Senin, 12 Februari 2024

SERI 2 : PERSAMAAN KUADRAT

Matematika
Tahun pelajaran     : 2023 / 2024
Semester              : II(Dua)
Kelas                    : X SMA
Kurikulum             : Merdeka
Materi Ajar            : Persamaan Kuadrat 2
Hari / tanggal        :

 

Menyatakan Fungsi Kuadrat ax2 + bx + c = 0 

dalam bentuk p(x + h)2 + k. 

Persamaan Kuadrat PK dengan bentuk 

f(x) = ax2 + bx + c = 0 dapat dirubah 
menjadi bentuk lain f(x) = p(x + h)2 + k.

 

Contoh : 1

Nyatakan persamaan y = x2 + 10x  
dalam bentuk p(x + h)2 + k, kemudian tentukan :

a)  Koordinat titik balik

b) Persamaan sumbu simetris

c)  Nilai minimum atau maksimumnya

 

Pembahasan

 

=> x2 + 10x  = …

=>                = x2 + 10x + ( ½ . 10)2 – ( ½ . 10)2

=>                = x2 + 10x + (5)2 – (5)2

=>                = x2 + 10x + 25 – 25

=>                = (x2 + 10x + 25) – 25

=>                = (x + 5)2 – 25

 

Bagian a)

Sumbu simetris, xP :

 

                   XP = - (b/2a)
                   XP = - (10/2(1))
                   XP = - 5

 

Nilai minimum/maksimum, yP :

 

                   YP = - D/4a
                   Yp = - ( (b2 – 4ac)/4a)
                   Yp = - ( (102 – 4.1.0)/4.1)
                   Yp = - 25

 

Maka koordinatnya ( - 5, - 25 )

Bagian b)

Persamaan sumbu simetris,
 xp = – 5
 x + 5 = 0

 

Bagian c)
Nilai minimum/maksimum, yP = – 25

Contoh : 2

Fungsi f(x) = (2x + p)2 + q mempunyai 
titik balik minimum (– 1, 3). Nilai p + q 
adalah …

A.  1

B.  2

C.  4

D. 5

E.  6

 

Pembahasan

 

 f(x) = (2x + p)2 + q

 f(x) = 4x2 + 4px + p2 + q

 

Tinjau sumbu simetris, xp :

 

Menyatakan Fungsi Kuadrat ax2 + bx + c = 0 dalam bentuk p(x + h)2 + k.1








Tinjau nilai minimum/maximum, yp :

 

Menyatakan Fungsi Kuadrat ax2 + bx + c = 0 dalam bentuk p(x + h)2 + k.2













 

Maka nilai p + q :

= p + q

= 2 + 3

= 5

 

Kunci : D

 

 

Contoh : 3

Nyatakan persamaan di bawah ini dalam 
bentuk y =p(x + h)2 + k.

a)  6x2 + 24x

b) x2 + 6x + 2

 

pembahasan :

 

bagian a)

 6x2 + 24x

 6(x2 + 4x)

 6[x2 + 4x + ( ½ . 4)2 – ( ½ . 4)2]

 6[x2 + 4x + 4 – 4]

 6[(x2 + 4x + 4) – 4]

 6[(x + 2)2 – 4]

 6(x + 2)2 – 24

 

Maka persamaannya, y = 6(x + 2)2 – 24 

atau y + 24 = 6(x + 2)2.

 

Bagian b)

= x2 + 6x + 2

= x2 + 6x + 2 + ( ½ . 6)2 – ( ½ . 6)2.

= x2 + 6x + 2 + 9 – 9

= (x2 + 6x + 9) + 2 – 9

= (x2 + 6x + 9) – 7

= (x + 3)2 – 7 

 

Maka persamaan kuadratnya, y = (x + 3)2 – 7  

atau y + 7 = (x + 3)2.

