PAKET 2 LATIHAN UAS IX SMP 2024/2025
Nama Sekolah :
Tahun Pelajaran :
Paket :
2 (Dua)
Kelas :
IX SMP/MTs
Materi Ajar :
Hari/tanggal :
Waktu :
Pilihan Berganda
Perhatikan
teks berikut
Peserta
didik kelas IX SMP Merdeka Bangsa melakukan kegiatan pengukuran terhadap benda
– benda di sekitarnya. Edy mengukur
lebar meja menggunakan penggaris dan diperoleh hasil 7,0 meter. Amir mengukur suhu zat cair yang sedang
dipanaskan menggunakan termometer dan diperoleh hasil pengukuran 900C.
Rendy mengukur volume batu kerikil
dengan menggunakan gelas ukur dan diperoleh hasil 250 mL. Arnita mengukur massa batu menggunakan neraca tiga lengan dan
diperoleh hasil pengukuran 1,45 kg. Rudy
mengukur kecepatan gerak mobil mainan menggunakan penggaris dan stopwatch dan
diperoleh hasil pengukuran sebesar 5 m/s. Robert
mengukur berat balok kayu menggunakan neraca pegas dan diperoleh hasil 50N.
Soal : 1
Kegiatan
yang dilakukan oleh beberapa peserta didik pada teks tersebut dapat
dikelompokkan berdasarkan jenis besarannya. Terkait hal tersebut, data pada
tabel berikut yang benar adalah …
Soal : 2
Ibu
menyiapkan segelas minuman kopi panas untuk ayah. Gelas berisi minuman kopi tersebut
diletakkan di meja ruang keluarga. Doni yang sedang berada di dalam kamar dan
posisi kamar berdekatan dengan ruang keluarga mencium aroma harum kopi
tersebut. Peristiwa ini dapat terjadi karena …
a. Partikel – partikel kopi dapat bergerak secara sangat bebas, acak, dan cepat.
b. Gaya tarik – menarik antarpartikel kopi sangat lemah
sehingga mudah bergerak.
c. Bentuk susunan partikel – partikel kopi tidak teratur dan
memiliki energi yang sangat lemah.
d. Partikel – partikel uap air kopi memiliki gaya tarik – menarik
yang sangat lemah dan bergerak secara bebas.
Soal : 3
Perhatikan
beberapa kegiatan berikut.
(1) Saras mengamati
pemuaian panjang pada batang logam.
(2) Nindya mengamati lama
waktu proses mencairnya es batu.
(3) Ratri melakukan
pengamatan terhadap sisa pembakaran kertas.
(4) Tua mengamati
pengeroposan pada kaki – kaki kursi di kelasnya yang terbuat dari besi.
(5) Thomas melakukan
percobaan melarutkan garam ke dalam air.
(6) Rio mengamati
pertumbuhan kecambah.
(7) Martha melakukan
percobaan penyepuhan logam.
Berdasarkan
kegiatan – kegiatan tersebut, pernyataan berikut yang benar adalah …
a. Kegiatan yang
dilakukan oleh Saras, Nindya, dan Tua adalah contoh perubahan fisika, sedangkan
kegiatan yang dilakukan oleh Ratri, Thomas, Rio, dan Martha adalah contoh
perubahan kimia.
b. Kegiatan yang
dilakukan oleh Saras, Nindya, Thomas, dan Rio adalah contoh perubahan fisika,
sedangkan kegiatan yang dilakukan oleh Ratri, Tua, dan Martha adalah contoh
perubahan kimia.
c. Kegiatan yang
dilakukan oleh Saras, Nidya, Thomas, dan Martha adalah contoh perubahan fisika,
sedangkan kegiatan yang dilakukan oleh Ratri, Tua, dan Rio adalah contoh
perubahan kimia.
d. Kegiatan yang
dilakukan oleh Saras, Nidya, dan Thomas adalah contoh perubahan fisika,
sedangkan kegiatan yang dilakukan oleh Ratri, Tua, Rio, dan Martha adalah
perubahan kimia.
