Latihan Fisika 1 Usaha dan Pesawat Sederhana

Tahun Pelajaran  : 2025/2026
Mata Pelajaran    : IPA – Fisika
Kelas                 : VIII SMP/MTs
Materi                : 1. Usaha
                           2. Pesawat Sederhana

 

Pilihan Berganda
 
Soal : 1
Perhatikan kegiatan – kegiatan berikut.
(1)   Seorang pengawas bangunan mendorong tembok.
(2)   Seorang sopir mendorong mobil sampai kelelahan, 
      tetapi mobil tetap diam.
(3)   Seorang peserta didik menjentik kelereng dengan jari, 
      akibatnya kelereng bergerak.
(4)   Seorang pedagang berkeliling menjual dagangannya 
      sambil mendorong gerobak.
Kegiatan yang menunjukkan adanya usaha adalah nomor …
a.  (1) dan (2)
b.  (1) dan (4)
c.   (2) dan (3)
d.  (3) dan (4)

 

Soal : 2
Dalam kehidupan sehari – hari, kita melakukan usaha dalam berbagai macam kegiatan yang menunjukkan nilai usaha tertinggi adalah …
a. Mendorong mobil yang massanya 900 kg dengan susah payah,
    tetapi mobil tidak bergerak.
b. Memegang tiang bendera yang massanya 10 kg supaya tidak jatuh
    selama satu jam.
c. Mengayuh sepeda dengan massa 20 kg sejauh 1 km.
d. Berdiri sembari tangan menahan beban sebesar 5,2 kg di atas
    kepala.

Soal : 3

Seorang tukang memindahkan satu sak semen yang massanya 50 kg dari lantai dasar ke lantai dua yang tingginya 3,5 meter dari lantai dasar sebuah proyek pembangunan rumah. Besar usaha yang dilakukan oleh tukang tersebut adalah … (tetapan gravitasi bumi g = 10 m/s2)

a.  35 Joule

b.  174 Joule

c.   500 joule

d.  1 750 Joule

 

Soal : 4

Beberapa orang mendorong gerobak yang memiliki massa 50 kg dalam kondisi diam hingga kemudian bergerak dengan kecepatan 5 m/s. Besar usaha yang dialami gerobak tersebut adalah …

a.  10 J

b.  250 J

c.   625 J

d.  1250 J

 

Soal : 5

Seseorang melakukan usaha terhadap suatu benda sehingga terjadi perubahan energi kinetik. Penjelasan yang benar berkaitan dengan perubahan tersebut adalah …

a.  Benda bergerak

b.  Timbul panas

c.   Bentuk benda berubah

d.  Keluar keringat

 

Untuk soal nomor 6 sampai 7

Sebuah mobil yang memiliki massa 900 kg semula diam, kemudian didorong sehingga bergerak dengan kecepatan 1 m/s sejauh 10 meter”.

 

Soal : 6

Besar perubahan energi kinetik yang terjadi pada mobil adalah …

a.  10 J

b.  450 J

c.   4 500 J

d.  9 000 J  

 

Soal : 7

Besar gaya yang digunakan untuk melakukan usaha untuk mendorong adalah …

a.  45 Newton

b.  90 Newton

c.   450 Newton

d.  900 Newton  

 

Soal : 8

Sebuah benda yang bermassa 50 kg diangkat ke atas meja menggunakan usaha sebesar 1.000 J (g = 10 m/s2). Akibat usaha ini, energi yang memiliki benda adalah …

a.  Energi potensial sebesar 1.000 Joule.

b.  Energi potensial sebesar 50.000 Joule.

c.   Energi kinetik sebesar 5.000 Joule.

d.  Energi kinetik sebesar 10.000 Joule.

 

Soal : 9

Pada sebuah kegiatan kerja bakti di sekolah, peserta melakukan kerja (usaha) untuk memindahkan beberapa benda. Kegiatan berikut yang melakukan usaha paling besar adalah …

a. Mengangkat buku bermassa 25 kg dari atas meja ke atas lemari 
    dengan selisih ketinggian 60 cm.
b. Menahan lemari bermassa 60 kg supaya tidak jatuh ketika
    dipindahkan sejauh 2 meter.
c. Menggeser lemari bermassa 120 kg dengan beramai – ramai tetapi
    lemari tidak berhasil dipindahkan.
d. Menempel kertas jadwal pelajaran dengan double tape di tembok
    dengan ditekan.

