SERI 2 : PERSAMAAN KUADRAT

Matematika
Tahun pelajaran     : 2023 / 2024
Semester              : II(Dua)
Kelas                    : X SMA
Kurikulum             : Merdeka
Materi Ajar            : Persamaan Kuadrat 2
Hari / tanggal        :

 

Menyatakan Fungsi Kuadrat ax2 + bx + c = 0 

dalam bentuk p(x + h)2 + k. 

Persamaan Kuadrat PK dengan bentuk 

f(x) = ax2 + bx + c = 0 dapat dirubah 
menjadi bentuk lain f(x) = p(x + h)2 + k.

 

Contoh : 1

Nyatakan persamaan y = x2 + 10x  
dalam bentuk p(x + h)2 + k, kemudian tentukan :

a)  Koordinat titik balik

b) Persamaan sumbu simetris

c)  Nilai minimum atau maksimumnya

 

Pembahasan

 

=> x2 + 10x  = …

=>                = x2 + 10x + ( ½ . 10)2 – ( ½ . 10)2

=>                = x2 + 10x + (5)2 – (5)2

=>                = x2 + 10x + 25 – 25

=>                = (x2 + 10x + 25) – 25

=>                = (x + 5)2 – 25

 

Bagian a)

Sumbu simetris, xP :

 

                   XP = - (b/2a)
                   XP = - (10/2(1))
                   XP = - 5

 

Nilai minimum/maksimum, yP :

 

                   YP = - D/4a
                   Yp = - ( (b2 – 4ac)/4a)
                   Yp = - ( (102 – 4.1.0)/4.1)
                   Yp = - 25

 

Maka koordinatnya ( - 5, - 25 )

Bagian b)

Persamaan sumbu simetris,
 xp = – 5
 x + 5 = 0

 

Bagian c)
Nilai minimum/maksimum, yP = – 25

Contoh : 2

Fungsi f(x) = (2x + p)2 + q mempunyai 
titik balik minimum (– 1, 3). Nilai p + q 
adalah …

A.  1

B.  2

C.  4

D. 5

E.  6

 

Pembahasan

 

 f(x) = (2x + p)2 + q

 f(x) = 4x2 + 4px + p2 + q

 

Tinjau sumbu simetris, xp :

 

Menyatakan Fungsi Kuadrat ax2 + bx + c = 0 dalam bentuk p(x + h)2 + k.1








Tinjau nilai minimum/maximum, yp :

 

Menyatakan Fungsi Kuadrat ax2 + bx + c = 0 dalam bentuk p(x + h)2 + k.2













 

Maka nilai p + q :

= p + q

= 2 + 3

= 5

 

Kunci : D

 

 

Contoh : 3

Nyatakan persamaan di bawah ini dalam 
bentuk y =p(x + h)2 + k.

a)  6x2 + 24x

b) x2 + 6x + 2

 

pembahasan :

 

bagian a)

 6x2 + 24x

 6(x2 + 4x)

 6[x2 + 4x + ( ½ . 4)2 – ( ½ . 4)2]

 6[x2 + 4x + 4 – 4]

 6[(x2 + 4x + 4) – 4]

 6[(x + 2)2 – 4]

 6(x + 2)2 – 24

 

Maka persamaannya, y = 6(x + 2)2 – 24 

atau y + 24 = 6(x + 2)2.

 

Bagian b)

= x2 + 6x + 2

= x2 + 6x + 2 + ( ½ . 6)2 – ( ½ . 6)2.

= x2 + 6x + 2 + 9 – 9

= (x2 + 6x + 9) + 2 – 9

= (x2 + 6x + 9) – 7

= (x + 3)2 – 7 

 

Maka persamaan kuadratnya, y = (x + 3)2 – 7  

atau y + 7 = (x + 3)2.

 

Latihan

Nyatakan tiap fungsi kuadrat di bawah ini dalam 
bentuk y = p(x + h)2 + k. Kemudian tentukan :

1       y = x2  + 8x

2       y = x2 – 6x

3       y = x2 – 5x

4       y = 2x2 + 10x

5       y = 5x2 – 20x

6       y = 4x2 – 12x

7       y = – x2 + 4x 

8       y = – 2x2 + 6x

9       y = – 5x2 – 15x

10   y = x2 + 10x + 2

11   y = 2x2 – 10x + 24

12   y = 3x2 + 6x + 24

13   y = – x2 + 14x – 6

14   y = – x2 + 2x + 10

15   y = – 2x2 + 8x – 12

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUNAS 6

TUNAS 3

Ukuran Pemusatan dan Peyebaran Data Berkelompok