SPLDV Kelas VIII SMP/MTs

MATEMATIKA SMP
SMP                    : WR Supratman 2 Medan 
Kelas                  : VIII SMP/MTs
Semester            : I (Satu)
Hari/tanggal        :
Waktu                 :
 
Menyelesaikan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel
Misalkan kamu membeli 3 pensil dan 2 buku seharga Rp 9.500,00. 
Temanmu membeli 2 pensil dan 5 buku seharga Rp 15.000,00.
 
Untuk mengetahui harga setiap pensil dan buku. Permasalahan ini dapat
diselesaikan dengan sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV).

    1. Metode Sunstitusi
Penyelesaian SPLDV menggunakan metode substitusi dilakukan dengan 
cara menyatakan salah satu variabel ke dalam variabel lainnya pada 
salah satu persamaan. Kemudian mensubstitusikannya ke persamaan
lain.  
 
Contoh
Tentukan penyelesaian SPLDV berikut dengan menggunakan metode 
substitusi, 3x – y = 10 dan x – 2y = 0.
 
Penyelesaian

 

ó 3x – y = 10 … (1)
ó x – 2y = 0   … (2)
 
Persamaan (2) kita rubah sedikit.
ó x – 2y = 0
ó        x = 2y
 
ó     3x – y = 10
ó 3(2y) – y = 10
ó     6y – y = 10
ó           5y = 10
ó             y = 2

 

Maka nilai x dapat diperoleh dengan memasukkan nilai y ke salah satu
persamaan.
 
ó x – 2y = 0
ó x – 2(2) = 0
ó x – 4 = 0
ó x = 4

2. Metode Eliminasi (Penghilangan)
Penyelesaian SPLDV dengan metode eliminasi dilakukan dengan cara
menghilangkan salah satu variabelnya.
 
Contoh
Tentukan penyelesaian SPLDV berikut dengan menggunakan metode 
eliminasi 3x – y = 10 dan x – 2y = 0.
 
Penyelesaian
 
Langkah pertama,
Buat bentuk eliminasi kedua persamaan soal.

gambar 1

Langkah kedua,

gambar 2

Langkah ketiga,
Selanjutnya substitusikan perolehan y ke salah satu persamaan 
yang diberikan soal.

 

ó 3x – y = 10
ó 3x – 2 = 10
ó 3x = 10 + 2
ó 3x = 12
ó   x = 4

 

Maka nilai x = 4 dan y = 2

3. Metode Grafik
Caranya dengan menggambarkan grafik kedua persamaan pada satu 
bidang cartesius. Koordinat titik potong kedua grafik merupakan 
penyelesaian dari sistem persamaan tersebut.
 
Contoh
Tentukan penyelesaian SPLDV berikut 3x – y = 10 dan x – 2y = 0,
menggunakan metode grafik.
 
Penyelesaian
 
Persamaan SPLDV 3x – y = 10
ó x = 0 maka y = – 10
ó y = 0 maka x = 3,33
 
Persamaan SPLDV x – 2y = 0
ó x = 0 maka y = 0
ó y = 0 maka x = 0

 

Grafik cartesius,

gambar grafik 1

Titik potong kedua grafik (2,4) dan titik tersebut merupakan 
penyelesaiannya.
 
Contoh dan Pembahasannya

Berikut ini ada beberapa contoh soal yang diselesaikan dengan metode 
yang berbeda.
 
Conso : 1
Tentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan 2x + 3y = 12 dan 
4x – 7y = – 2.
 
Penyelesaian
 
Langkah pertama,

gambar 1

Langkah kedua,

gambar 2

Langkah ketiga,
Nilai y yang baru diperoleh setelah melakukan eliminasi. Selanjutnya kita
substitusikan ke salah satu persamaan yang ada pada soal.
 
ó 2x + 3y = 12
ó 2x + 3(2) = 12
ó 2x = 12 – 6
ó x = 3
 
Maka himpunan penyelesaiannya HP = {3,2}
 
Conso : 2
Tentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan 2x + 3y = – 5 dan 
½ x – 1/3y = 2.
 
Penyelesaian
 
Langkah pertama,
Kita merubah bentuk persamaan ½ x – 1/3 y = 2, dari bentuk bilangan 
pecahan menjadi bentuk bilangan bulat.

gambar 5

Langkah kedua,

gambar 6

Langkah ketiga,

gambar 7

Langkah keempat,
Nilai y yang baru kita peroleh, kita substitusikan ke salah satu persamaan 
soal.
 
