RINGKASAN PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT


A.  Teori singkat

 

Bentuk Umum BU Persamaan Kuadrat : ax2 + bx + c = 0

 

Metode menentukan nilai akar – akar fungsi, x1 dan x2 :

·        Penguraian

(x1 + a)(x2 + b) = 0

·        Kuadrat sempurna

·        Rumus ABC

 


 

Agar akar – akar ax2 + bx + c = 0

·        Akar – akarnya real, D ≥ 0

a)  Real berbeda D > 0

b) Real sama (kembar) D = 0

·        Imajiner (khayal), D < 0

·        Rasional D = k2, k rasional

 

Tambahan,





















Fungsi kuadrat

Bentuk Umum BU : y = ax2 + bx + c

 

ó y = ax2 + bx + c

ó y = a(x – x1)(x – x2)

ó y = a(x – xE)2 + yE

 

Koordinat titik ekstrim (xE , yE)

























B.   Soal – soal
 

1.       Jumlah kebalikan akar – akar persamaan 3x2 – 9x + 4 = 0 adalah …

A.  – 4/9                  D. 9/4

B.  – ¾                    E. ¾

C.  – 9/4

 

2.       Untuk produk suatu merek sabun, hukum penawarannya berbunyi bahwa harga (p) berbanding langsung dengan kuadrat besar permintaan (n). Untuk n = 3 ternyata p = 3, grafik fungsi penawaran di atas adalah….   


3.       Jika suatu proyek akan diselesaikan dalam x hari, maka biaya

   proyek per hari (3x + 1200/x – 60) ribu rupiah. Biaya proyek minimum adalah …

A.  1.200 ribu rupiah         D. 750 ribu rupiah

B.     900 ribu rupiah        E. 720 ribu rupiah

C.     800 ribu rupiah

 

4.       Diketahui 2x2 + x + p = 0. Jika x1.x2 dan ½ (x1.x2) merupakan

      suku pertama, kedua dan ketiga suatu deret geometri, maka 

      p = …

A.  ½                              D. 1 atau – 1

B.  1                               E. ½ atau – 1

C.  – 1

 

5.       Jika salah satu akar persamaan ax2 + 5x – 12 = 0 adalah 2, maka :

A.  Nilai a = ½ ; akar yang lain 12

B.  Nilai a = ¼ ; akar yang lain 14

C.  Nilai a = 1/3 ; akar yang lain – 12

D. Nilai a = 2/3 ; akar yang lain 10

E.  Nilai a = ½ ; akar yang lain – 12

 

6.       Jika parabola f(x) = x2 – bx + 7 puncaknya mempunyai absis 

     4 maka ordinatnya …

A.  – 9                            D. 8

B.  – 8                            E. 9

C.  0

 

7.       Titik potong garis y = x + 3 dengan parabola y = ½ x2 – x + ½

     ialah …

A.  P(5,8) dan Q(– 1,2)     D. P(– 5,– 2) dan Q(– 1,– 2)

B.  P(1,4) dan Q(– 1,2)     E. P(5,8) dan Q(– 1,4)

C.  P(2½, 4) dan Q(– 1/2, – 1) 

 

8.       Jika x1 dan x2 akar – akar persamaan ax2 + bx + c = 0, maka

     persamaan kuadrat yang akar – akarnya x12 dan x22 adalah …

A.  a2x2 + b2x + c2 = 0      

B.  a2x2 – (b2 – 2ac)x + c2 = 0

C.  a2x2 + (b2 + 2ac)x + c2 = 0

D. a2x2 – (b2 + 2ac)x + c2 = 0

E.  a2x2 + (b2 – 2ac)x + c2 = 0

 

9.       Posisi sebuah titik yang terletak di sumbu x pada setiap waktu t ≥ 0 dinyatakan oleh fungsi x(t) = t2 + 11t + 10. Posisi titik tersebut akan …

