Pertemuan :
I (Satu)
Sekolah :
Tahun Pelajaran : 2024 / 2025
Semester :
I (Satu)
Kelas :
XI – 3 (AB)
Materi ajar :
Lingkaran dan Busur Lingkaran
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa
memahami hubungan antara sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap pada
busur
yang sama.
·
Siswa
memahami hubungan antara sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur
yang
sama.
·
Siswa
dapat menerapkan teorema lingkaran dalam menyelesaikan permasalahan yang
terkait.
Daftar Isi :
1.
Teori
sudut pusat dan sudut keliling
2.
Soal
Penghantar
LINGKARAN
DAN BUSUR LINGKARAN
Apotema =
jarak dari pusat lingkaran ke tali busur.
Busur =
bagian dari lingkaran.
Diameter =
tali busur yang melewati pusat lingkaran.
Jari – jari =
ruas garis yang menghubungkan pusat lingkaran Ke sebuah titik pada
lingkaran.
Juring =
daerah yang dibatasi dua jari – jari dan sebuah busur.
Tali Busur =
ruas garis yang menghubungkan dua titik pada Lingkaran.
Tembereng =
daerah yang dibatasi oleh tali busur dan busur
Titik Pusat =
titik yang berada di pusat lingkaran
Bagian
dari lingkaran disebut busur lingkaran, busur yang lebih kecil disebut busur
minor (garis BC berwarna biru). Dan busur yang lebih besar disebut busur mayor
(garis BC berwarna merah).
Sudut
α disebut sudut pusat yang menghadap busur minor BC. Sudut pusat
adalah sudut yang titik sudutnya terletak pada pusat lingkaran dan kaki – kaki sudutnya
adalah jari – jari lingkaran.
Sudut θ
disebut sudut keliling yang menghadap busur mayor BC. Sudut keliling adalah
sudut yang titik sudutnya terletak pada lingkaran dan kaki – kaki sudutnya
berupa tali busur.
SOAL
PENGANTAR
Soal : 1
Perhatikan
gambar di bawah ini,
Jika
besar ∠ BOC = 1000
maka besar ∠ OAC = …
A. 250 D. 750
B. 350 E. 800
C. 500
Soal : 2
Perhatikan
gambar berikut
Jika
besar sudut AOB = 400 maka besar ∠ ACD = ..
A. Lima puluh derajat
B. Tujuh puluh derajat
C. Tujuh puluh dua
derajat
D. Delapan puluh derajat
E. Delapan puluh tiga
derajat
Soal : 3
Pada
gambar berikut, jika besar sudut AOC = 1500 maka besar ∠ABC = …
A. Tiga puluh derajat
B. Enam puluh derajat
C. Sembilan puluh
derajat
D. Seratus lima derajat
E. Dua ratus sepuluh
derajat
Soal : 4
Pada
gambar berikut ini,Maka
besar ∠C + ∠D = …
A. 1350 D. 2150
B. 1450 E. 2900
C. 1800
Soal : 5
Pada
gambar berikut, besar ∠PSO = 3x dan ∠PQO = 2x. Jika besar ∠QRS = 750,
maka nilai x = …
A. 150 D. 450
B. 210 E. 500
C. 300
Soal : 6
Perhatikan
gambar di bawah ini,
Maka
nilai x – y = …
A. 510 D. 210
B. 370 E. 150
C. 280
Soal : 7
Pada
gambar berikut,
Diketahui
segi empat tali busur ABCD dengan AE = 3 cm, AC = 15 cm dan BE = 9 cm. Maka
panjang BD = …
A. 15 cm D. 12 cm
B. 14 cm E. 9 cm
C. 13 cm
Soal : 8
Pada
gambar berikut, jika besar ∠PTS
= 1440 dan ∠PTR = 650.
Maka
∠QTR = …
A. 690 D. 890
B. 790 E. 104,50
C. 860
Soal : 9
Pada
gambar berikut
Jika
besar ∠BCD = 410
dan besar ∠ ABC = 830,
maka besar ∠AEC = …
A. 420 D. 210
B. 410 E. 180
C. 400
Soal : 10
Perhatikan gambar di atas,Diketahui
panjang BC = BE dan ∠AFC : ∠ABC = 5 : 4. Maka
besar ∠BEC = …
A. Enam puluh derajat
B. Lima puluh derajat
C. Empat puluh lima
derajat
D. Empat puluh derajat
E. Tiga puluh derajat
0 comments:
Posting Komentar
Silahkan Berkomentar dengan Bijak sesuai dengan semangat kemajuan yang membangun Blog ini dan Jangan keluar dari topik