SERI 2 CAHAYA

Tahun Pelajaran     : 2023 / 2024
Semester              : II (Dua)
Kelas                    : VIII SMP
Hari / tanggal        :
Waktu                   : 
 
Pilihan Berganda

 

Soal : 1
Seberkas cahaya dari Bumi dipantulkan oleh suatu 
benda dalam ruang angkasa. Jika perjalanan pulang – 
pergi memerlukan waktu 4,0 sekon. Jika jarak benda 
dari Bumi.

a.   134 000 km                  c. 600.000 km

b.   300 000 km                  d. 1.200.000 km  

 

Pembahasan :


Jarak Bumi ke benda yang dimaksud :


Kunci : c

 

Soal : 2
Ketika suatu sinar cahaya pada permukaan cermin datar 
dengan sudut datang 450. Sudut antara sinar datang 
dan sinar pantul pada peristiwa tersebut adalah ….
a.   450                   c. 900.

b.   550                   d. 1350.

 

Pembahasan :


Sesuai hukum pemantulan pada cermin datar,





Maka sudut antara sinar datang dengan sinar pantulnya:








Kunci : C

 


Soal : 3
Ketika suatu sinar cahaya menumbuk sebuah cermin 
dengan arah tegak lurus terhadap permukaan cermin, 
maka sudut pantulnya.

a.  Nol           

b.  enam puluh derajat

c.   empat puluh lima derajat

d.  sembilan puluh derajat

 

Pembahasan : -

 

Kunci : A

 

Soal : 4

Sifat bayangan pada cermin datar

a. nyata, terbalik, dan sama besar
b. maya, terbalik, dan diperbesar
c. nyata, tegak, dan sama besar
d. maya, tegak, dan sama besar
 
Kunci : d


Soal : 5
Seberkas sinar dipantulkan oleh dua buah cermin datar. 
Sinar mula – mula menuju ke cermin X dengan sudut 
datang seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.


Maka sudut pantul oleh cermin Y.

a. 40 derajat 

b. 50 derajat 

c. 60 derajat 

d. 80 derajat 

 

Pembahasan :



Maka sudut pantul oleh cermin x,
x = 300
 
Dan sudut y,

900 = x + y
y = 900 – 300
y = 600

 

Sudut antara sinar datang pada cermin Y dengan cermin 
datar y adalah z, maka besar sudut z :

 

ó 1800 = y + 800 + z

ó 1800 = 600 + 800 + z

ó      z = 400

 
Maka sudut datang pada cermin datar y1
:

 

ó 900 = y1 + z

ó 900 = y1 + 400

ó   y1 = 900 – 400

ó   y1 = 500

 

Maka sudut pantul oleh cermin datar y :
∠yr = ∠yi = 500

 

Kunci : b 

 

Soal : 6
Paku diletakkan tegak lurus pada sumbu utama cermin 
cekung yang berjarak fokusnya 2 cm. Jika jarak paku 
terhadap cermin 3 cm, maka jarak bayangannya …

a. 1,2 cm di depan cermin

b. 1,2 cm di belakang cermin

c. 6,0 cm di depan cermin

d. 6,0 cm di belakang cermin

 

Pembahasan :


Maka jarak bayangan dapat kita hitung,






Jarak bayangan s’ = + 6 cm, berarti 6 cm di depan 
cermin cekung.

 

Kunci : c

 

Soal : 7
Suatu benda diletakkan pada jarak 100 cm di depan 
cermin cekung. Jika jarak fokus 25 cm, bayangan yang 
terbentuk adalah …

a. 25,5 cm

b. 30,0 cm

c. 33,3 cm

d. 50,0 cm

 

Pembahasan :

 
Diketahui,
Jenis cerminnya adalah cekung
Jarak fokus, f = + 25 cm
Jarak benda, s = 100 cm

 

Ditanya,
Jarak bayangan, s’ = …

 

Peny:



 







Kunci : c

 

Soal : 8
Bayangan benda terletak 24 cm di depan cermin cekung 
yang memiliki jarak fokus 6 cm. Maka jarak benda adalah …
a. 8 cm
b. 12 cm
c. 24 cm
d. 48 cm

 

Pembahasan :


Diketahui,
Jenis cermin = cekung
Fokus cermin, f = + 6 cm
Bayangan benda, s’ = + 24 cm

 

Ditanya,
Jarak benda terhadap cermin, s = … ?
 