A.  Berimpit dengan titik asal 0 tepat satu kali

B.  Berimpit dengan titik asal 0 dua kali

C.  Berimpit dengan titik asal 0 tiga kali

D. Tidak pernah berimpit dengan titik asal 0

E.  Berimpit dengan titik asal 0 hanya pada awalnya

 

10.   Jika x1 dan x2 adalah akar – akar persamaan x2 – 2x – 1 = 0, maka persamaan kuadrat dengan akar – akar x12 + x12 dan x1 + x2 adalah …

A.  x2 – 4x + 4 = 0           D. x2 + 40x – 204 = 0

B.  x2 – 4x – 4 = 0           E. x2 – 8x + 12 = 0

C.  x2 – 40x + 204 = 0

 

11.   Jika a, b, dan c bilangan real positip sembarang, maka grafik

     fungsi f(x) = - ax2 – bx + c adalah …

    



12.   Agar ungkapan (t + 1)x2 – 2tx + (t – 4) bernilai negatip untuk semua x, maka nilai t sama dengan …

A.  t > – 1/3                   D. 1 < t < 4/3

B.  t < – 4/3                   E. – 4/3 < t < – 1  

C.  t > – 1

 

13.   Pada bujursangkar ABCD diketahui AB = a, E pada AB antara A dan B, F pada BC antara B dan C, dan EB = FC. Luas segitiga DEF yang dapat dibuat dengan pernyataan ini, paling kecil sama dengan …

     



14.   Grafik fungsi y = (m – 3)x2 + 2mx + (m + 2) menyinggung
      sumbu X di titik P dan memotong sumbu Y di titik Q. 
      Panjang PQ sama dengan …
      





 

15.   Bila x = sin t , maka f(x) = x2 – 4x + 3 akan mencapai nilai terkecil pada x sama dengan …  

A.  – ϖ/2                  D. 2

B.  – 1                     E. ϖ/2

C.  + 1 

 

16.   Jika akar – akar persamaan kuadrat x2 + 4x + (a – 4) = 0 bilangan rasional dan a bilangan cacah, maka nilai a sama dengan …

A.  1, 3, atau 8         D. 4, 7, atau 8

B.  3, 4, atau 5         E. 6, 7, atau 9

C.  4, 6, atau 8

 

17.   Grafik fungsi y = ax – ax2, a > 0

(1)   Terbuka ke atas

(2)   Memotong sumbu x di titik (a,0)

(3)   Mempunyai sumbu simetris garis x = ½

(4)   Melalui titik (– a, a2)

Pernyataan yang benar …

A.  (1), (2), (3), dan (4)          D.  (1) dan (2)

B.  (1), (2) dan (3)                 E. hanya (4)

C.  (1) dan (3)

 

18.   Jika x1 dan x2 adalah akar – akar persamaan x2 – (p + 3)x + (2p + 2) = 0. Jika p merupakan bilangan asli, x1 = 3x2 maka bilangan p sama dengan …

A.  12                      D. 5

B.  8                        E. 4

C.  6

 

19.   Persamaan kuadrat ax2 – 2(a – 1)x + a = 0 mempunyai dua akar real yang berbeda apabila …

A.  a ≠ 1                  D. a < 1

B.  a > ½                 E. a  ½

C.  a ≥ ½

 

20.   Diketahui persamaan kuadrat

Persamaan kuadrat (1) : x2 + 3x + 2 = 0

Persamaan kuadrat (2) : x2 + ax + b = 0

Jika jumlah kedua akar persamaan (2) sama dengan dua kali jumlah kedua akar persamaan (1), sedangkan hasil kali kuadrat kedua akar persamaan (1) sama dengan tiga kali hasil kali kedua akar persamaan (2), maka persamaan (2) adalah …

A.  x2 + 6x + 4 = 0          D. 3x2 + 18x + 2 = 0

B.  2x2 + 3x + 4 = 0        E. 3x2 + 18x + 4 = 0

C.  2x2 + 3x + 2 = 0

 