Soal : 4
Mario,
Arya, Bram, dan Riyan melakukan percobaan mengenai pengukuran suhu pada suatu
benda. Masing – masing dari mereka mengukur suhu benda menggunakan termometer
dengan skala yang berbeda. Mario mengukur suhu zat cair P menggunakan
termometer skala Celcius dan hasil pengukurannya adalah 800C. Arya
mengukur suhu zat cair Q menggunakan termometer Reamur dan hasilnya 720R.
Bram mengukur suhu zat cair R menggunakan termometer skala Fahrenheit dan hasil
pengukurannya sebesar 770F. Riyan mengukur suhu zat cair S
menggunakan termometer Kelvin dan hasil pengukurannya adalah 300K. Berdasarkan informasi
tersebut, perhatikan pernyataan – pernyataan berikut.
(1) Suhu zat cair P lebih
besar daripada suhu zat cair Q.
(2) Suhu zat cair P lebih
besar daripada suhu zat cair S.
(3) Suhu zat cair Q lebih
kecil daripada suhu zat cair S.
(4) Zat cair R memiliki
suhu terendah dan zat cair Q memiliki suhu tertinggi.
Pernyataan
yang benar ditunjukkan oleh nomor …
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (4)
d. (3) dan (4)
Soal : 5
Vania
menemani ibunya berbelanja untuk keperluan rumah di pasar tradisional. Barang
yang dibeli cukup banyak, diantaranya garam, gula, kecap, sirop penyedap rasa,
cuka, santan dalam kemasan, dan sabun. Berdasarkan barang – barang yang dibeli,
pengelompokan barang pada tabel berikut yang benar adalah…
Soal : 6
Perhatikan
gambar berikut,
Yuli
melakukan percobaan mengenai pemisahan kapur barus yang bercampur dengan pasir.
Ia memanaskan campuran kapur barus dan pasir yang berada di dalam bejana,
kemduian di atas bejana diletakan peutup yang diberi es batu seperti gambar di
atas. Proses pemisahan campuran yang dilakukan oleh Yuli sesuai dengan metode …
a. Dilatasi
b. Kromatografi
c. Sublimasi
d. Sentrifugasi
Soal : 7
Peserta
didik kelas IX SMP Merdeka Bangsa melakukan rekreasi ke tempat wisata yang
berjarak 120 km dari sekolahnya. Saat tiba di tempat wisata tersebut, beberapa
peserta didik tertarik untuk mencoba menaiki wahana perahu yang berada di
danau. Mereka menyewa dua perahu, yaitu perahu A dan B. Perahu A bergerak lebih
awal 20 s dari perahu B. Kedua perahu bergerak lurus dan searah dengan kecepatan
tetap. Perahu A melaju dengan kecepatan 20 m/s sedangkan perahu B melaju dengan
kecepatan 25 m/s. Perhatikan beberapa pernyataan berikut :
(1) Kedua perahu bergerak dengan kecepatan tetap sehingga perahu
A akan selalu berada di depan perahu B.
(2) Perahu B tepat menyusul perahu A 80 s setelah perahu B bergerak.
(3) Jarak kedua perahu selalu tetap, yaitu 400 m dengan perahu A
berada di depan perahu B.
(4) Perahu B menempuh jarak 2.000 m saat tepat menyusul perahu A.
Pernyataan
yang benar ditunjukkan oleh nomor …
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (4)
d. (3) dan (4)
Soal : 8
Perhatikan
gambar berikut ini,
Empat
balok yang memiliki massa berbeda diletakkan pada lantai yang licin. Setiap
balok diberikan beberapa gaya seperti gambar di atas. Perhatikan pernyataan –
pernyataan berikut.
(1) Percepatan yang
dialami oleh balok P lebih kecil daripada percepatan yang dialami oleh balok Q.
(2) Percepatan yang
dialami oleh balok Q lebih kecil daripada percepatan yang dialami oleh balok R.
(3) Percepatan yang
dialami oleh balok R lebih besar daripada percepatan yang dialami oleh balok S.
(4) Percepatan yang
dialami oleh balok S lebih besar daripada percepatan yang dialami oleh balok P.
Pernyataan
yang sesuai dengan gambar ditunjukkan oleh nomor ….
