 
    b) Berapa tegangan jepit baterai 
    c) Berapa tegangan antara ujung – ujung resistor 3Ω

 

Pembahasan :

Kuat arus melalui rangkaian :


Tegangan antara ujung – ujung resistor :


Tegangan jepit baterai, VJ  :



Catatan : 
Pembahasan contoh soal : 3, saya hanya menitik beratkan pembahasan soal dengan menggunakan konsep tegangan jepit. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUNAS 6

TUNAS 3

Ukuran Pemusatan dan Peyebaran Data Berkelompok