Postingan

SIMORANGKIR MATEMATIKA: B. Operasi Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan...

SIMORANGKIR MATEMATIKA: B. Operasi Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan... : https://docs.google.com/document/d/1AFGoS9X3qb499b_5Oh1Z6OTpmUHv7Q4_xPMspNbisd4/edit?usp=sharing   Penulis : Parulian Simorangkir Guru Matem...

B. Operasi Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian

Gambar
https://docs.google.com/document/d/1AFGoS9X3qb499b_5Oh1Z6OTpmUHv7Q4_xPMspNbisd4/edit?usp=sharing  B. Operasi Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian  Penulis : Parulian Simorangkir Guru Matematika SMP Kelas VII SMP 

SOAL FISIKA UNTUK LATIHAN UN 2011 - 2012

Gambar
Menjelang Tutup Tahun Ajaran pendidikan, sembari mengulang materi dari kelas 7 dan 8 serta 9 SMP. Terkadang anak - anak didik harus diberikan soal tantangan dari internet agar dapat menambah kepercayaan diri mereka. Jika Bapak / Ibu guru berkenan dapat menggunakan soal - soal ini sebagai ajang pelatihan yang mengerjakan soal yang berkompetisi.     1. Perhatikan tabel berikut           B esaran pokok dan satuan SI yang tepat ditunjukkan oleh nomor ....      a. ( 1) dan (2)      b. (1) dan (3)      c. (2) dan (3)      d. (2) dan (4) 2. Perhatikan pernyataan berikut !      (1) Pemasangan kabel listrik pada siang hari dibuat kencang      (2) Saat keping bimetal dipanaskan akan melengkung ke arah             logam yang angka koefisien muai panjangnya lebih kecil      (3) Pada sambungan rel kereta api diberi celah di antara dua batang rel      (4) Saat keping bimetal didinginkan akan melengkung ke arah            logam yang angka koefisien muai panjangnya lebih kecil      Berdasarkan p

NASKAH UJIAN AKHIR SEMESTER KELAS IX SMP TP 2015 - 2016

Gambar
  Pilihan Berganda :  1. Cara membuat magnet dapat dilakukan seperti pada gambar dibawah  ...  2. Dua buah magnet didekatkan. Jika jarak antara dua kutub magnet dijauhkan maka garis          gaya magnet yang timbul ...          a. Tetap           c.   Bertambah          b. Menjadi nol           d.   Berkurang  3. Salah satu keadaan yang dapat memperbesar nilai gaya Lorentz yang dialami suatu          penghantar yang dialiri arus listrik yaitu ...          a. Memperkecil kuat arus          b. Besar diameter kawat penghantar          c. Memperpanjang kawat penghantar          d. Magnet yang lemah di sekitar kawat  4. Kawat penghantar yang dialiri arus listrik 5A berada dalam medan magnet 40T.          Jika panjang kawat penghantar 10 cm, maka gaya Lorentz yang dialami kawat sebesar ...          a.  20 N         b.  30 N             c.  400 N         d.  2 000  N 5. Bahan yang paling tepat untuk membuat magnet listrik adalah ...          a. Baja c.   

PERTEMUAN 1, DEFENISI DAN BENTUK ALJABAR

Gambar
  Tujuan Pembelajaran:  Setelah mempelajari bab ini, siswa mampu:  1. Menjelaskan bentuk aljabar dan unsur - unsurnya  2. Menentukan hasil operasi bentuk aljabar  3. Menentukan hasil pemfaktoran bentuk aljabar  4. Menentukan hasil operasi pecahan betuk aljabar  1. Pengertian Bentuk Aljabar  Bentuk aljabar adalah suatu kalimat matematika yang melibatkan simbol - simbol untuk mewakili bilangan yang belum diketahui.  Contoh:  a) 4y = artinya 4 dikali y   b) 2a - 5 = 2 dikali a lalu kurangkan dengan 5   c) 3n2 + 2m = 3 dikali n2 lalu ditambahkan dengan 2 kali m   Terlihat y, a, n, dan m merupakan suatu bilangan yang belum diketahui nilai 2. Unsur - unsur pada bentuk Aljabar  Pada suatu bentuk aljabar terdapat unsur - unsur sebagai berikut 3. Nilai dari bentuk Aljabar  Nilai dari suatu bentuk aljabar dapat ditentukan jika nilai dari variabelnya sudah dapat diketahui.  4. KPK dan FPB Bentuk Aljabar suku Tunggal  Dua bentuk aljabar suku tunggal dapat dicari kelipa

CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN DIAGRAM VENN

Gambar
Contoh 01:  Perhatikan diagram venn berikut: Penyelesaian:  Dari diagram Venn diperoleh:  Kunci: C   Contoh 02  Perhatikan diagram Venn berikut.  Contoh 03   Kepada 150 siswa yang diberikan angket untuk memilih kegiatan pengembangan diri. Setelah dikumpulkan, diketahui 105 siswa memilih olah raga, 82 siswa memilih seni, 70 siswa memilih olah raga dan juga seni, serta memilih jenis kegiatan lain. Banyak siswa yang memilih jenis kegiatan lain adalah… orang.  A.107  B.35 C.33 D.12 Penyelesaian:  Langkah 1: tetapkan percakapan adalah 150 siswa => n (S) = 150  Langkah 2: A = {himpunan siswa yang memilih olah raga} => n (A) = 105  Langkah 3: B = {himpunan siswa yang memilih seni} = > n (B) = 82 Langkah 4: himpunan siswa yang memilih Olahraga dan seni => n (A ∩B) = 70 Langkah 5: buatlah diagram Venn-nya  Penulis: Parulian Simorangkir, 

SIMORANGKIR MATEMATIKA: SOAL DAN PEMBAHASAN HIMPUNAN (2)

SIMORANGKIR MATEMATIKA: SOAL DAN PEMBAHASAN HIMPUNAN (2) :  Contoh 01:  Himpunan berikut merupakan bagian dari {rajin, teliti, religius}, kecuali…  A. {}  B. {disiplin} C. {rajin}  D. {teliti, religi...