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (4)
d. (3) dan (4)
Soal : 9
Sebuah
perahu membawa beberapa penumpang dengan massa total sebesar 200 kg. Mula –
mula perahu tersebut bergerak lurus dengan kecepatan 20 m/s kemudian perahu
dipercepat dengan diberikan gaya sebesar 500 N. Pada saat perahu menempuh jarak
300 m, besar energi kinetik perahu menjadi …
a. 4 kJ
b. 40 kJ
c. 110 kJ
d. 190 KJ
Soal : 10
Batang
tongkat yang memiliki panjang 300 cm digunakan oleh Kelvin sebagai pengungkit
untuk mengangkat balok yang bermassa m. Balok tersebut diletakkan pada salah
satu ujung tongkat. Kelvin kemudian meletakkan tumpuan pada jarak 60 cm dari
ujung tongkat dimana balok diletakkan. Ia memerlukan gaya kuasa sebesar 50N
untuk mengangkat balok tersebut. Jika Fadly akan mengangkat balok yang sama menggunakan
katrol bebas, besar gaya kuasa yang harus diberikan Fadly adalah …
a. 25N
b. 50N
c. 100N
d. 200N
Soal : 11
Perhatikan
pernyataan – pernyatan berikut.
(1) Permukaan Bulan yang
menghadap ke Bumi selalu sama karena periode rotasi Bulan pada porosnya sama
dengan periode revolusi Bulan mengelilingi Bumi.
(2) Pengaruh gaya
gravitasi Bulan terhadap pasang surut air laut di permukaan Bumi lebih besar
dari pada pengaruh gravitasi Matahari.
(3) Percepatan gravitasi
di permukaan Bulan hanya 1/3 dari percepatan gravitasi di permukaan Bumi
sehingga jika suatu benda yang memiliki berat 120N, berat benda tersebut di
permukaan Bulan hanya 40N.
(4) Revolusi Bulan
terhadap Bumi dapat menimbulkan dampak di permukaan Bumi, seperti perubahan
arah arus laut dan perubahan musim.
Pernyataan
yang benar mengenai Bulan ditunjukkan oleh nomor …
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (4)
d. (3) dan (4)
Soal : 12
Revan
melakukan percobaan mengenai getaran dengan menggunakan empat pegas yang
berbeda. Ia mengukur jumlah getaran dari masing – masing pegas pada kurun waktu
tertentu. Hasil percobaan yang dilakukan Revan disajikan pada tabel berikut .
Berdasarkan
tabel tersebut, perhatikan pernyataan – pernyataan berikut.
(1) Frekuensi pegas P
lebih besar dari pada frekuensi pegas S.
(2) Frekuensi pegas Q
lebih besar dari pada frekuensi pegas R
(3) Frekuensi pegas R
lebih besar dari pada frekuensi pegas P.
(4) Frekuensi pegas S
lebih besar dari pada frekuensi pegas Q.
Pernyataan
yang benar ditunjukkan oleh nomor …
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (4)
d. (3) dan (4)
Soal : 13
Faisal
dan Ali berada di dekat suatu tebing dimana Ali satu garis lurus dengan Faisal
di depan tebing tersebut. Mereka melakukan percobaan untuk mengukur lama waktu
gema yang didengarnya. Pada saat Faisal berteriak, ia mendengar gemanya 0,8 s
setelah berteriak. Sementara itu saat Ali berteriak, ia mendengar gemanya 0,5 s
setelah ia berteriak. Jika cepat rambat bunyi di udara 340 m/s. Pernyataan
berikut yang benar adalah …
a. Faisal berjarak 51 m
dari Ali dan lebih dekat ke tebing dari pada Ali.
b. Faisal berjarak 51 m
dari Ali dan Ali lebih dekat ke tebing dari pada Faisal.
c. Faisal berjarak 85 m
dari Ali dan Faisal lebih dekat ke tebing dari pada Ali.
d. Faisal berjarak 136 m
dari Ali dan Faisal lebih dekat ke tebing dari pada Ali.
