Senin, 14 September 2020

SOAL DAN PEMBAHASAN BILANGAN (BAGIAN 2)

 
















































SOAL DAN PEMBAHASAN BILANGAN (BAGIAN 1)

 

MATA PELAJARAN: MATEMATIKA
KELAS : VII - B SMP                       
MATERI : Bilangan                    
SUB MATERI : SOAL DAN PENYELESAIAN (1)           

         Pilihan Berganda : 











Penulis : Parulian Simorangkir 
Guru    : Matematika SMP / SMA

































































































Sabtu, 12 September 2020

SERI 1 SOAL INDUKSI MAGNETIK

Pilihan Berganda :

Soal : 1

Sebuah magnet batang berada dalam sebuah solenoida. 

Jika magnet batang tersebut kita keluarkan dari sebuah solenoida, 

maka garis – garis gaya dalam solenoida akan ...

a. Nol                 c. berkurang

b. Tetap             d.lebih banyak

 


Soal : 2

Perhatikan gambar berikut ini!

SERI 1 SOAL INDUKSI MAGNETIK

Jika sebatang magnet digerakkan dari P – Q – R, maka peristiwa 
yang akan terjadi ...
a. Besar ggl induksi tetap
b. Besar ggl induksi menurun
c. Besar ggl induksi membesar lalu mengecil
d. Besar ggl induksi berubah dari kecil ke besar


Soal : 3
Perhatikan gambar berikut!

       

     


Jika magnet digerakkan masuk ke dalam solenoida, 
maka jarum galvanometer akan ....
a. Bergerak ke kiri
b. Bergerak ke kanan
c. Diam tidak bergerak
d. Bergerak ke kanan – kiri

Soal : 4
Aldi sedang melakukan percobaan mengenai ggl induksi. 
Agar nilai ggl induksi yang dihasilkan oleh Aldi dalam percobaan 
bernilai maksimal, langkah yang tepat untuk dilakukan adalah ...
a. Mengatur perubahan garis gaya dalam kumparan agar terjadi secara cepat
b. Memutar magnet dalam kumparan dengan kecepatan konstan
c. Memutar kumparan yang didalamnya terdapat magnet
d. Menggerakkan magnet maju – mundur dalam kumparan

Soal : 5
Garis gaya magnet sebuah solenoid sebesar 2.500 weber. 
Garis gaya magnet tersebut berubah menjadi 4.000 weber dalam waktu 4 detik. GGL induksi yang dihasilkan sebesar 12.000 volt. Maka jumlah lilitan pada solenoid adalah ...
a. 30 lilitan         c. 46 lilitan
b. 32 lilitan         d. 48 lilitan

Soal : 6
Sebuah kumparan akan menghasilkan arus induksi jika pada kumparan tersebut...
a. Diberi magnet yang kuat
b. Terdapat magnet yang lemah
c. Terjadi perubahan jumlah garis gaya magnet
d. Memiliki garis gaya magnet dalam jumlah yang banyak

Soal : 7
Ada dua buah magnet X dan Y. Nilai kuat medan magnet Y lebih besar dibandingkan dengan nilai kuat magnet X. Di dekat kedua magnet ada kumparan dengan jumlah lilitan Z. 
Pernyataan berikut yang tepat berkaitan dengan nilai ggl induksi adalah :
a. Jika magnet X digerakkan di dalam kumparan dengan kecepatan P, 
    diperoleh nilai ggl maksimum
b. Jika magnet Y digerakkan di dalam kumparan dengan kecepatan P, diperoleh          nilai ggl maksimum
c. Jika magnet X diletakkan di dekat kumparan, diperoleh ggl maksimum
d. Jika magnet Y diletakkan di dekat kumparan, diperoleh nilai ggl maksimum 

Soal : 8
Kumparan memiliki lilitan sebanyak 100 berada dalam garis gaya magnet yang berubah dari 100 weber menjadi 500 weber dalam waktu 10 s. GGL induksi yang dihasilkan generator sederhana ini adalah ... volt.
a. 1.000              c. 3.000
b. 2.000              d. 4.000

Soal : 9
Perhatikan faktor – faktor berikut ini!
1) Jumlah lilitan
2) Kuat medan magnet
3) Massa jenis kawat penghantar
4) Kecepatan gerak mendekat dan menjauhnya magnet

Faktor yang mempengaruhi nilai arus induksi ditunjukkan oleh nomor ...
a. 1), 2), 3), dan 4)         c.   3) dan 4)
b. 1), 2), dan 4)              d.   4) saja

Soal : 10
Sebuah kumparan sepanjang 10 cm berada dalam magnet homogen 100T. 
Jika gerak kumparan di dalam magnet sebesar 10 m/s, maka ggl induksi yang dihasilkan sebesar ... volt.
a. 100                 c.   300
b. 200                 d.   400


Soal : 11
Perhatikan gambar berikut!


