Kegiatan Belajar dan Mengajar (Part 2):

"Bimtek Guru IPA Se-Kota Medan 2016"

Dalam Bimtek yang dilakukan dinas Pendidikan kota Medan, mewajibkan semua guru IPA di tingkatan SMP. Wajib mengikuti praktikum Fisika, Biologi, dan Kimia yang sudah ditentukan oleh dinas Pendidikan. Untuk tempat praktek, pihak panitia dalam hal ini Sub Rayon SMPN 6 Medan menyerahkan kepada bapak/ibu guru yang mengikuti Bimtek. Memilih dan menetapkan laboratorium sekolah peserta untuk dijadikan tempat praktek. 

Saya bersama ibu Mediana Tambunan mengusulkan tempat praktek para guru Bimtek dilakukan di laboratorium Fisika dan Laboratorium Biologi SMP WR Supratman 2 Medan Jl. Brigjend. Zein Hamid No. 33 Medan. Usulan kami mendapat restu dari pimpinan sekolah SMP WR Supratman 2 Medan, Bapak Yong King Hung, S.Pd., M.Pd.,M.M dan Bapak Kepala Sekolah SMA WR Supratman 2 Medan P. Situmorang S.S., S.Pd., M.M. Bak gayung bersambut usulan kami juga disetujui pihak panitia Bimtek. 

Usulan kami didasari, saya (Parulian Simorangkir, S.si., S.Pd) merupakan kepala Laboratorium Fisika SMA WR Supratman 2 Medan. Dan ibu Mediana Tambunan, S.Pd merupakan kepala Laboratoium IPA/Biologi SMA. Dan Saat itu laboratorium yang kami kelola memiliki fasilitas yang cukup mumpuni untuk ukuran sekolah bergengsi di kota Medan. Setelah laboratorium milik sekolah SMP/SMA WR Supratman 1 Medan sebagi induk sekolah kami, beralamat di Jl. Asia No. 143 Medan. 

Kegiatan Bimtek dalam Foto



Gambar 1
Sedang menyiapkan alat/bahan praktek Kimia
"Tanda - tanda suatu reaksi kimia dapat terjadi"
sebagai bahan praktek yang harus saya bawakan 





Gambar 2
Mulai mempraktekkan memasukkan larutan klorin 
ke dalam tabung reaksi yang di dalamnya sudah ada 
larutan NaOH. 




Gambar 3.
Meneteskan larutan Klorin ke dalam tabung reaksi
kemudian nanti disusul memasukkan pita Magnesium.  





Gambar 4
Menyusun sejumlah tabung reaksi pada rak tabung reaksi




Gambar 5
Mengamati perubahan warna pada tabung reaksi
sebagai salah satu indikasi terjadinya reaksi kimia





Gambar 6
Mengamati gelembung - gelembung pada tabung reaksi
sebagai indikasi lain dari terjadinya suatu reaksi kmia.


Dalam kegiatan Bimtek ini, pseserta sebagai guru IPA diharuskan mampu mempraktekkan ilmu yang didapat meski pun bukan basis guru yang bersangkutan. Seperti saya, yang memiliki basik sebagai guru Fisika di SMP dan SMA di lingkungan perguruan WR Supratman 2 Medan. Diharuskan panitia untuk mampu membawakan praktek Biologi dan Kimia. Demikian juga dengan bapak/ibu guru lain yang berasal dari sekolah lain. 

Panitia Bimtek dan bapak/ibu gur yang berasal dari sekolah lain, yang berada di bawah naungan rayon SMPN 6 Medan. Memuji luar biasa kelengkapan laboratorium yang dimiliki SMP - SMA WR Supratman 2 Medan. Serta memberikan sanjungan kepada unsur pimpinan sekolah yang sudah memberikan perhatian khusus kepada Laboratorium di sekolah WR Supratman 2 Medan. 

(Bersambung) 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUNAS 6

TUNAS 3

Ukuran Pemusatan dan Peyebaran Data Berkelompok