Soal : 14
Rudi
melakukan percobaan untuk mengetahui jenis muatan pada suatu benda menggunakan
elektroskop. Ada pun benda yang akan diuji diberi tanda P, Q, R, dan S. Ia mula
– mula memberikan muatan negatif pada elektroskop, akibatnya daun elektroskop
saling terbuka. Ketika benda P didekatkan ke kepala elektroskop, daun
elektroskop saling terbuka lebih lebar. Sementara itu, ketika benda Q
didekatkan ke kepala elektroskop, tidak ada reaksi pada daun elektroskop. Lain
halnya ketika benda R didekatkan ke kepala elektroskop, kedua daun elektroskop
bergerak saling menutup dan ketika benda S didekatkan ke kepala elektroskop,
kedua daun elektroskop bergerak saling membuka lebih lebar. Berdasarkan uraian
tersebut, perhatikan pernyataan – pernyataan berikut.
(1) Jika benda P dan Q
saling didekatkan kedua benda saling tarik – menarik.
(2) Jika benda Q dan R
saling didekatkan, kedua benda saling tolak – menolak.
(3) Jika benda R dan S
saling didekatkan, kedua benda saling tarik – menarik.
(4) Jika benda S dan P
saling didekatkan, kedua benda saling tolak – menolak.
Pernyataan
yang sesuai dengan uaraian di atas ditunjukkan oleh nomor …
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (4)
d. (3) dan (4)
Soal : 15
Perhatikan
gambar berikut,
Gambar
di atas menunjukkan cara membuat magnet pada batang baja. Batang baja yang
digunakan digosok dengan magnet batang. Perhatikan pernyataan – pernyataan
berikut.
(1) Batang baja PQ akan menjadi magnet permanen dengan ujung P menjadi kutub Utara dan ujung Q menjadi kutub Selatan.
(2) Batang baja XY akan menjadi magnet tidak permanen dengan ujung X
menjadi kutub Selatan dan ujung Y menjadi kutub Utara.
(3) Batang baja KL akan menjadi magnet permanen dengan ujung K menjadi
kutub Utara dan ujung L menjadi kutub Selatan.
(4) Batang baja MN akan menjadi magnet tidak permanen dengan ujung M
menjadi kutub Selatan dan ujung N menjadi kutub Utara.
Pernyataan
yang sesuai dengan gambar ditunjukkan oleh nomor …
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (4)
d. (3) dan (4)
Uraian
Soal : 1
Sistem
dongkrak hidrolik dibuat dari sambungan dua pipa yang memiliki luas penampang
berbeda dan dibentuk seperti huruf “U”. Beban sebesar 2.000N di letakkan di
atas piston pada pipa yang luas penampangnya besar, sedangkan gaya tekan
diletakkan di atas piston pada pipa yang memiliki luas penampang kecil. Jika diameter
penampang kecil 2 cm dan diameter penampang besar 20 cm, tentukan besar gaya
yang harus diberikan pada piston pipa kecil.
Soal : 2
Perhatikan
gambar rangkaian listrik berikut.
Lampu
P, Q, dan K dengan hambatan listrik masing – masing 120𝛀, 80𝛀, dan 60𝛀 disusun seperti
gambar di atas. Jika kuat arus listrik yang melalui lampu Q adalah 0,6A. Tentukan
:
a. Besar bedapotensial
pada ujung – ujung lampu K.
b. Kuat arus listrik
yang melalui lampu P.
c. Besar bedapotensial
pada ujung – ujung sumber tegangan listrik.
Soal : 3
Hendra
memanaskan 600 mL air yang memiliki suhu awal 200C menggunakan
kompor listrik. Jika kalor jenis air 4200
J/kg0C, massa jenis air 1000 kg/m3, dan lama waktu
yang diperlukan sampai air mendidih pada tekanan normal adalah 10 menit. Tentukan
besar daya listrik kompor tersebut.
SERI 55 LISTRIK STATIS KELAS IX SMP/MTs
Pilihan Berganda
Soal : 1
Perhatikan
gambar berikut ini,
Bagian atom yang ditunjukkan oleh A, B, dan C secara berurutan adalah …
a. Proton, neutron, dan elektron
b. Elektron, proton, dan neutron
c. Elektron, neutron, dan proton
d. Neutron, proton, dan elektron
Soal : 2
Susunan atom terdiri atas …a. Inti atom yang didalamnya terdapat elektron dan neutron serta
proton yang mengelilingi inti.
Muatan asal pada P dan Q adalah …
b. Inti atom yang didalamnya terdapat proton dan neutron serta
elektron yang mengelilingi inti.
c. Inti atom yang didalamnya terdapat elektron dan proton serta
neutron yang mengelilingi inti.
d. Inti atom, proton, dan elektron.