21.   Seekor semut merayap pada bidang XOY sedemikian hingga pada saat t ia berada di titik (x,y) dengan x = ½ (t + 1) dan y = t2 + 2. Lintasan semut itu adalah busur parabola yang puncaknya akan dicapai pada saat t sama dengan …

A.  0                 D. 3

B.  1                 E. 4

C.  2

 

22.   Jika dari fungsi f(x) = ax2 + bx + c diketahui f(0) = – 6, f(1) = 5 dan f(2) = 28, maka f(x) = 0 untuk x sama dengan …

A.  – 1/3 atau 3               D. – 2/3 atau 3/2

B.  1/3 atau – 3               E. 2/3 atau – 3/2

C.  ½ atau – 2

 

23.   Supaya persamaan x2 + ax + a = 0 mempunyai dua akar berlainan maka a harus memenuhi …

A.  a 0 atau a ≥ 4         D. 0 < a < 4

B.  0 a 4                   E. 0 < a < 1

C.  a < 0 atau a > 4

 

24.   Bila akar – akar persamaan kuadrat x2 – 2ax + a + 2 = 0 tidak sama tandanya, maka x :

A.  a < - 1 atau a > 2       D. – 2 < a < – 1

B.  – 1 < a < 2                E. a < – 2

C.  – 2 < a < 2  

 

25.   Bila akar – akar persamaan 3x2 + 8x + 4 = 0 adalah p dan q, maka persamaan kuadrat yang mempunyai p2 dan q2 adalah …

A.  9x2 + 64x + 16 = 0     D. 9x2 + 40x + 16 = 0

B.  9x2 – 64x + 16 = 0     E. 9x2 – 40x + 16 = 0

C.  3x2 + 40x + 4 = 0        

 

 

 

LATIHAN : 15 SOAL SUDUT

Selamat datang diblog saya,

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman mengajar Matematika di kelas VII. Semoga pengalaman berbagi ini memberikan manfaat buat kita semua.

 

Nama Sekolah     : ……………………………………………….
Mata Pelajaran    : ……………………………………………….
Tahun Pelajaran   : ……………………………………………….
Semester              : ……………………………………………….
Kelas                   : ……………………………………………….
Hari/tanggal         : ……………………………………………….
Waktu                  : ……………………………………………….

 

 

Contoh :1
Perhatikan gambar berikut,

gambar contoh soal nomor 1

Besar POR = 780 dan SOQ = 420. Besar QOR adalah …
A.   200                          
B. 300.
C.   280                          
D. 320.

Pembahasan :

Total sudut POS = 900,
ó POS = POR + SOQ + QOR
ó    900 = 780 + 420 + QOR
ó    900 = 1200 + QOR
ó QOR = 1200 – 900
ó QOR = 300.

Kunci : C

Contoh : 2
Diketahui A : B = 2 : 3. Jika A dan B merupakan dua sudut yang saling berkomplemen. Pelurus A = …
A.   360                          C. 1260.
B.   540                          D. 1440.

 

Pembahasan :

Misalkan faktor pengali kedua perbandingan sudut = y. Dan sudut berkomplemen sama dengan 900.
ó A + B = 900
ó 2y + 3y = 900
ó         5y = 900
ó          y = 180.

Maka A = 2y = 2(180) = 360 dan pelurus A :
ó 1800 = pelurus A + A
ó 1800 = pelurus A + 360
ó pelurus A = 1800 – 360
ó pelurus A = 1440.

Contoh : 3
Pada gambar di bawah ini,

gambar contoh soal nomor 3

Nilai x – y adalah …
A.   120                          C. 180.
B.   140                          D. 220.

 

Pembahasan :

 

Tinjau ADC
ó 3x + 2x = 900
ó         5x = 900
ó          x = 180.

