This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Rabu, 17 Januari 2024

APLIKASI DISKRIMINAN

Tahun Pelajaran      : 2023 – 2024
Semester               : II (Dua)
Kelas                     : X SMA
Pelajaran               : Matematika
Pokok Bahasan       : Aplikasi Diskriminan

 

Daftar Isi :
1.  Materi
2.  Contoh soal Pengantar
3.  Soal latihan

 

Diskriminan dan Penggunaannya

 
Salah satu metode menentukan akar – akar dari suatu persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0 adalah rumus ABC.
 

1


 

 
Sifat dari kedua akar tersebut ditentukan oleh nilai dari b2 – 4ac yang disebut diskriminan (D). Jika a, b, dan c bernilai real, maka diskriminan akan memperlihatkan jenis akar persamaan kuadrat sebagai berikut :
1.  Jika b2 – 4ac = 0, kedua akarnya sama dan real
2.  Jika b2 – 4ac < 0, kedua akarnya imajiner
3.  Jika b2 – 4ac > 0, kedua akarnya berbeda dan real. 
    Dan sifat kondisi di sini masih dipengaruhi nilai 
    a, b, dan c. Jika nilai a, b, dan c rasional, maka :

a.  Jika b2 – 4ac, adalah bilangan kuadrat, maka akar – akarnya rasional.

b.  Jika b2 – 4ac, bukan bilangan kuadrat, maka kedua akarnya irasional.

 

Contoh Soal Pengantar

 

Contoh : 1

Tentukan sifat – sifat akar persamaan kuadrat berikut ini dengan memperhatikan diskriminan.

(a)       x2 – 2x + 1 = 0

(b)      x2 + 5x + 7 = 0

(c)       2x2 + x – 3 = 0

 

Pembahasan :

 

 
Bagian (a)

2





Kesimpulan :
Persamaan Kuadarat (PK) memiliki akar – akar yang bernilai sama atau kembar (x1 = x2).

 

Bagian (b)

3








Kesimpulan :
Persamaan Kuadrat (PK) memiliki akar – akar yang imajiner.
 
Bagian (c)

4








Kesimpulan :
Persamaan Kuadrat (PK) memiliki akar – akar yang nilainya berbeda dan rasional.

5





Dimana x1 = +5 dan x2 = – 5 atau sebaliknya


Contoh : 2
Jika persamaan (m + 2)x2 + 2(m – 2)x + m = 0 mempunyai akar sama, tentukan nilai m yang memenuhi.
 
Pembahasan :
 
Sebuah PK memiliki akar yang sama (x1 = x2), maka diskriminannya harus bernilai nol (D = 0).
 
 
(m + 2)x2 + 2(m – 2)x + m = 0

 

6











Kesimpulan :
Dari hasil yang diperoleh, agar PK pada soal di atas memiliki akar yang sama. Maka nilai m harus sama dengan 2/3.

Latihan :

 
Pilihlah Jawaban yang Benar
 

1.       Diketahui persamaan kuadrat berikut

(I)       4x2 – 13x + 3 = 0

(II)     9x2 + 6x + 2 = 0

(III)  3x2 – 4x + 1 = 0

(IV)   5x2 + 12x + 3 = 0

 

Persamaan kuadrat yang mempunyai akar real berlainan adalah …  

A.  (I), (II), dan (III)

B.  (I), (III), dan (IV)

C.  (II), (III), dan (IV)

D. (I) dan (II)

E.  (III) dan (IV)

 

2.       Kedua akar persamaan kuadrat 
      x2 – 2px + p2 – q2 + 2qr – r2 adalah …

A.  Imajiner

B.  Irasional

C.  Rasional

D. Satu imajiner dan satu rasional

E.  Satu irasional dan satu rasional


 
3.       Agar persamaan kuadrat ax2 – 4x + a + 3 = 0 
     mempunyai akar kembar, maka nilai a yang memenuhi 
     adalah …

A.  – 4 atau 1

B.  – 3 atau 1

C.  – 1 atau 4

D.   1 atau 3

E.    1 atau 4

 

4.       Persamaan kuadrat (p + 3)x2 + 2px + (p – 2) = 0 
      mempunyai dua akar real yang sama. 
      Nilai p yang memenuhi adalah …

A.  3

B.  6

C.  7

D. 8

E.  10

 

5.       Persamaan (m – 3)x2 – 4x + m = 0 mempunyai 
     akar – akar real. Nilai m yang memenuhi adalah …
A.  – 1 ≤ m ≤ 4

B.    4 ≤ m ≤ 1

C.    4 ≤ m ≤ – 1   

D.   m ≤ – 1 atau m ≥ 4

E.    m ≤ – 4 atau m ≥ 1  

 

 

Sabtu, 13 Januari 2024

SERI 3 : LOGARITMA

Soal :
Diketahui log 2 = a dan log 3 = b, maka nilai

1

 


 
Sama dengan … 

2














Pembahasan : 


3






 










Kunci : C


LOGARITMA

Daftar Isi : 
1. Sifat - sifat Logaritma 
2. Contoh dan Pembahasan 
 
Pada kesempatan ini, kita akan mempelajari beberapa 
sifat – sifat dari logaritma. Dan membahas beberapa 
contoh soal yang diharapkan dapat membantu dalam 
pembelajaran Matematika. Terutama untuk anak 
kelas IX - SMP.
 
Beberapa sifat logaritma yang akan kita pelajari 
melalui beberapa contoh soal yang berkaitan dengan 
sifat logaritma-nya.

10

Berikut akan kita ambil beberapa contoh soal yang 

disertai dengan pembahasan sesuai dengan beberapa 
sifat logaritma di atas.

0









Pembahasan :

Jawaban yang cocok untuk soal nomor 01 
adalah A, sesuai dengan sifat nomor 1  logaritma. 

1

2
3
4
5
6
7




SERI 2 : LOGARITMA

Soal : 
Diketahui 2log 3 = x dan 2log 10 = y,
maka nilai dari 6log 120 adalah … 

1

Pembahasan : 

2

Kunci : A 
 

SERI 1 : KESETIMBANGAN BENDA TEGAR

Soal :

Perhatikan gambar berikut.


 

 

 

 

 

 



Letak titik berat bidang tersebut terhadap AB adalah ….

A.      5 cm

B.      9 cm

C.      11 cm

D.      12 cm

E.       15 cm

 
Pembahasan :
 
Bidang kita bagi menjadi dua bagian, bagian pertama 
sebuah segitiga dan bagian kedua merupakan empat 
persegi panjang. 















Tinjau segitiga CDE : 















Maka luas daerah I yang merupakan sebuah segitiga 
sama kaki, A1











Luas daerah II yang merupakan empat persegi 
panjang, A2





Titik kesetimbangan benda I,




















Titik kesetimbangan benda II, 







Maka kesetimbangan benda terhadap AB, 















Kunci : C