 

Latihan

Nyatakan tiap fungsi kuadrat di bawah ini dalam 
bentuk y = p(x + h)2 + k. Kemudian tentukan :

1       y = x2  + 8x

2       y = x2 – 6x

3       y = x2 – 5x

4       y = 2x2 + 10x

5       y = 5x2 – 20x

6       y = 4x2 – 12x

7       y = – x2 + 4x 

8       y = – 2x2 + 6x

9       y = – 5x2 – 15x

10   y = x2 + 10x + 2

11   y = 2x2 – 10x + 24

12   y = 3x2 + 6x + 24

13   y = – x2 + 14x – 6

14   y = – x2 + 2x + 10

15   y = – 2x2 + 8x – 12

 

 

 

 

 

Sabtu, 10 Februari 2024

SERI 7 : GELOMBANG

 
Tahun Pembelajaran : 2023 / 2024
Semester                 : II(Dua)
Kelas                       : VIII SMP
Pokok Bahasan         : SERI Gelombang

 

Soal : 1

Seorang anak melihat petir dan setelah dua detik anak tersebut mendengar bunyi petir tersebut. Cepat rambat bunyi pada saat itu adalah 300 m/s, jarak sumber petir dengan anak tersebut adalah ...... m

a. 100    
b. 200    
c. 300                         
d. 600

 

Pembahasan

 

Dik :

Waktu, t = 2 det

Cepat rambat bunyi, v = 300 m/s

 

Dit :

Jarak sumber bunyi terhadap si anak, d = … ?

 

Peny  

 

ó d = v x t

ó d = 300 m/s x 2 sekon

ó d = 600 m

 

Kunci : d

 

Soal : 2

Suatu sumber bunyi menghasilkan bunyi rambatan di udara dengan panjang gelombang 2 meter. Jika cepat rambat bunyi di udara adalah 340 m/s, maka frekwensinya adalah ..... Hz

a. 680    
b. 170    
c. 1020                       
d. 340

 

Pembahasan

 

Dik :

Panjang gelombang, λ = 2 m

cepat rambat bunyi, v = 340 m/s

 

 

dit :

frekuensi gelombang bunyi, f = … ?

peny

 

ó v = f.λ

ó 340 m/s = f. 2 m

ó f = 170 Hz

 

Kunci : b

 

Soal : 3

Sebuah sumber bunyi menghasilkan bunyi getar 1200 kali tiap menit. Jika panjang gelombang bunyi yang dihasilkan 5 m, cepat rambat bunyi tersebut adalah ....... m/s.

a. 6000  

b. 240    

c. 100                         

d. 480

 

Pembahasan

 

Dik :

Frekuensi, f = 1200 kali tiap menit = 20 Hz

Panjang gelombang, λ = 5 m

 

Dit :

Cepat rambat bunyi, v = … ?

 

Peny

 

ó v = f.λ

ó v = 20 Hz x 5 m

ó v = 100 m/s

 

Kunci : c

 

 

Soal : 4

Gelombang ultrasonik dipancarkan dari atas permukaan laut. Kecepatan gelombang ultrasonik di dalam air laut adalah 800 m/s. Jika 1,6 sekon setelah gelombang asli dipancarkan terdeteksi pantulan gelombang ultrasonik tersebut, dapat diperkirakan kedalaman laut tersebut adalah ..... m.

a. 340    

b. 640    

c. 800                         

d. 1280

 

pembahasan

 

dik :

cepat rambat bunyi di dalam air laut, va = 800 m/s

waktu gelombang, t = 1,6 detik

 

dit :

kedalam laut, d = … ?

 

peny












Kunci : b

 

soal : 5

Bunyi gema terdengar 1 sekon setelah bunyi asli diucapkan. Jika cepat rambat bunyi di udara 300 m/s, jarak antara sumber bunyi dan bidang pemantul bunyi adalah ...... m.

a. 150    

b. 300    

c. 600                         

d. 900

 

pembahasan

 

dik :

waktu bunyi, t = 1 sekon

cepat rambat bunyi di udara, v = 300 m/s

 

dit : jarak pantul bunyi, d = … ?

 

peny







Kunci : a

Pengikut