SERI - 8 SOAL DAN PEMBAHASAN ATURAN COSINUS

 Selamat datang di blog saya,

Pada kali ini, kita akan berbagi pengalaman belajar 

dari bukunya Pak Sukino, yaitu Matematika 
wajib kelas X. Materi yang akan kita pelajari, saya ambil 
dari halaman 181. Dan nomor yang saya kutip, 
yakni nomor 11, 12, dan nomor 14.

Ketiga nomor di atas saya ambil, sebabnya tidak lain 

karena rasa ingin berbagi kepada pembaca yang ingin 
mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian semesteran, 
atau UAS, atau bahkan yang ingin mengikuti seleksi 
masuk perguruan tinggi Negri.

Saya berharap tulisan ini bermanfaat buat kita semua,

terima kasih.




A.  23                   D. 15

B.  21                   E. 11

C.  17

 

Pembahasan : 


 

Langkah I



Langkah II



Langkah III 



Tinjau ∆DCB, 



Subsitusikan persamaan (1) ke dalam persamaan (3)



Persamaan (2) dan persamaan (4) kita subsitusikan, 



Kedua ruas kiri dan kanan kita bagikan dengan 2, 

sehingga kita peroleh.


Kunci : C 




Pembahasan :

 
Sudut yang berhadapan, jumlah sudutnya 1800.


Tinjau ∆BAD, 



Tinjau ∆BCD, 



Selanjutnya kita subsitusikan persamaan (2) dengan persamaan (3). 



Kunci : C 


Soal : Nomor 14

Nilai cos Ɵ pada gambar berikut adalah …


Kunci : B 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUNAS 6

TUNAS 3

Ukuran Pemusatan dan Peyebaran Data Berkelompok