Jumat, 24 Juni 2022

NICHOLAS SIDIK SANG PEMUNCAK OSN SMP 2021

Selamat datang di blog berbagi saya ini, 
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman mengajar sang juara OSN 2021. 

Nicholas sidik, siswa SMP Methodist - 2 Medan berhasil menjadi pemuncak lomba sains IPA se-Indonesia pada tahun pembelajaran 2020 / 2021. Bisa dicapai karena pengalaman belajar dan berlatih yang tidak kenal lelah. Selama dua tahun lebih berlatih menjawab soal dan belajar, tanpa sedikit pun kendur. 

Bermula dari pertemanan saya dengan Bapaknya ( Nicholas - red ), di sekolah SMP Bodhicitta Medan Jl. Selam No. 39 - 41 Medan. Sejak tahun 2007, kami berdua dipilih dan ditetapkan oleh Bapak kepala sekolah SMP Bodhicitta Medan, Pak Alfian Salim. 
Sebagai pembina siswa untuk dipersiapkan dalam berbagai event lomba sains - IPA. 

Orang tua laki - laki Nicholas Sidik, Pak Siwan, merupakan guru Biologi di SMP Methodist - 2 Medan. Jadi sesungguhnya Nicholas adalah anak seorang guru. Saya dengan pak Siwan datang dari sekolah induk yang berbeda dan dipertemukan di SMP Bodhicitta Medan. 

Selama kami berdua menjadi pembina dan sekaligus merangkap sebagai pelatih. Dimasa keemasan itu, kami berhasil melahirkan dua siswa Bodhicitta yang mumpuni, yakni Jose dan Elis yang. Dimasa inilah sekolah SMP Bodhicitta, mampu tampil memukau. Bahkan Jose berhasil melaju hingga tingkat Nasional, meski harus pulang setelah hanya berhasil finish di rangking 41 dari seluruh peserta se - Indonesia. 

Belajar dari kekurangan kami dan evaluasi sistem pembinaan serta pelatihan yang kami lakukan. Kami mencoba bangkit dan mencari bibit - bibit muda pengganti Jose dan Elis Yang. Tetapi langkah kami harus terhenti, dikarenakan sistem dan jam pembelajaran di SMP Bodhicitta. Awalnya SMP Bodhicitta Medan masuk sore, berubah menjadi masuk pagi. Akhirnya kami berdua kembali ke sekolah induk masing - masing, saya kembali ke WR Supratman 2 Medan dan pak Siwan kembali ke SMP Methodist - 2 Medan. 

Sekembalinya kami ke sekolah induk masing - masing, kami pun berpisah selama lebih kurang satu tahun secara tim. Kami membina siswa di sekolah kami masing - masing, prestasi kami gagal. Saya kekurangan tandem guru Biologi yang mempuni dan pak Siwan kekurangan tandem guru Fisika yang mumpuni. 

Barang kali jodoh dan maut serta rezeki sudah ada yang mengatur, saya meyakini kalimat tersebut. Pak Siwan mengusulkan anak sulungnya, yakni Nicholas Sidik untuk kami latih bersama. 

Bagi saya, usulan Pak Siwan tersebut sangat menyesakkan dada saya. Alasannya pak Siwan bersedia membayar jasa saya. Pada hal saya berteman dengan bapaknya, butuh atau tidak. Dua kata inilah yang menyesakkan saya, pasti anda sudah dapat menebak seperti apa dilema yang saya hadapi. Akan tetapi kuatnya keinginan pak Siwan untuk mempertaruhkan masa depan anak - anaknya. 

Akhirnya, kami berdua memulai melatih Nicholas dengan intens tanpa kendor sedikit pun. Selama fase pelatihan, tingkat ketertarikan Nicholas luar biasa tinggi. perhitungan saya, pelatihan baru seumur jagung. Tetapi sejak Nicholas Sidik belajar dan berlatih, Nicholas sudah berhasil  merajai lomba - lomba sains yang diadakan di Medan. 

Berikut sekelumit foto yang menampilkan Nicholas sebagai penguasa lomba sains yang diadakan di Medan oleh sejumlah panitia. 






untuk koleksi foto, lengkapnya anda dapat mengunjungi 
Facebook : Tiger King Forest 
Instagram : Tiger King Forest











SERI PEMBAHASAN DINAMIKA 3

Soal

Perhatikan gambar di bawah ini, benda bermassa 5,0 kg ditarik dengan sebuah gaya F = 10 N dengan membantuk sudut 600 terhadap arah horizontal.


Jika benda ditarik di atas lantai mendatar yang licin, maka percepatan gerak benda adalah … m.s – 2 .

A.  1,0

B.  2,0

C.  3,0

D.  4,0

E.  5,0

 

Pembahasan : 


Perhatikan, benda berada pada bidang datar licin, maka gaya gesek lantai dengan bidang alas benda sama dengan nol. Dan benda berpindah pada bidang horizontal. 



Maka percepatan benda, a : 



Kunci : A



SERI PEMBAHASAN DINAMIKA 2

Soal :
Benda A bermassa 4,0 kg berada pada lantai licin mula – mula diam. Dan dihubungkan dengan benda B yang bermassa 6,0 kg menggunakan seutas tali. Melalui sebuah katrol licin dan tergantung, seperti gambar di bawah ini. 