Soal : 3
Bagian atom yang bermuatan listrik negatip disebut …
a. Elektron
b. Inti
c. Neutron
d. Proton
Soal : 4
Benda yang dapat mengalami pengurangan dan penambahan elektron disebut adalah …
a. Benda neutron
b. Benda netral
c. Benda bermuatan listrik positip
d. Benda bermuatan listrik negatip
Soal : 5
Suatu benda dikatakan bermuatan listrik positip ketika …
a. Benda itu memiliki kelebihan elektron
b. Benda itu memiliki kekurangan elektron
c. Inti atomnya bermuatan positip
d. Elektron – elektron atomnya bermuatan positip.
Soal : 6
Sebuah atom netral harus mengandung jumlah yang sama dari …
a. Proton dan neutron
b. Proton dan elektron
c. Elektron dan neutron
d. Proton, neutron, dan elektron
Soal : 7
Suatu benda akan mempertahankan muatan elektrostatis negatip konstan jika benda ….
a. Mempertahankan beberapa kelebihan elektron.
b. Mempertahankan beberapa kelebihan proton
c. Secara terus – menerus menerima lebih banyak elektron daripada
elektron yang hilang.
d. Secara terus – menerus menerima lebih banyak proton daripada
proton yang hilang.
Soal : 8
Ketika sebatang karet dan bulu saling digosokkan, bulu menjadi bermuatan positipkarena perpindahan….
a. Proton ke karet
b. Proton ke bulu
c. Elektron ke karet
d. Elektron ke bulu
Soal : 9
Jika sebagian elektron batang kaca berpindah ke kain sutera, setelah penggosokkan, batang kaca menjadi bermuatan positip karena …
a. Memperoleh beberapa proton
b. Memperoleh beberapa elektron
c. Kehilangan beberapa elektron
d. Kehilangan beberapa proton
Soal : 10
Jika mistar plastik digosok dengan wol, muatan listrik yang terjadi pada plastik dan wol adalah …
a. Plastik bermuatan negatip, wol bermuatan positip
b. Plastik bermuatan negatip, wol bermuatan negatip
c. Plastik bermuatan positip, wol bermuatan negatip
d. Plastik bermuatan positip, wol bermuatan positip
Soal : 11
Interaksi antaramuatan listrik yang akan tolak – menolak terjadi pada …
a. Penggaris plastik yang digosok dengan kain wol terhadap ebonit
yang digosok dengan kain wol.
b. Penggaris plastik yang digosok dengan kain wol terhadap kaca
yang digosok dengan kain sutera.
c. Ebonit yang digosok dengan kain wol terhadap benda lain yang
bermuatan positip.
d. Ebonit yang digosok dengan kain wol terhadap kaca yang digosok
dengan kain sutera.
Soal : 12
Perhatikan pernyataan – pernyataan berikut.
(1) Muatan listrik yang sejenis tolak – menolak.
(2) Benda bermuatan positip jika jumlah elektron lebih banyak dari
pada jumlah proton.
(3) Muatan listrik yang tidak sejenis tarik – menarik.
(4) Benda bermuatan negatip jika jumlah elektron lebih banyak dari
pada jumlah proton.
Pernyataan yang benar ditunjukkan oleh nomor …
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (4)
Soal : 13
Benda bermuatan listrik negatip jika dihubungkan dengan Bumi akan netral, karena …
a. Elektron dari benda mengalir ke bumi.
b. Elektron dari bumi mengalir ke benda.
c. Muatan positip dari benda mengalir ke bumi.
d. Muatan positip dari bumi mengalir ke benda.
Soal : 14
Sebuah batang plastik menolak sebuah balon yang digantung pada seutas benang nilon ketika …
a. Batang dan balon membawa muatan – muatan berbeda jenis.
b. Batang dan balon membawa muatan – muatan sejenis.
c. Batang bermuatan listrik, tetapi balon tidak.
d. Balon bermuatan listrik, tetapi batang tidak.