SERI 1 SOAL INDUKSI MAGNETIK

Berdasarkan gambar tersebut, nilai medan magnet yang dihasilkan oleh magnet sebesar ...
a. 15 T                c.   30T
b. 24 T                d.   40 T

Soal : 12
Medan magnet pada generator dc dihasilkan pada bagian ...
a. Stator
b. Rotor
c. Komutator
d. Sikat karbon

Soal : 13
Sebuah dinamo terhubung dengan lampu sepeda. Agar nyala lampu menjadi lebih terang, kegiatan yang dilakukan adalah ...
a.   Mengayuh sepeda lebih cepat
b.   Menghilangkan kumparan pada dinamo sepeda
c.   Mengganti inti besi pada dinamo sepeda dengan kaca
d.   Mengganti magnet pada dinamo sepeda dengan magnet yang lebih kecil 
      dan bersifat sementara

Soal : 14
Pada dinamo sepeda, bagian yang berperan sebagai rotor adalah ...
a. Kumparan      
b. Magnet silinder
c. Badan dinamo
d.Terminal keluaran tegangan

Soal : 15
Salah satu ciri trafo step – up adalah ...
a. Memiliki jumlah lilitan yang bebas
b. Memiliki lilitan primer lebih sedikit dari pada lilitan sekunder
c. Memiliki lilitan primer yang sama dengan lilitan sekunder
d. Memiliki lilitan primer yang lebih banyak dari pada lilitan sekunder

 


GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLB) DAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB)

 








Contoh 02 :

Pada suatu saat kereta Eksekutif dan kereta Ekonomi melaju searah pada suatu rel yang sama. 
Tetapi kereta Ekonomi berada 400 meter di depan kereta Eksekutif. Kelajuan kereta Ekonomi 
45 km/jam dan kepala stasiun memerintahkan masinis kereta Eksekutif untuk menyusul 
kereta Ekonomi paling cepat di C. Berapakah kelajuan yang harus diijinkan 
kepada masinis Eksekutif. 















Penulis : Parulian Simorangkir
Guru Fisika di SMA WR Supratman 2 Medan 


































PERBEDAAN KECEPATAN DENGAN KELAJUAN

  

Ilustrasi 01:

Jika anda berada di dalam mobil yang sedang melaju di jalan raya, anda melihat spidometer mobil anda. Angka yang ditunjukkan jarum misalkan 120 km/h, itu artinya kelajuan mobil yang sedang anda tumpangi. Sedangkan orang lain di luar mobil anda, melihat mobil anda berjalan ke suatu arah. Maka orang tersebut melihat mobil anda bergerak dengan kecepatan 120 km/h.

 Kelajuan adalah besaran yang tidak bergantung pada arah, sehingga kelajuan termasuk besaran skalar. Sementara Kecepatan merupakan besaran yang bergantung kepada arah, sehingga termasuk besaran vektor.

 Ilustrasi 02:

Jika seorang anak ingin meningkatkan kebugaran fisiknya, ia melakukan lari mengelilingi lapangan dengan ukuran 100 meter x 200 meter. Dalam latihan tersebut diperoleh, si anak mampu mengelilinggi lapagan tersebut sebanyak 10,5 keliling lapangan. Dan waktu yang dibutuhkan 30 menit.

 Jika kita ingin menghitung kecepatan rata – rata dan kelajuan rata – ratanya si anak.

 Langkah 1

Silahkan gambarkan terlebih dahulu sketsa lapangan dilengkapi dengan ukuran serta arah putaran si anak berlari.

Langkah 2

Tentukan keliling lapangan menggunakan rumus keliling empat persegi 



Langkah 3
Tentukan posisi si anak pada pencapaian 10,5 keliling lapangan 


Langkah 4

Tentukan posisi terakhir si anak berhenti berlari, berdasarkan perhitungan di atas. 
Si anak berhenti tepat berhenti di sudut C. 


Berdasarkan sketsa gambar, dengan pencapaian latihan kebugaran tersebut, maka dapat ditentukan besaran kecapatan rata – rata dan kelajuan rata – rata si anak.


Langkah 5
Menghitung kecepatan dan kelajuan rata – rata

Kelajuan rata – rata : 


Kecepatan rata – rata : 
































Pengikut