 

Soal : 10

Beberapa benda diletakkan di atas lantai dua suatu rumah yang tingginya 3 meter. Jika jatuh, benda – benda berikut yang memiliki kecepatan paling tinggi pada saat menyentuh tanah adalah …

a.  Bata merah dengan massa 500 gram.

b.  Kasur dengan massa 2 kg.

c.   Batu kali dengan massa 250 gram.

d.  Martil besi dengan massa 1 kg.

 

 

SOAL ULANGAN HARIAN 1 FISIKA SMP VII - B TP 2025/2026

 Ulangan Harian ke – 1
SMP WR SUPRATMAN 2 MEDAN
Tahun pelajaran  : 2025/2026
Mata Pelajaran    : IPA – FISIKA
Semester             : I(satu)
Kelas                   : VII – B SMP/MTs  
Hari/tanggal         :
Waktu                  : 1 x 40 menit
Tipe                     : A
 
Uraian
 
Soal : 1 (20 point)
Tuliskan pengertian dari besaran
 
Soal : 2 (20 point)
Perhatikan gambar di bawah ini,
GAMBAR SOAL 2
Grafik di atas merupakan grafik kecepatan
(V) – vs – waktu (t). Hitung jarak yang ditempuh.
 
Soal : 3 (20 point)
Seorang pedagang beras, menerima beras dari kota A sebanyak 200 karung. Dari kota B menerima 250 karung beras. Dan dari kota C menerima 150 karung beras. Jika tiap karung berisi 10 kg beras. Hitunglah stok beras si pedagang dalam satuan ton.
 
Soal : 4 (20 point)
Konversikan besaran berikut
a)   1 ha = … m2.
b)   1 m3 = … liter  
 
Soal : 5 (20 point)
Perhatikan gambar di bawah ini,
GAMBAR SOAL 5
Hitunglah luas segitiga ACD dalam satuan cm2.
 

Pembahasan tipe A
 
Nomor : 1
Besaran = segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dalam bentuk angka dan dilengkapi satuan.
 
Nomor : 2
GAMBAR NOMOR 2


Nomor : 3
ó Toko A : 200 karung x 10 kg/karung = 2.000 kg
ó Toko B : 250 karung x 10 kg/karung = 2.500 kg
ó Toko C : 150 karung x 10 kg/karung = 1.500 kg
ó total beras = 6.000 kg
ó total beras = 6 ton
 
Nomor : 4
Bagian a)
ó 1 ha = 104 m2.
 
Bagian b)
ó 1 m3 = 103 Liter  
 
Nomor : 5
Luas segitiga,
GAMBAR NOMOR 5

ó L = ½ . AC. BD
ó L = ½ . (6).(4)
ó L = 12 m2.
ó L = 12 x 104 cm2.
 

Ulangan Harian ke – 1
SMP WR SUPRATMAN 2 MEDAN
Tahun pelajaran  : 2025/2026
Mata Pelajaran   : IPA – FISIKA
Semester            : I(satu)
Kelas                  : VII – B SMP/MTs  
Hari/tanggal        :
Waktu                 : 1 x 40 menit
Tipe                     : B
 
Uraian

 

Soal : 1 (20 point)
Tuliskan pengertian besaran
 
Soal : 2 (20 point)
Perhatikan gambar di bawah ini,
gambar soal : 2 tipe B
Grafik di atas merupakan grafik kecepatan (V) – vs – waktu (t). Hitunglah jarak yang sudah ditempuh.

Soal : 3 (20 point)
Sebuah panglong menyimpan seng, dari toko A 40 kodi, toko B 60 kodi, dan toko C 11 kodi. Jika 1 kodi  seng berisi 20 lembar seng. Maka jumlah seng yang tersimpan di dalam gudang panglong … (dalam satuan lembar).
 
Soal : 4 (20 point)
a)   1 ton = … kwintal
b)   1 cc = …. mL 

Soal : 5 (20 point)
Perhatikanlah gambar di bawah ini,
gambar soal : 5 tipe B
Hitung luas bidang tidak teratur di atas dalam satuan cm2.


Pembahasan tipe B
 
Nomor : 1
Besaran = segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dalam bentuk angka dan dilengkapi satuan.
 
Nomor : 2
gambar nomor 2 penyelesaian tip B

ó s = 10 x 10
ó s = 100 m

Nomor : 3
ó Toko A : 40 kodi x 20 lembar/kodi = 800 lembar
ó Toko B : 60 kodi x 20 lembar/kodi = 1200 lembar
ó Toko C : 11 kodi x 20 lembar/kodi = 220 lembar
ó Total lembaran seng                      = 2.220 lembar

Nomor : 4
Bagian a)
ó 1 ton = 100 kwintal

Bagian b)
ó 1 cc = 1 mL

Nomor : 5

gambar Nomor 5 tipe B


Jumlah kotak A = 11 kotak
Jumlah kotak B = 2 kotak

ó L1 = 11 kotak x 1 cm2/kotak = 11 cm2.
ó L2 = 2 kotak x (1/2) x 1 cm2/kotak = 1 cm2.
ó Luas total daerah = L1 + L2
ó Luas total daerah = 11 + 1
ó Luas total daerah = 12 cm2.


