Selasa, 27 Agustus 2024

LINGKARAN DAN BUSUR LINGKARAN

 Pertemuan            : I (Satu)
Sekolah                 : 
Tahun Pelajaran    : 2024 / 2025
Semester               : I (Satu)
Kelas                     : XI – 3 (AB)
Materi ajar            : Lingkaran dan Busur Lingkaran

 

Tujuan Pembelajaran
·         Siswa memahami hubungan antara sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap pada busur
       yang sama.
·         Siswa memahami hubungan antara sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang
       sama.
·         Siswa dapat menerapkan teorema lingkaran dalam menyelesaikan permasalahan yang terkait.

 

Daftar Isi :
1.  Teori sudut pusat dan sudut keliling
2.  Soal Penghantar

 

 

LINGKARAN DAN BUSUR LINGKARAN




Apotema       = jarak dari pusat lingkaran ke tali busur.
Busur           = bagian dari lingkaran.
Diameter      = tali busur yang melewati pusat lingkaran.
Jari – jari      = ruas garis yang menghubungkan pusat lingkaran Ke sebuah titik pada
                        lingkaran.
Juring           = daerah yang dibatasi dua jari – jari dan sebuah busur.
Tali Busur     = ruas garis yang menghubungkan dua titik pada Lingkaran.
Tembereng   = daerah yang dibatasi oleh tali busur dan busur
Titik Pusat    = titik yang berada di pusat lingkaran


a


Bagian dari lingkaran disebut busur lingkaran, busur yang lebih kecil disebut busur minor (garis BC berwarna biru). Dan busur yang lebih besar disebut busur mayor (garis BC berwarna merah).

b



Sudut α disebut sudut pusat yang menghadap busur minor BC. Sudut pusat adalah sudut yang titik sudutnya terletak pada pusat lingkaran dan kaki – kaki sudutnya adalah jari – jari lingkaran.

Sudut θ disebut sudut keliling yang menghadap busur mayor BC. Sudut keliling adalah sudut yang titik sudutnya terletak pada lingkaran dan kaki – kaki sudutnya berupa tali busur.

 

SOAL PENGANTAR

 

Soal : 1
Perhatikan gambar di bawah ini,


Gambar soal no 1


Jika besar BOC = 1000 maka besar OAC = …

A.   250            D. 750

B.   350            E. 800

C.   500

 
Soal : 2
Perhatikan gambar berikut


Gambar soal no. 2

Jika besar sudut AOB = 400 maka besar ACD = ..

A.   Lima puluh derajat

B.   Tujuh puluh derajat

C.   Tujuh puluh dua derajat

D.  Delapan puluh derajat

E.   Delapan puluh tiga derajat

 

Soal : 3
Pada gambar berikut, jika besar sudut AOC = 1500 maka besar ABC = …

Gambar soal no 3



A.   Tiga puluh derajat

B.   Enam puluh derajat

C.   Sembilan puluh derajat

D.  Seratus lima derajat

E.   Dua ratus sepuluh derajat

 

Soal : 4
Pada gambar berikut ini,Maka besar C + D = …

Gambar soal no 4


A.   1350                 D. 2150

B.   1450                 E. 2900

C.   1800

 

Soal : 5
Pada gambar berikut, besar PSO = 3x dan PQO = 2x. Jika besar QRS = 750, maka nilai x = …


Gambar soal no 5



A.   150            D. 450

B.   210            E. 500

C.   300

 

Soal : 6
Perhatikan gambar di bawah ini,


Gambar soal no 6



Maka nilai x – y = …

A.   510            D. 210

B.   370            E. 150

C.   280

 

Soal : 7
Pada gambar berikut,


Gambar soal no 7


Diketahui segi empat tali busur ABCD dengan AE = 3 cm, AC = 15 cm dan BE = 9 cm. Maka panjang BD = …

A.   15 cm               D. 12 cm

B.   14 cm               E. 9 cm

C.   13 cm

 

Soal : 8
Pada gambar berikut, jika besar PTS = 1440 dan PTR = 650.

Gambar soal no 8



Maka QTR = …

A.   690                   D. 890

B.   790                   E. 104,50

C.   860

 

Soal : 9
Pada gambar berikut


Gambar soal no 9



Jika besar BCD = 410 dan besar ABC = 830, maka besar AEC = …

A.   420                   D. 210

B.   410                   E. 180

C.   400

 

Soal : 10

Gambar soal no 10


Perhatikan gambar di atas,Diketahui panjang BC = BE dan AFC : ABC = 5 : 4. Maka besar BEC = …
A.   Enam puluh derajat

B.   Lima puluh derajat

C.   Empat puluh lima derajat

D.  Empat puluh derajat

E.   Tiga puluh derajat 



0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan Bijak sesuai dengan semangat kemajuan yang membangun Blog ini dan Jangan keluar dari topik