Postingan

SOAL ASESMEN FLUIDA STATIS

  SOAL 1. Sebuah balok berukuran 1 mx 2 m x 5 m diletakkan pada sebuah lantai sehingga lantai mendapat tekanan 50000 Pa dengan sisi yang berukuran 1 m x 2 m berada pada lantai. Massa balok tersebut adalah .... kg. A.    10 000          B.    25 000          C.    50 000          D.   100 000    E.    250 000   SOAL 2. Sebuah logam berbentuk balok memiliki dimensi 0,8 m x 0,5 m x 0,2 m dan massa jenis 5000 kg/m 3 . Tekanan maksimum yang dapat dikerjakan logam tersebur pada suatu permukaan datar adalah.......Pa A.    10 000  B.    45 000                  C.    50 000      D.   20 0 00           E.    40 000   SOAL 3. Sebuah tabung yang tingginya 1 meter diisi penuh air dan minyak tanah ( ρ minyak = 0,9 gram/cm 3 ). Perbandingan tinggi air dan minyak tanah dalam tabung tersebut agar tekanan hidrostatik di dasar tabung 9,6 x 10 3 Pa adalah ........ A.    1 : 2             B.    2 : 1             C.    3 : 2      D.   2 : 3        E.    1 : 1       Kunci : 1.    A 2

SOAL ASESMEN FLUIDA DINAMIS

SOAL 1. Air mengalir dalam pipa dari penampang besar menuju ke penampang kecil dengan kecepatan aliran 10 cm/s. Jika luas penampang besar 200 cm 2 dan luas penampang kecil 25 cm 2 , maka air yang keluar dari penampang kecil dengan kecepatan ......... cm/s. A.    10    B.    22,5     C.    80        D.   200      E.    400 SOAL 2. Air mengalir melalui pipa mendatar dengan luas penampang pada masing – masing ujung 200 mm 2 dan 100 mm 2 . Jika air mengalir dari penampang besar dengan kecepatan 2 m/s, maka kecepatan air pada penampang kecil adalah ........ m/s. A.    ¼ B.    ½ C.    1 D.   2  E.    4 SOAL 3. Air terjun setinggi 20 m digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air  ( PLTA ). Setiap detik mengalir 10 m 3 . Jika efisiensi generator 55 % dan percepatan grafitasi 10 m/s 2 , maka daya rata-rata yang dihasilkan adalah ........ A.    110 kW         B.    1100 kW               C.    2200 kW D.   2500 kW               E.    5500 kW   kunci : 1.    C 2.    E 3.    B     

SOAL ASESMEN ELASTISITAS

Gambar
  1.   Perhatikan kurva tegangan-regangan seutas kawat pada gambar berikut ini.   Modulus young  (dalam Pa) untuk kawat ini adalah ....... A.    36 x 10 11 B.    8,0 x 10 11 C.    2,0 x 10 11 D.   0,5 x 10 11 E.    16 x 10 11   2.Sebuah batang panjang mula-mula L ditarik dengan gaya. Jika luas penampang batang A dan modulus elastis E , maka rumus pertambahan panjang adalah .....   3.   Sebuah beban (massa m ) dan beberapa pegas identik membentuk sistem pegas-beban yang mengikuti skema rancangan (a) dan (b),seperti ditunjukkan pada gambar.     Jika x a adalah pertambahan panjang sistem pegas (a), maka pertambahan panjang sistem pegas (b) adalah ........   Kunci : 1.    C 2.    C 3.    E   

SOAL ASESMEN MOMEN GAYA

Gambar
  1.    Dari gambar berikut, besar torsi total sistem terhadap titik O adalah ......           A.    16 N.m      B.    44 N.m      C.    60 N.m      D.   76 N.m      E.    90 N.m   2.   Sebuah roda memiliki momen inersia 9 kg.m 2 . Besar torsi yang diperlukan untuk meningkatkan laju putaran roda dari 2 putaran per sekon menjadi 5 putaran per sekon dalam 6 putaran adalah ...      A.    25,6 π   N.m      B.    31,5  π  N.m      C.    42,5 π   N.m      D.   50         N.m     E .    55       N.m   3.   Sebuah tali dililitkan mengelilingi tepi cakram, ujungnya ditarik dengan gaya F  yang besarnya 10 N. Massa cakram 3 kg, radiusnya 25 cm dan mula-mula diam. Besar kecepatan angulernya setelah 5 sekon adalah ............ rad/s.   Kunci : 1. B 2. B 3. E    

ASESMEN AFEKTIF

Gambar
Portofolio penilaian siswa atau peserta didik yang digunakan menilai keseharian peserta didik di dalam kelas.  Daftar Isi :  1. Teknik Penilaian       a. Sikap     b. Pengetahuan      c. Ketrampilan  2. Instrumen Penilaian  3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan      a. Remedial      b. Pengayaan    A.     Asesmen 1.       Teknik Penilaian (terlampir) a.     Sikap -         Penilaian Observasi Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap   Keterangan : •    BS : Bekerja Sama •    JJ : Jujur •    TJ : Tanggun Jawab •    DS : Disiplin   Catatan : 1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria: 100 = Sangat Baik 75     = Baik 50    = Cukup 25    = Kurang 2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400 3. Skor sikap = jumlah skor