Sabtu, 26 September 2020
SIMORANGKIR MATEMATIKA: B. Operasi Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan...
B. Operasi Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian
https://docs.google.com/document/d/1AFGoS9X3qb499b_5Oh1Z6OTpmUHv7Q4_xPMspNbisd4/edit?usp=sharing
SOAL FISIKA UNTUK LATIHAN UN 2011 - 2012
Jumat, 25 September 2020
NASKAH UJIAN AKHIR SEMESTER KELAS IX SMP TP 2015 - 2016
Pilihan Berganda :
1. Cara membuat magnet dapat dilakukan seperti pada gambar dibawah ...
gaya magnet yang timbul ...
a. Tetap c. Bertambah
b. Menjadi nol d. Berkurang
penghantar yang dialiri arus listrik yaitu ...
a. Memperkecil kuat arus
b. Besar diameter kawat penghantar
c. Memperpanjang kawat penghantar
d. Magnet yang lemah di sekitar kawat
a. 20 N
c. 400 N
a. Baja c. Kuningan
b. Tembaga d. Besi Lunak
a. ½ nilai gaya Lorentz semula
b. Sama dengan nilai gaya Lorentz semula
c. 3/2 kali gaya Lorentz semula
d. 2 kali gaya Lorentz semula
a. 2,5 Newton c. 50 Newton
b. 25 Newton d. 250 Newton
a. Kumparan
b. Sikat karbon
c. Kekuatan magnet
d. Cincin yang digunakan
a. Kumparan c. Magnet Silinder
b. Besi Lunak d. Terminal keluaran
a. Energi yang hilang sedikit
b. Arus yang mengalir besar
c. Membutuhkan biaya yang lebih murah
d. Membutuhkan kabel yang berukuran lebih kecil
(1) Tegangan keluaran lebih kecil dibanding tegangan masukkan
(2) Lilitan primer lebih besar dibanding lilitan sekunder
(3) Arus keluaran lebih besar dibanding arus masukkan
(4) Tegangan keluaran lebih besar dibanding tegangan masukkan
a. (1), (2), dan (3) c. (2) dan (3)
b. (1), (2), dan (4) d. (3) dan (4)
12. Skema transformator step – down yang benar adalah ...
b. 3 : 55 d. 55 : 3
a. 10 A c. 0,5 A
b. 2 A d. 0,1 A
a. 0,4 A c. 25 A
b. 1,6 A d. 40 A
a. Mars c. Saturnus
b. Yupiter d. Uranus
a. Bergerak sangat cepat
b. Bergesekkan dengan atmosfer
c. Terdiri atas gas beku dan batuan
d. Tekanan radiasi Matahari mendorong material komet
a. Elips c. Tidak beraturan
b. Lingkaran d. Segi Empat
a. Titan, Rhea, dan Dione
b. Titan, Triton, dan Miranda
c. Triton, Proteus, dan Larissa
d. Larissa, Dione, dan Miranda
1) Gerak semu harian – Matahari
2) Pergantian siang dan malam
3) Pembelokkan arah angin
4) Pergantian musim
a. 1), 2), dan 3) c. 2) dan 4)
b. 1) dan 4) d. 3) dan 4)
Tahun Pelajaran : 2015 – 2016
Mata Pelajaran : IPA – Fisika
Semester : Genap
Kelas : IX – SMP
No. Kunci No. Kunci
1 B 11 A
2 D 12 A
3 C 13 C
4 A 14 D
5 D 15 D
6 A 16 C
7 B 17 D
8 D 18 A
9 C 19 C
10 B 20 A
Guru Fisika Kelas IX A/B/C/D/E
SMP WR SUPRATMAN 2 MEDAN
PERTEMUAN 1, DEFENISI DAN BENTUK ALJABAR
Tujuan Pembelajaran:
1. Menjelaskan bentuk aljabar dan unsur - unsurnya 2. Menentukan hasil operasi bentuk aljabar 3. Menentukan hasil pemfaktoran bentuk aljabar 4. Menentukan hasil operasi pecahan betuk aljabar
1. Pengertian Bentuk Aljabar
a) 4y = artinya 4 dikali y
2. Unsur - unsur pada bentuk Aljabar
Pada suatu bentuk aljabar terdapat unsur - unsur sebagai berikut
Nilai dari suatu bentuk aljabar dapat ditentukan jika nilai dari variabelnya sudah dapat diketahui.
4. KPK dan FPB Bentuk Aljabar suku Tunggal
Dua bentuk aljabar suku tunggal dapat dicari kelipatan persekutuan KPK dan faktor persekutuan terbesar FPB-nya.
