SERI 2 GLB DAN GLBB untuk kelas VII SMP

Soal : 1
Rifki mengendarai sepeda motor dengan kecepatan 25 m/s dan 
diperlambat dengan perlambatan 2,5 m/s2

1







Bila waktu yang diperlukan Rifki adalah 10 s, maka jarak yang 
ditempuh oleh Rifki adalah ............ m.
a. 400                

b. 500              

c. 750              

d. 900


Soal : 2.  

Seorang pengemudi mobil sedan segera menginjak pedal gas 

ketika lampu lalu lintas menyala hijau sehingga mobil 

memperoleh percepatan 2,5 m/s2


2








Bila lama waktu yang diperlukan untuk melewati persimpangan 

tersebut adalah  dua akar lima sekon, maka lebar persimpangan 

jalan tersebut adalah ..........   

a. 15 m        

b. 20 m

c. 25 m

d. 30 m


Soal : 3.  

Seorang pekerja rel kereta api berdiri di samping ujung   depan   

suatu   rangkaian  kereta  api yang panjangnya 120 m. 


3







Kemudian kereta api mulai bergerak dari diam dengan percepatan 

1,2 m/s2. Maka kecepatan ujung belakang kereta api saat 

melewati pekerja rel adalah ....... m/s.

a. enam

b. delapan akar dua 

c. sepuluh           

d. dua belas akar dua


Soal : 4.  

Sebuah kapal terbang mendarat dengan kecepatan  360 

km/jam. Setelah kapal terbang menyentuh tanah dan pilot mulai 

mengerem, kapal terbang itu mendapat perlambatan 8 m/s2


4







Berapakah jarak tempuh kapal terbang pada landasan sampai 

berhenti ?

a. 300 m     

b. 450 m     

c. 575 m      

d. 625 m


Soal : 5.  

Sebuah mobil bergerak GLBB dengan kecepatan awal 8 m/s. 

Setelah 40 s, mobil tersebut menempuh jarak sejauh 640 m, 

kecepatan akhir mobil tersebut adalah .......


5





a. 20 m/s      

b. 16 m/s    

c. 24 m/s    

d. 10 m/s


Soal : 6.  

Sebuah pesawat jet mendarat di landasan dengan kecepatan     

100 m/s, dan dapat diperlambat dengan perlambatan maksimum  

5 m/s2. Waktu minimum yang diperlukan untuk menghentikan 

pesawat jet yang sedang mendarat adalah .......


6





a. 20 s            

b. 10 s          

c. 15 s       

d. 30 s


Soal : 7.  

Seorang pembalap mengendarai sepeda motor di lintasan balap 

dengan kecepatan 10 m/s dan dipercepat 3 m/s2 selama 10 

sekon. 


7

Kecepatan sepeda motor itu sekarang sebesar ......

a. 40 m/s              

b. 50 m/s    

c. 60 m/s  

d. 70 m/s




Soal : 8.  

Seorang anak kecil berdiri pada peron stasiun sambil 

memperhatikan sebuah kereta api. Kereta api tersebut sedang 

melaju 30 m/s memerlukan waktu 3 sekon untuk melewati 

anak tersebut. Panjang kereta api adalah .......

a. 10 m                 

b. 30 m                   

c. 90 m             

d. 300 m


Soal : 9.  

Mobil berangkat dari A ke B pukul 05.00 WIB dengan kecepatan 

50 km/jam. Jarak dari A ke B 150 km. Sampai di kota B pukul

 ........ WIB.

a. 10.00        

b. 08.00       

c. 07.30      

d. 07.00


Soal : 10 

Ucok berangkat ke sekolah pukul 06:32. Jarak rumah Ucok 

dengan sekolah 4,8 km. Jika Ucok naik sepeda dengan kelajuan 

8 m/s, Ucok akan tiba di sekolah pukul ........

a. 06:42                

b. 07:20               

c. 07:30              

d. 08:00



















STATISTIKA 6 SOAL - SOAL LATIHAN STATISTIKA



Selamat datang di blog saya, 
pada kesempatan kali ini saya akan berbagi soal tentang statistika yang dikutip dari buku Matematika kelas X SMA/MA. Pernah saya ajarkan kepada murid private saya dari SMA Global Medan. Semoga pengalaman berbagi ini memberikan manfaat buat kita semua, terima kasih. 