ó 2x + 3y = – 5 
ó 2x + 3(- 3) = – 5
ó 2x – 9 = – 5
ó 2x = – 5 + 9
ó 2x = 4
ó  x = 2
 
Himpunan penyelesaian HP = {2, – 3}

Latihan Mandiri
 
Soal : 1
Himpunan penyelesaian sistem persamaan 5x – 3y + 4 = 0 dan 
3x – 2y + 3 = 0 adalah …
a.    (1, 3)
b.    (– 1, 3)
c.     (1, – 3)
d.    (– 1, – 3)

Soal : 2
Titik potong kedua garis 2x + 4y = 8 dan 5x + 2y = – 4 adalah …
a.    (– 2, – 3)
b.    ( 2, – 3)
c.     (2, 3)
d.    (– 2, 3)

Soal : 3
Nilai x dari sistem persamaan 3x = – y – 10 dan 2x + 3y + 18 = 0 adalah
 …
a.    – 7
b.    – 2
c.     2
d.    7

Soal : 4
Garis 6x – y = 2 memotong garis 3x = 2y – 5 di x = 1. 
Ordinat titik potong kedua garis adalah …
a.    – 4
b.    – 1
c.     1
d.    4

Soal : 5
Nilai 5x – 2y yang memenuhi sistem persamaan 3x + 5y = – 1 dan 
5x – 6y = –16 adalah …
a.    1
b.    – 1
c.     12
d.    – 12

Soal : 6
Jika himpunan penyelesaian sistem persamaan b – 3a = 3 dan a + b = 7 
adalah {1,6}, penyelesaian dari 5b – 15a = 15 dan 13a + 13b = 91 
adalah …
a.    {(1,6)}
b.    {(– 2,– 3)}
c.     {(4,0)}
d.    {(8,0)}

Soal : 7
Jika himpunan penyelesaian dari ax + by = c1, dan ax – by = c2 adalah 
{(2a,b)}.Maka himpunan penyelesaian dari max + mby = mc1 dan 
nax – nby = nc2 adalah
a.    {(2a, nb)}
b.    {(2a, b)}
c.     {(2ma, nb)}
d.    {(2na, mb)}

Soal : 8
Diketahui himpunan penyelesaian sistem persamaan y – 3x = 3 dan 
x – 2y = 4 adalah {(– 2,3)}. Himpunan penyelesaian sistem persamaan 
y – 3x = 27 dan x – 2y = 36 adalah …
a.    {(6,1)}
b.    {(– 2, 3)}
c.     {(– 18, 27)}
d.    {(– 12,18)}

Soal : 9
Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan na + mb = k1 dan 
na – mb = k2 adalah {(2n, 3m)}. Jika k1’ = rk1 dan k2’ = rk2
Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan na + mb = k1’ dan 
na – mb = k2’ adalah …
a.    {(2n, 3mr)}
b.    {(2nr, 3m)}
c.     {(2r, 3r)}
d.    {(2nr, 3mr)}

Soal : 10
Tentukan nilai e + f dari sistem persamaan 3e + 2f = 17 dan 
e/3 + f/2 = – 1.
a.    – 1
b.    3
c.     4
d.    7

gambar 8

 

RANGKAIAN LISTRIK - 6

ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Tahun Pelajaran 2025/2026
Semester I(satu)
Kelas IX SMP/MTs
 
 
Soal : 1
Perhatikan gambar di bawah ini,
gambar soal 1
hitunglah equivalen :
a)   RAD
b)   RAC
c)   RAB
d)   RBD
 
Soal : 2
Perhatikanlah gambar berikut,

gambar soal 2

Tentukanlah hambatan total antara titik
a)   RAB
b)   RAC
c)   RAD
d)   RBC
 
Soal : 3

gambar soal 3

Hitung hambatan pengganti antara titik A dan B.
 
Soal : 4
Jika R1 = R2 = R4 = 10 ohm dan R6 = R8 = R9 = 10 ohm. R3 = R5 = R7 = 20 ohm, maka hambatan total antara titik A dan B.
gambar soal 4

Soal : 5
Ada dua hambatan R1 dan R2. Jika kedua hambatan disusun seri akan memiliki nilai equivalen sama dengan 5Ω. Dan bila kedua hambatan dirangkai secara paralel akan menghasilkan hambatan pengganti 1,2Ω. Maka nilai hambatan R1 dan R2.
 
Soal : 6
Perhatikan gambar berikut,

gambar soal 6

Hambatan R1 = R2 = R4 = R5 = 15 ohm dan R3 = 30 ohm. Hitunglah hambatan RAB.

Soal : 7

gambar soal 7

Hambatan total xy sama dengan …
 
Soal : 8
Perhatikan gambar rangkaian berikut,

gambar soal 8

Jika setiap rusuk kubus ABCD.EFGH ditempati resistor yang bernilai R. Maka hitunglah hambatan antara titik A dan G.
 
Soal : 9 

gambar soal 9

Maka hambatan pengganti antara titik A dan B.
 
Soal : 10
Perhatikan gambar berikut,

gambar soal 10

Hambatan pengganti antara titik A dan B.
 
Soal : 11
Perhatikan gambar di bawah ini,

gambar soal 11

Maka hambatan total antara titik A dan B.
 
Soal : 12
Perhatikan gambar berikut,

gambar soal 12

Hambatan total antara titik A dan B.
 
Soal : 13
Perhatikan diagram berikut,

gambar soal 13

Jika hambatan pengganti antara A dan B adalah 8Ω. Hitunglah nilai hambatan R.
 
Soal : 14
Tiga buah resistor identik memiliki nilai hambatan masing – masing 4 ohm. Gambarkan rangkaiannya agar diperoleh nilai hambatan totalnya 6 ohm.