Hitunglah :

a)   Percepatan kedua benda

b)   Tegangan tali

 

Pembahasan :

 

Sebelum kita membahas soal di atas, silahkan anda perhatikan terlebih dahulu gambar soalnya. Jika anda sudah benar memperhatikan gambar soal, pastinya ada akan menyimpulkan kedua benda berada dalam satu sistem. Dan percepatan gravitasi bumi tidak disebutkan, maka kita dapat menggunakan g = 10 m.s – 2 .

 

Bagian a)

 

Tinjau benda B terlebih dahulu, 





Kemudian kita tinjau benda A, 




Di sini terlihat ada gaya gesek fg , namun oleh karena di dalam soal disebutkan licin. Maka nilai gaya gesek sama dengan nol. 

T = 4.a…(2)

Selanjutnya kita subsitusikan persamaan (2) ke persamaan (1). 


Bagian b)
Untuk menghitung nilai tegangan tali yang menghubungkan kedua benda A dan benda B. Silahkan subsitusikan nilai percepatan ke salah satu persamaan di atas. 





Kamis, 23 Juni 2022

SERI PENYELESAIAN TRIGONOMETRI 31

 Soal

Buktikan :


Sebelum kita membahas penyelesaiannya, saya mau menjelaskan terlebih dahulu. Jika hasilnya ada yang tidak terbukti, bukan berarti soal itu salah atau pun cara penyelesaiannya yang tidak tepat. Tetapi yang perlu kita siakpi adalah soal tersebut berguna untuk membangun logika berfikir kita. Bukan berarti juga saya mencari pembenaran sendiri, jika ada yang kurang pas, dan ingin memberikan saran terhadap pembahasan soal yang saya lakukan. Silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar, terima kasih.

 

Pembahasan

 
Bagian a)


Kita bahas bagian kanan saja, 


Bagian b) 



Tidak terbukti

 
Demikianlah pembahasan ini, semoga bermanfaat buat kita semua.
 
Terima kasih 


Rabu, 22 Juni 2022

SERI PEMBAHASAN DINAMIKA 1

Soal
Perhatikan gambar di bawah ini, sebuah katrol licin digantungi beban dengan kondisi mula – mula kedua benda diam dengan m1 = 4 kg dan m2 = 6 kg. Jika percepatan gravitasi bumi, g = 10 m.s – 2 .



Hitunglah :

(a) Percepatan gerak benda pertama dan kedua

(b) Tegangan tali

(c) Jarak yang ditempuh benda pertama dan kedua setelah 2 detik

 
Pembahasan :
 
Kedua benda m1 dan m2 dihubungkan menggunakan tali yang sama, berarti kedua beban memiliki sistem yang sama. Dengan massa m2 > m1 , maka sistem bergerak ke arah m2.

Bagian a)
 
Tinjau benda m2




Tinjau benda m1




Lalu kita subsitusikan persamaan (1) dengan persamaan (2). Jika anda ingin menggunakan eliminasi, silahkan. Yang pasti hasilnya tetap sama. 


Bagian b)
Untuk menentukan nilai tegangan tali T, kita dapat mensubsitusikan nilai a ke salah satu persamaan di atas. Di sini saya memilih sembarang saja, saya memilih persamaan (2) saja. 


Bagian c)
Ketinggian benda m1 dengan m2 setelah t = 2 detik


Untuk penurunan benda m2



Untuk kenaikan benda m1





Maka jarak kedua benda ∆h



Selasa, 21 Juni 2022

SERI PEMBAHASAN DINAMIKA 11

Soal

Tiga buah benda dihubungkan dengan tali dan katrol, seperti pada gambar di bawah ini. Massa benda m1= 1 kg, m2 = 2 kg, dan m3 = 3 kg.



Tentukan nilai percepatan masing – masing benda.

 

Pembahasan :

Sebelum memulai pembahasan, perlu diperhatikan beberapa hal :

1.   Tidak ada penyebutan data soal tentang inersia katrol

2.   Massa katrol dan massa tali

3.   Penyelesaiannya dapat kita lakukan secara dinamika saja

 

Pertama,

Tinjau benda yang ketiga, m3



Kedua,

Tinjau benda, m1



Untuk benda m1 dan m2 gaya gesek dengan bidang tidak disebutkan sehingga gaya gesek kita abaikan saja ( fg = 0 ). 



Ketiga,

Tinjau benda, m3


Keempat,

Tinjau hubungan nilai percepatan ketiga benda

 


Untuk mendapatkan nilai percepatan masing – masing benda, kita tinggal mensubsitusikan nilai persamaan T ke persamaan (1), (2), dan (3)

 

Untuk benda m1

Untuk benda m2



Untuk benda m3




Demikian pembahasan kita kali ini, sampai bertemu di pembahasan berikutnya ya, terima kasih 

 

Sabtu, 18 Juni 2022

SERI - 6 UAS SMA

Soal : 6
Dua gaya masing – masing 10 N bekerja pada suatu benda. Sudut diantara kedua gaya itu adalah 120o. Besar resultannya adalah …
A.     10 N                D.   20 N
B.     14 N                E.   25 N
C.     17 N                
 
Pembahasan :





Kunci : A 




Pengikut