Tinjau BDC
ó 7y + 620 = 900
ó          7y = 900 – 620.
ó          7y = 180.
ó            y = 2(4/7)0.

NB : no option  


Contoh : 4
Diketahui P = (2x + 15)0 dan Q = (x + 18)0. Jika P dan Q saling bersuplemen, maka besar P = …
A.   1130                        C. 980.
B.   1030                        D. 760.

Pembahasan :
ó 1800 = P +  Q
ó 1800 = (2x + 15)0 + (x + 18)0
ó 1800 = 3x + 330
ó    3x = 1800 – 330.
ó    3x = 1470.
ó      x = 490.

 

Maka P :
ó P = (2x + 15)0
ó P = (2(490) + 15)0
ó P = 980 + 150
ó P = 1130.

 

Kunci : A  


 
Pilihan Berganda

Soal : 1
Besar (3p + 1)/5 sudut putaran penuh = 2250 maka nilai p = …
A.   2                             C. 4/3
B.   3/2                          D. 5/8

Soal : 2
Jenis sudut yang besarnya 1800 adalah …
A.   Tumpul                    C. Siku – siku
B.   Refleks                    D. Lurus

Soal : 3
Jenis sudut yang dijalani jarum panjang jam yang bergerak dari angka 2 sampai dengan angka 5 adalah sudut …
A.   Siku – siku               C. Tumpul
B.   Lancip                      D. Lurus

Soal : 4
Sudut terkecil yang dibentuk kedua jarum jam pada pukul 11.10 merupakan jenis sudut …
A.   Lancip                     C. Tumpul
B.   Siku – siku               D. Lurus

Soal : 5
19/81 sudut putaran penuh membentuk sudut …
A.   Siku – siku               C. Lancip
B.   Tumpul                    D. Refleks

Soal : 6
Penyiku sudut 350 adalah …
A.   350                          C. 550
B.   450                          D. 1250

Soal : 7
Besar sudut terkecil yang dibentuk kedua jarum jam pada pukul 19.00 wib adalah …
A.   900                          C. 1200
B.   1000                        D. 1500

Soal : 8
Banyak sudut siku – siku yang dibentuk jarum panjang jam yang bergerak dari pukul 11.23 sampai dengan 12.53 adalah …
A.   7                             C. 5
B.   6                             D. 3

Soal : 9
Pelurus sudut 600 adalah …
A.   1500                        C. 600.
B.   1200                        D. 300.

Soal : 10
Sudut A dan sudut B saling berkomplemen dengan perbandingan 7 : 8. Besar B adalah …
A.   960                          C. 480.
B.   840                          D. 420.

Soal : 11
Jika besar suatu sudut sama dengan 5 kali pelurusnya, besar sudut itu adalah …
A.   1500                        C. 360.
B.   500                          D. 300.

Soal : 12
Perhatikan gambar berikut.

gambar soal nomor 12

Berdasarkan gambar di atas, nilai y adalah …
A.   Sembilan derajat       C. Lima belas derajat
B.   Sepuluh derajat         D. Tiga puluh derajat

Soal : 13
Perhatikan gambar berikut ini,


Pada gambar di atas, besar BOC adalah …
A.   17,50                       C. 350.
B.   250                          D. 400.

Soal : 14
Diketahui A = (x + 18)0 dan B = (x – 10)0 merupakan dua sudut yang saling berpenyiku. Besar A adalah …
A.   Lima puluh sembilan derajat
B.   Lima puluh tiga derajat
C.   Empat puluh sembilan derajat
D.  Empat puluh satu derajat

Soal : 15
Besar suatu sudut sama dengan 2(1/3) kali penyikunya. Pelurus sudut itu adalah …
A.   270                          C. 630.
B.   540                          D. 1170.


Nama Siswa

:

………………………………..

No. urut

:

………………………………..

Kelas

:

………………………………..

 

Nilai