Pilihan Berganda

Soal : 1

Nilai desil kelima (D5) pada data berikut 7,0 ; 7,2 ; 6,9 ; 6,7 ; 5,4 ; 6,0 ; 4,9 ; 7,5 ; 5,9 ; 6,3 ; adalah …

A.  5,5                   D. 6,7

B.  6,3                   E. 7

C.  6,5

 


Soal : 2

Perhatikan tabel berikut

 

Ukuran

Frekuensi

121 – 125

5

126 – 130

11

131 – 135

22

136 – 140

34

141 – 145

25

146 – 150

17

151 – 155

6

 

Nilai desil kedua dan kedelapan dari data tersebut secara berturut – turut adalah …

A.  131,32 dan 144,8

B.  132,32 dan 145,3

C.  133,42 dan 143,4

D. 134,15 dan 143,2

E.  134,42 dan 144,6

 

Soal : 3

Persentil ke – 45 (P45 ) dari data : 10, 13, 11, 12, 14, 9, 7, 8, 10, 13, 10, 12, 15, 11, 18 adalah …

A.  10                   

B.  11                   

C.  12

D. 13

E.  14

 

 

Soal : 4

Perhatikan tabel berikut.

 

Nilai

Frekuensi

30 – 39

8

40 – 49

10

50 – 59

28

60 – 69

32

70 – 79

15

80 – 89

7

 

Nilai desil ke – 3 dari daftar distribusi frkuensi tersebut adalah …

A.  50,50                 

B.  51,75               

C.  53,78

D. 54,28

E.  57,20

 


Soal : 5

Perhatikan tabel berikut

 

Data

Frekuensi

10 – 14

4

15 – 19

6

20 – 24

5

25 – 29

7

30 – 34

3

35 – 39

5

 

Persentil ke – 30 (P30 ) dari data tersebut adalah …

A.  14,50               

B.  16,45               

C.  17,83

D. 18,24

E.  18,67

 

Jawablah dengan jelas dan benar

 

Soal : 1

Perhatikan tabel di bawah ini.

 

Nilai

Frekuensi

1 – 10

12

11 – 20

15

21 – 30

20

31 – 40

24

41 – 50

30

51 – 60

27

61 – 70

25

71 – 80

18

81 – 90

16

91 – 100

13

 

Tentukan D1, D4, D7, dan D8 dari data yang dinyatakan dalam distribusi frekuensi tersebut.

 

Soal : 2

Tentukan D1, D5, D8, dan D9 dari data yang dinyatakan dalam histogram berikut. 




Soal : 3

Tentukan D1, D3, D6 dan D9 dari data yang dinyatakan dalam poligon frekuensi berikut ini.

 


 

Soal : 4

Tentukan P20, P55, P75, dan P90 dari data yang dinyatakan dalam distribusi frekuensi berikut ini.

 

Nilai

Frekuensi

21 – 26

7

27 – 32

10

33 – 38

15

39 – 44

20

45 – 50

16

51 – 56

14

57 – 62

10

63 – 68

8

 

Soal : 5

Nilai ujian kimia 120 siswa diperlihatkan seperti kurva ogive berikut.


Dari ogive di atas diperoleh keterangan bahwa :

(i)     Agar 50% siswa dinyatakan lulus, maka nilai kelulusan adalah 60.

(ii)    Nilai kuartil ketiga adalah 68

(iii)  Jika prestasi cemerlang diberikan kepada siswa yang memperoleh nilai 80 ke atas, banyak siswa yang lulus cemerlang adalah 8 orang.

(iv)  Jangkauan antarkuartil adalah 17

Dari keempat pernyataan di atas, pernyataan yang benar adalah …

A.   (i), (ii), (iii)

B.   (i) dan (iii)

C.   (ii) dan (iv)

D.  Hanya (iv)

E.   (i), (ii), (iii), dan (iv)