Materi ajar, Soal latihan, soal dan pembahasan fisika, kimia, dan matematika untuk tingkatan SMP dan SMA. Pembahasan soal - soal UAS dan soal - soal masuk PTN. Materi ajar untuk persiapan lomba Sains - IPA untuk tingkatan SMP, soal dan pembahasannya. Materi ajar dan pembahasan soal lomba olimpiade Matematika, Fisika, dan Kimia untuk tingkatan SMA baik level OSK, OSP maupun level nasional
Senin, 14 September 2020
SOAL DAN PEMBAHASAN BILANGAN (BAGIAN 1)
Sabtu, 12 September 2020
SERI 1 SOAL INDUKSI MAGNETIK
Soal : 1
Sebuah magnet batang berada dalam sebuah solenoida.
Jika magnet batang tersebut kita keluarkan dari sebuah solenoida,
maka garis – garis gaya dalam solenoida akan ...
a. Nol c. berkurang
b. Tetap d.lebih banyak
GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLB) DAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB)
Contoh
02 :
Tetapi kereta Ekonomi berada 400 meter di depan kereta Eksekutif. Kelajuan kereta Ekonomi
45 km/jam dan kepala stasiun memerintahkan masinis kereta Eksekutif untuk menyusul
kereta Ekonomi paling cepat di C. Berapakah kelajuan yang harus diijinkan
kepada masinis Eksekutif.
PERBEDAAN KECEPATAN DENGAN KELAJUAN
Ilustrasi 01:
Jika anda berada di
dalam mobil yang sedang melaju di jalan raya, anda melihat spidometer mobil
anda. Angka yang ditunjukkan jarum misalkan 120 km/h, itu artinya kelajuan
mobil yang sedang anda tumpangi. Sedangkan orang lain di luar mobil anda,
melihat mobil anda berjalan ke suatu arah. Maka orang tersebut melihat mobil
anda bergerak dengan kecepatan 120 km/h.
Jika seorang anak
ingin meningkatkan kebugaran fisiknya, ia melakukan lari mengelilingi lapangan
dengan ukuran 100 meter x 200 meter. Dalam latihan tersebut diperoleh, si anak
mampu mengelilinggi lapagan tersebut sebanyak 10,5 keliling lapangan. Dan waktu
yang dibutuhkan 30 menit.
Silahkan gambarkan
terlebih dahulu sketsa lapangan dilengkapi dengan ukuran serta arah putaran si
anak berlari.
Langkah 2
Tentukan keliling
lapangan menggunakan rumus keliling empat persegi
Tentukan posisi si anak pada pencapaian 10,5 keliling lapangan
Langkah 4
Si anak berhenti tepat berhenti di sudut C.
Berdasarkan sketsa gambar, dengan pencapaian latihan kebugaran tersebut, maka dapat ditentukan besaran kecapatan rata – rata dan kelajuan rata – rata si anak.
Menghitung kecepatan dan kelajuan rata – rata
Kelajuan rata – rata :
Kecepatan rata – rata :
Pengikut
-
20 soal Energi dan Usaha 2, kelas VIII SMP, dibuat untuk sebagai bahan ajar. Dan dapat juga digunakan sebagai bahan untuk latihan mandiri at...
-
Pilihan Berganda Soal : 1 Tiga buah resistor identik yang disusun paralel memberikan hambatan total 1Ω. Jika resistor itu disusun...
-
Pilihan Berganda Soal : 1 Kumpulan zat yang tergolong isolator adalah …. a. Plastik, Kaca, Perak c. Kaca, Kayu, Karet b. ...