Soal : 15
Dua bola sangat ringan bermuatan P dan Q digantung pada ujung benang – benang nilon. Ketika sebuah batang bermuatan negatip di letakkan diantara keduanya, P ditolak dan Q ditarik seperti gambar berikut.
Muatan asal pada P dan Q adalah …
Lembar Jawaban Kerja Siswa
SERI 16 INDUKSI ELEKTROMAGNETIK SMP
Nama Sekolah :
Tahun Pelajaran :
Mata Pelajaran : IPA – Fisika
Materi Ajar : Elektromagnet 1
Kelas : IX – SMP
Hari/tanggal :
Waktu :
Pilihan Berganda
Soal : 1
Perhatikan gambar berikut ini!
Berdasarkan gambar tersebut, nilai medan magnet yang dihasilkan oleh magnet sebesar …
a. 15 T
b. 24 T
c. 30 T
d. 40 T
Soal : 2
Medan magnet pada generator dc dihasilkan pada bagian …
a. Stator
b. Rotor
c. Komutator
d. Sikat karbon
Soal : 3
Sebuah dinamo terhubung dengan lampu sepeda. Agar nyala lampu menjadi lebih terang, kegiatan yang dilakukan adalah …
a. Mengayuh sepeda lebih cepat.
b. Menghilangkan kumparan pada dinamo sepeda.
c. Mengganti inti besi pada dinamo sepeda dengan kaca.
d. Mengganti magnet pada dinamo sepeda dengan magnet
yang lebih kecil dan bersifat sementara.
Soal : 4
Pada dinamo sepeda, bagian yang berperan sebagai rotor adalah …
a. Kumparan
b. Magnet silinder
c. Badan dinamo
d. Terminal keluaran tegangan
Soal : 5
Salah satu ciri trafo step – up adalah …
a. Memiliki jumlah lilitan yang bebas.
b. Memiliki lilitan primer lebih sedikit dari pada
lilitan sekunder.
c. Memiliki lilitan primer yang sama dengan lilitan sekunder.
d. Memiliki lilitan primer yang lebih banyak dari pada
lilitan sekunder.
Soal : 6
Pernyataan berikut yang tepat terkait dengan transformator adalah …
a. Trafo step – up berfungsi menaikan tegangan listrik.
b. Trafo step – down berfungsi menurunkan daya listrik.
c. Trafo dibuat bertujuan untuk mengubah nilai daya listrik.
d. Trafo bermanfaat untuk mengatur arus listrik dalam
percabangan.
Soal : 7
Perhatikan informasi yang terkait dengan trafo berikut ini!
1) Jumlah lilitan primer lebih banyak dibandingkan
lilitan sekunder.
2) Tegangan output lebih besar dibandingkan tegangan input
3) Jumlah lilitan primer lebih sedikit dibandingkan jumlah
lilitan sekunder
4) Arus input lebih besar dibandingkan arus output
Pernyataan yang menunjukkan ciri – ciri transformator step – up ditunjukkan oleh nomor …
a. 1), 2), dan 3)
b. 2), 3), dan 4)
c. 2) dan 4)
d. 4)
Soal : 8
Perhatikan gambar berikut!
Pernyataan berikut yang tidak tepat terkait gambar di atas adalah …
a. Trafo tersebut berjenis trafo step – down.
b. Trafo tersebut berfungsi menaikkan tegangan listrik.
c. Trafo tersebut berfungsi menurunkan tegangan listrik.
d. Tegangan dikumparan primer lebih besar dibanding
tegangan di kumparan sekunder.
Soal : 9
Jumlah lilitan primer dan sekunder pada sebuah trafo berturut – turut 2700 dan 900. Tegangan pada kumparan primer 150 volt. Tegangan yang melewati kumparan sekunder … volt.
a. 450
b. 150
c. 50
d. 30
Soal : 10
Sebuah PLTA menghasilkan daya sebesar 25 MW. Energi listrik dari PLTA tersebut akan ditransmisikan dengan tegangan sebesar 100 000 volt menggunakan transformator. Apabila arus yang masuk pada transformator sebesar 125 000 amper, transformator yang digunakan memiliki perbandingan lilitan primer dan sekunder …
a. 500 : 1
b. 250 : 1
c. 1 : 250
d. 1 : 500
Lembar Kertas Jawaban
Langganan:
Postingan (Atom)