Contoh 01:
Sebuah toko alat tulis punya persediaan buku tulis sebanyak 2 kardus dan 16 buah. Tentukan bentuk aljabar untuk menentukan persediaan buku tulis.
Penyelesaian:
Misalkan kardus = x
Maka bentuk aljabarnya
Banyak buku tulis = (2x + 16) buah
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN DIAGRAM VENN
Contoh 01:
Perhatikan diagram venn berikut:
Penyelesaian:
Dari diagram Venn diperoleh:
Kunci: C
Contoh 02
Perhatikan diagram Venn berikut.
Contoh 03
Kepada 150 siswa yang diberikan angket untuk memilih kegiatan pengembangan diri. Setelah dikumpulkan, diketahui 105 siswa memilih olah raga, 82 siswa memilih seni, 70 siswa memilih olah raga dan juga seni, serta memilih jenis kegiatan lain. Banyak siswa yang memilih jenis kegiatan lain adalah… orang.
B.35
C.33
D.12
Penyelesaian:
Langkah 1: tetapkan percakapan adalah 150 siswa => n (S) = 150
Langkah 2: A = {himpunan siswa yang memilih olah raga} => n (A) = 105
Langkah 3: B = {himpunan siswa yang memilih seni} = > n (B) = 82
Langkah 4: himpunan siswa yang memilih Olahraga dan seni => n (A ∩B) = 70
Langkah 5: buatlah diagram Venn-nya
Penulis: Parulian Simorangkir,
SIMORANGKIR MATEMATIKA: SOAL DAN PEMBAHASAN HIMPUNAN (2)
SOAL DAN PEMBAHASAN HIMPUNAN (2)
Contoh 01:
A. {}
B. {disiplin}
C. {rajin}
D. {teliti, religius}
Pembahasan:
Himunan {rajin, teliti, religius} terlihat tidak ada terdapat disiplin. Maka dapat ditentukan jawabannya.
Kunci: B
Contoh 02:
Jika P = {a, b, c, d} banyak himpunan bagian P yang mempunyai dua anggota adalah…
A.4
B. 5
C. 6
D. 8
Pembahasan:
Tidak. | Jumlah anggota |
| Banyak anggota, (n) |
1 | Kosong | {} | 1 |
2 | Satu anggota | {a}, {b}, {c}, {d}, | 4 |
3 | Dua anggota | {a, b}, {a, c}, {a, d}, {b, c}, {b, d}, {c, d} | 6 |
4 | Tiga anggota | {a, b, c}, {a, b, d}, {a, c, d}, {b, c, d}, | 4 |
5 | Empat anggota | {a, b, c, d}, | 1 |
|
|
| 16 |
Kunci: C
Contoh 03
P = {bilangan ganjil}
Q = {bilangan prima}
R = {bilangan bulat}
B.Hanya P dan Q
C.Hanya P dan R
D.Hanya Q dan R
Pembahasan:
Misalkan A = {73, 79, 83, 87, 93)
P = {bilangan ganjil}
= {…, 73, 75, 77, 79, 81, 83, 85, 87, 91, 93}
Oleh karena A ⊂ P (dibaca himpunan A bagian dari P ), sehingga himpunan P mungkin menjadi semesta dari A
Q = {bilangan prima}
= {…, 67, 71, 73, 79, 83, 93)
Terlihat 87 tidak terdaftar pada himpunan Q , (87 ⊄ Q ). Terlihat Q tidak mungkin semesta dari A
R = {bilangan bulat}
= {…, 73, 74, 75, 76, 77, 78, 79,…}
Terlihat A merupakan himpunan bagian dari R ( A ⊂ R)
Kesimpulannya: himpunan A berpeluang menjadi bagian dari P dan R
Kunci: C
Contoh 04
A. 2
B. 4
C. 6
D. 8
Pembahasan:
{15,4,7,2,8} ∩ {2,4,6,8} maka x = 2
Kunci: A
Contoh 05
A. {1, 2, 3, 4}
B. {1, 2, 3, 5}
C. {1, 2, 3, 5, 6, 30}
D. {1, 2, 3, 5, 6, 10, 15, 30}
Penyelesaian:
= {1, 2, 3, 5, 6, 10, 15, 30}
B = {bilangan asli kurang dari 6}
= {1, 2, 3, 4, 5}
A ∩ B = {1,2,3,4,5}
Kunci: B
Penulis: Parulian Simorangkir