SERI - 25 SOAL DAN PEMBAHASAN LENSA

Selamat datang di blog saya, 
Buat yang baru menemukan blog saya ini, saya mengucapkan 
selamat datang. Dan buat yang sudah mengetahui blog saya ini, 
saya ucapkan terima kasih atas kesediaan anda selalu mengikuti 
pengalaman berbagi saya. 

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi soal tentang 
Bayangan pada mata manusia. Semoga pengalaman 
berbagi ini bermanfaat buat kita semua, terima kasih. 


Soal : 
Mata dapat melihat sebuah benda apabila terbentuk 
bayangan ......
A.  sejati, diperkecil, terbalik di retina
B.  sejati, diperbesar, terbalik di retina
C.  sejati, diperkecil, tegak di retina
D.  sejati, diperbesar, tegak di retina 

Pembahasan : 

Sesungguhnya mata kita memiliki sebuah lensa mirip dengan 
lensa cembung. Tetapi mohon dibedakan juga, sebab mata 
manusia memiliki fokus lensa yang fleksibel mengikuti perintah 
syaraf mata. Berbeda dengan sebuah lensa cekung, yang hanya 
memiliki nilai fokus tertentu dan tidak dapat diubah.

Mari kita membahas bayangan yang terbentuk pada lensa mata. 
Setiap kita melihat sesuatu, itu artinya bayangan yang kita lihat 
adalah sejati (real). Beda halnya bila kita mengamati namun tidak 
dapat kita lihat. Dan itu menunjukkan ada hal yang menggangu 
pembentukan bayangan pada lensa mata. 

Bayangan yang terlihat oleh mata, selalu diperkecil kemudian 
terbalik serta pastinya jatuh di retina mata. Dimana retina mata 
merupakan organ mata yang masih merupakan bagian syaraf. 

Demikian dulu pembahasan singkat ini, semoga bermanfaat,
terima kasih 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUNAS 6

TUNAS 3

Ukuran Pemusatan dan Peyebaran Data Berkelompok