SERI - 101 PERSAMAAN LINGKARAN

Selamat datang di blog saya, Pada kesempatan kali ini saya mencoba berbagi penyelesaian soal yang pernah saya lakukan tatkala saya mengajar les di rumah murid les. Tepatnya di kediaman Nicholas Sidik, peraih kampium lomba olimpiade sains tingkat nasional TP 2019 / 2020. Semoga pengalaman berbagi yang saya perbuat ini dapat bermanfaat buat kita semua, terima kasih. 

Soal yang saya bagikan ini, dikutip dari buku Sukino, MATEMATIKA Jilid 2, untuk kelas XI SMA / MA. Halaman 149 nomor 5 dari bab PERSAMAAN LINGKARAN.

Soal :

Tentukan persamaan lingkaran yang berpusat di O(0,0) dengan luas tembereng (π/3 – 1) satuan luas seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

SERI - 101 PERSAMAAN LINGKARAN

Pembahasan : 


SERI - 101 PERSAMAAN LINGKARAN

Subsitusikan nilai luas tembereng ke persamaan (1)

SERI - 101 PERSAMAAN LINGKARAN

Karena titik pusatnya O(0,0) maka kita peroleh persamaan lingkarannya, 


SERI - 101 PERSAMAAN LINGKARAN


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUNAS 6

TUNAS 3

Ukuran Pemusatan dan Peyebaran Data Berkelompok