Soal : 15
Perhatikan gambar di bawah ini,

gambar soal 15

Hitung hambatan total pada rangkaian di atas.
 
Soal : 16
Perhatikan gambar berikut ini,

gambar soal 16

Jika R = 1/11, maka nilai hambatan total rangkaian di atas adalah …
 
Soal : 17
Perhatikan gambar berikut ini,

gambar soal 17

Hambatan total rangkaian di atas.
 
Soal : 18
Perhatikan gambar rangkaian berikut ini, 

gambar soal 18
Hambatan pengganti antara titik x dan y.
 
Soal : 19
Perhatikan gambar berikut ini, rangkaian listrik dalam bentuk segitiga sama sisi. Setiap sisinya dipasangkan sebuah resistor masing – masing 10 ohm.

gambar soal 19

Hitunglah hambatan
a)   RAB
b)   RAC
c)   RBC
 
Soal : 20
Perhatikan gambar berikut,

gambar soal 20
Rangkaian di atas dilengkapi saklar S1 dan S2. Tentukan nilai perbandingan hambatan AB ketika saklar S1 yang ditutup. Dengan ketika kedua saklar S1 dan S2 dalam keadaan tertutup. 

ULANGAN HARIAN 2 DAN PEMBAHASAN

Ulangan Harian ke – 2

SMP WAGE RUDOLF SUPRATMAN 2 MEDAN
Tahun Pelajaran       : 2025/2026
Semester                 : I (Satu)
Kelas                        : VII SMP/MTs
Hari/tanggal             : Senin, 20 Oktober 2025
Waktu                       : 2 x 40 menit

Daftar Isi :
·        Soal ulangan Harian ke – 2
·        Pembahasan
·        Info sains

Ada link : 
1. Listrik Dinamis kelas IX SMP, Hukum Kirchoff - I
2. UH ke - 2 IPA - Fisika kelas 9 SMP 
3. UH ke - 2 IPA - Fisika kelas 8 SMP 
silahkan scroll ke bawah

Uraian

Soal : 1
Perhatikan gambar di bawah ini,

gambar soal nomor 1


Hitunglah :
a)    Volume benda
b)    Massa jenis benda


Soal : 2
Perhatikan gambar di bawah ini,

gambar soal nomor 2

Tentukan sifat zat sesuai gambar di atas.


Soal : 3
Perhatikan gambar di bawah ini,

gambar soal nomor 3

Jika massa jenis minyak solar 890 kg/m3. Tentukanlah massa jenis bola A dan B.
 
Soal : 4
Perhatikan gambar di bawah ini, 

gambar soal nomor 4
Jika tinggi h2 = 5 cm dan massa jenis raksa 13,6 gr/cm3. Tentukan massa jenis ρ2.
 
Soal : 5
Perhatikan gambar berikut,

gambar soal nomor 5

Hitunglah massa jenis benda, jika diketahui ukuran benda 0,5 mm x 1 mm x 0,05 mm. (Buat dalam satuan cgs)
 

PEMBAHASAN
 
Soal : 1
 
Bagian a)
Volume benda, Vb :
ó Vb = V2 – V1
ó Vb = (80 – 50) mL
ó Vb = 30 mL
 
Bagian b)
Massa jenis benda, ρ : 

gambar pembahasan soal nomor 1

Soal : 2
Partikel zat padat,

gambar pembahasan soal nomor 2

Sifat :
1.    Susunan partikelnya rapi dan teratur.
2.    Jarak antara partikelnya sangat berdekatan.
3.    Gaya tarik antara partikel sangat kuat.
4.    Bentuk dan volumenya tetap.
5.    Tidak mudah dimapaatkan.  
 
Soal : 3
Dari data soal massa jenis minyak solar 890 kg/m3.

gambar pembahasan soal nomor 3

Terlihat bola A mengapung dan bola B melayang. Berarti massa jenis bola A lebih kecil dari massa jenis minyak solar (ρA < 890 kg/m3). Dan bola B memiliki massa jenis sama dengan massa jenis minyak soalr (ρB = 890 kg/m3).
 
Soal : 4
Perhatikan gambarnya dengan baik,

gambar pembahasan soal nomor 4

Soal : 5
Terlebih dahulu hitung volume bendanya 0,5 mm x 1 mm x 0,05 mm.
ó V = pjang x lbar x tnggi
ó V = (0,5 x 1 x 0,05) mm3.
ó V = 0,025 mm3.
 
Kemudian kita menghitung massa totalnya.
ó mtot = m1 + m2 + m3
ó mtot = (5 + 10 + 25) gram
ó mtot = 40 gram

gambar pembahasan soal nomor 5

Terakhir kita akan menghitung massa jenis bendanya.

gambar pembahasan soal nomor 5 bag 2

Info sains

Massa jenis air laut lebih besar dibanding massa jenis air tawar. Massa jenis air laut = 1,01 gr/cm3 dan massa  jenis air tawar = 1,0 gr/cm3.

gambar info sains
Massa jenis air laut dari samudra Pasifik dan massa jenis air laut Atlantik berbeda warna, juga dipengaruhi massa jenis dan suhu air laut.

Terima Kasih