Peny :

















Kunci : a

 

Soal : 9
Suatu benda berada 0,24 m di depan cermin cekung 
dengan jari – jari 0,32 m. Maka jarak antara bayangan 
dan benda sama dengan …
a. 0,24 meter

b. 0,40 meter

c. 0,48 meter

d. 0,96 meter

 

Pembahasan :

 

Diketahui,
Jenis cermin = cekung
Jarak benda, s = 0,24 meter
Jari – jari cermin, R = + 0,32 m (f = + 0,16 m)

 

Ditanya,

Jarak antara benda dengan bayangannya, ss’ = …?

 

Peny :








Maka jarak antara s dengan s’ dapat kita tentukan.





Kunci : b
 
Soal : 10
Benda berjarak 8 cm di depan cermin cekung yang 
memiliki fokus 12 cm. Maka perbesaran bayangan yang 
dihasilkan adalah …
a. 3 kali

b. 1,5 kali

c. 0,6 kali

d. 0,5 kali

 

Pembahasan :

 

Diketahui,
Jenis cermin = cekung
Jarak benda, s = 8 cm
Fokus cermin, f = + 12 cm

 

Ditanya,

Perbesaran bayangan, M = … ?

 

Peny :

 

Jarak bayangan benda, s’.







Perbesaran bayangan, M.
 






Kunci : a

 

 

WARNA BELAJAR DI TEMPAT YANG BERBEDA



Selamat datang di blog saya,
Pada kesempatan kali ini saya hanya berbagi pengalaman mengajar selama TP 2023/2024. 


Gambar 1 Suasana Belajar di Bimbel
WR Supratman 2 Medan. Serius namun santai. 

Gambar 1 memperlihatkan group bimbel (bimbingan belajar) di lingkungan sekolah Perguruan SMP WR Supratman 2 Medan. Group kelas IX SMP terdiri dari dari siswa dari kelas IX - B, IX - C, dan IX - A. 


Gambar 3a. dan 3b, Suasan Belajar dan berlatih   bagi siswa/i yang mempersiapkan diri mengikuti   seleksi olimpiade baik tingkatan SMP maupun SMA,   di Jl. Jafaris Gang Kemala II Medan.


Gambar 2. Suasan Belajar Private di Jalan Jafaris Medan.
Grace M (kelas X SMA Global) Ryan (kelas XII MIA Methodist 2 Medan)
Belajar mandiri dan mengajarkan mereka belajar berusaha terlebih dahulu. 

Gambar 2 menampilkan suasana belajar private di Jalan Jafaris Medan. Siswanya terdiri dari siswa yang berasal dari Methodist 2 Medan (Ryan), SMP Hangkesturi Medan (Iksien), dan siswi dari SMA Global Medan (Grace M).

Selama mengajar di tempat private, siswanya mulai dari kelas VII, VIII, IX, X, XI (IPA), dan XII(IPA). Tidak banyak perbedaan yang mencolok, tetapi signifikan berbeda tehnik mengajarnya. Dikarenakan visi siswa di sini memiliki ambisi lebih tinggi untuk prestasi belajarnya.  



















Gambar 3.
Papan tulis yang penuh catatan pembahasan soal - soal Fisika yang dikutip dari buku Mandiri Fisika untuk kelas IX SMP/Mts.





















Gambar 4. 
Membahas soal langsung dari buku pegangan siswa dari sekolah mereka masing - masing. Bukunya beragam dan pembahasannya harus lebih cepat dan tepat. 

















Gambar 5
Papan tulis yang penuh dengan penjelasan teori disertai beberapa contoh soal yang dibahas bersama di kelas VII - B SMP WR Supratman 2 Medan.