Fungsi Linier dan Fungsi Kuadrat

 Bahan ajar untuk kelas XI - 2 AB 

Nama Sekolah   :  
Tahun Pelajaran : Matematika (wajib)
Semester          : I (Satu)
Kelas                : XI - 2 AB
Materi               : Fungsi Linier dan Fungsi Kuadrat 
Hari/tanggal      : 
Waktu               : 

FUNGSI LINIER
 
BU : f(x) = ax + b
 
Jika a bernilai positip (a > 0) maka bentuk Grafik Fungsi Linier.
gambar 1
Jika a bernilai negatip (a < 0) maka bentuk Grafik Fungsi Linier.
gambar 2

Contoh : 1
Diketahui fungsi linier f : x à f(x) = ax + b dengan nilai f(0) = 4 dan f(3) = 10. Hitunglah :
a)   Nilai a dan b
b)   Tuliskan bentuk fungsinya
c)   Titik potong
d)   Gambarkan grafiknya
 
Pembahasan :
 
Bagian a)

BU : f(x) = ax + b

ó f(0) = a(0) + b
ó   4  = b

ó f(3) = a(3) + b
ó   10 = 3a + 4
ó 10 – 4 = 3a
ó        6 = 3a
ó         a = 2

Nilai a = 2 dan b = 4

Bagian b)
maka bentuk fungsi liniernya dapat kita buat menjadi : f(x) = 2x + 4

bagian c)
titik potong pada sumbu x, maka nilai y = 0.
ó   f(x) = 2x + 4
ó       y = 2x + 4
ó      0 = 2x + 4
ó 0 – 4 = 2x
ó    – 4 = 2x
ó      x = – 2

Maka titik potong pada sumbu x adalah (– 2,0)


Titik potong pada sumbu y, maka nilai x = 0.
ó f(x) = 2x + 4
ó     y = 2(0) + 4
ó     y = 4

Maka titik potong pada sumbu y adalah (0, 4).

Bagian d)
Gambar grafik, 

gambar 3


Contoh : 2
Tentukanlah gradien dari garis 2x + 2y – 6 = 0 serta tunjukkan grafiknya.
 
Pembahasan :

ó 2x + 2y – 6 = 0
ó 2y = – 2x + 6
ó  y = – x + 3
 
Maka gradien garis m = – 1    
 
Grafiknya,

Titik potong pada sumbu x, maka y = 0.
ó    2x + 2y – 6 = 0
ó 2x + 2(0) – 6 = 0
ó     2x + 0 – 6 = 0
ó                 2x = 6
ó                   x = 3

Titik potong pada sumbu x adalah (3,0)
 
Titik potong pada sumbu y, maka x = 0.
ó    2x + 2y – 6 = 0
ó 2(0) + 2y – 6 = 0
ó           0 + 2y = 6
ó                   y = 3

Titik potong pada sumbu y adalah (0,3)

gambar 4


FUNGSI KUADRAT

BU : f(x) = ax2 + bx + c

Fungsi f pada himpunan R yang ditentukan oleh f(x) = ax2 + bx + c dengan a, b, c R dan a 0, dinamakan fungsi kuadrat dan grafiknya berbentuk parabola.

gambar 5

Kesimpulannya :

gambar 6


Contoh : 1
Fungsi f ditentukan oleh f(x) = x2 + 2x – 3. Perhatikan gambar di bawah ini.

gambar 7


Tentukanlah :
a)   Domain fungsi f

b)   Nilai minimum fungsi f

c)   Nilai maksimum fungsi f

d)   Range fungsi f

e)   Pembuat nol fungsi f

f)    Koordinat titik balik minimum

 

Pembahasan

 

Bagian a)

Domain dari fungsi f adalah {x|– 4 x 2, x R}

 

Bagian b)

Nilai minimum fungsi f adalah – 4

 

Bagian c)

Nilai maksimum fungsi f adalah 5

 

Bagian d)

Range fungsi f adalah {y|– 4 y 5, y R}

 

Bagian e)

Pembuat nol fungsi f adalah – 3 dan 1.  

 

Bagian f)

Koordinat titik balik minimum grafik fungsi f adalah (– 1, – 4)