Nama Sekolah :
…………………………
Tahun Pelajaran : ………………………….
Semester :
………………………….
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas :
X SMA/MA
Materi :
STATISTIK
Pilihan
Berganda :
Soal :
1
Skor ulangan Fisika sejumlah siswa
diperlihatkan seperti pada tabel berikut ini.
Nilai
rataan, median, dan modus data tersebut berturut – turut adalah …
A. 4,8 ; 5,5
B. 5,4 ; 5.5,6
C. 5,4 ; 5,6
D. 5,2 ; 5.5, 6
E. 5,4 ; 5,5
Pembahasan
:
Perhatikan,
data soal merupakan data tunggal tetapi data ini menggunakan frekuensi.
Sehingga kita akan menggunakan rumusan berikut untuk menentukan nilai
rataannya.

Sementara
untuk menentukan nilai Median (Me), perhatikan jumlah datanya genap.
Kunci : E
Soal : 2
Skor
suatu pertandingan ditunjukkan dalam tabel di bawah ini,
Jika
rataan data di atas adalah 2, nilai m sama dengan …
A. 2
B. 4
C. 5
D. 8
E. 9
Pembahasan
:
Perhatikan
data soal yang disajikan merupakan data tunggal akan tetapi memiliki frekuensi.
Kunci : D
Soal : 3
Diketahui
data statistik berikut ini,
Jika
modus data di atas sama dengan 2. Maka nilai m terkecil adalah …
A. 14
B. 15
C. 16
D. 17
E. 18
Pembahasan
:
Ingat
pengertian dari modus Mo = angka (data) yang kerap muncul. Dan
didalam soal sudah disebutkan nilai modusnya sama dengan 2 dan frekuensinya
sama dengan m.
Sesuai
dengan opsi yang tersedia, 17 dan 18 berpeluang mengisi nilai m. Selanjutnya
kita lihat nilai m paling kecil, untuk mengisi nilai m. Nilai m yang mendekati
pertanyaan soal adalah m = 17.
Kunci : D
Soal : 4
Dalam
suatu bazar, stan celana berhasil menjual celana berbagai ukuran yang
ditunjukkan seperti pada tabel berikut.
Jika
median data di atas adalah 13, maka rataannya sama dengan …
A. 10,68
B. 12,69
C. 14,83
D. 15,83
E. 16,84
Pembahasan
:
Perhatikan
nilai median (Me = 13) merupakan nilai tengah dari total nilai frekuensi data
keseluruhan.
Setelah
13,
Total
frekuensi penjualan 27 + 23 = 50
Sebelum
13,
Total
frekuensi penjualan 16 + 22 + a = 50
ó
27 + 23 = 16 + 22 + a
ó 50 = 38 + a
ó a = 50 – 38
ó a = 12
Selanjutnya
nilai rataan dapat kita hitung,
Kunci : B
Soal : 5
Tabel
berikut menunjukkan distribusi frekuensi data nilai ulangan statistika sejumlah
siswa.
Skor
|
Frekuensi
|
40 – 49
|
3
|
50 – 59
|
10
|
60 – 69
|
15
|
70 – 79
|
5
|
80 – 89
|
5
|
90 – 99
|
2
|
Modus
dari data skor tersebut adalah … (pembulatan satu desimal).
A. 61,3
B. 62,8
C. 64,1
D. 65,6
E. 66,2
Pembahasan
:
Perhatikan
distribusi tabel soal, jika kita perhatikan dengan seksama maka frekuensi modus
adalah 15.
Menghitung
d1 (selisih frekuensi kelas modus dengan frekuensi sebelum kelas
modus).
ó
d1 = 15 – 10
ó
d1 = 5
Menghitung
d2 (selisih frekuensi kelas modus dengan frekuensi setelah kelas
modus).
ó
d2 = 15 – 5
ó
d2 = 10
Menghitung
panjang kelas (p) = interval kelasnya = 10 (dari batas bawah sampai dengan
batas atas).
Menghitung
modus, Mo :
Kunci : B
Soal : 6
Perhatikan
tabel berikut,
Kelas
|
Frekuensi
|
5 – 9
|
10
|
10 – 14
|
20
|
15 – 19
|
35
|
20 – 24
|
45
|
25 – 29
|
25
|
30 – 34
|
32
|
Rataan
dari data pada tabel di atas adalah …
A. 20,33
B. 20,43
C. 20,44
D. 21,52
E. 21,24
Pembahasan :
Perhatikan
data soal dari tabelnya, merupakan data berkelompok. Sehingga kita terlebih
dahulu menghitung nilai tengahnya xi. Perhatikan cara menentukan
nilai xi dari beberapa kelompok data yang terdapat pada tabel.
ó
(5 + 9)/2 = 14/2 = 7 (x1 = 7)
ó
(10 + 14)/2 = 24/2 = 12 (x2 = 12)
ó
dst
Selanjutnya
tambahkan 1 kolom baru untuk xi.
Kelas
|
Nilai xi
|
Frekuensi fi
|
5 – 9
|
7
|
10
|
10 – 14
|
12
|
20
|
15 – 19
|
17
|
35
|
20 – 24
|
22
|
45
|
25 – 29
|
27
|
25
|
30 – 34
|
32
|
32
|
Maka
nilai rataannya dapat kita hitung,
Kunci : D
Soal : 7
Tabel
berikut menunjukkan berat badan (dalam satuan kg) sejumlah siswa.
Berat Badan (kg)
|
Frekuensi
|
30 – 35
|
5
|
36 – 41
|
25
|
42 – 47
|
100
|
48 – 53
|
60
|
54 – 59
|
10
|
Median
data berdasarkan tabel tersebut adalah … kg.
A. 42,75
B. 43,25
C. 45,70
D. 46,00
E. 46,20
Pembahasan
:
Langkah
pertama, kita hitung jumlah total datanya
ó
n = 𝝨fi = 5 +
25 + 100 + 60 + 10
ó
n = 𝝨fi = 200
Langkah
kedua, kita hitung median data Me
ó
f = Me = ½ x 200
ó
f = Me = 100
Dari
langkah kedua, kita peroleh data Me = 100 berada di kelas interval
42 – 47 dan frekuensi f = 100.
Langkah
ketiga, kita menghitung frekuensi kumulatif (fk) dibawah frekuensi
mediannya (f).
ó
fk = 5 + 25
ó
fk = 30
Langkah
keempat, kita pastikan panjang interval kelas p = 6.
Langkah
kelima, kita menentukan titik batas bawah interval
ó
Tb = 42 – 0,5
ó
Tb = 41,5
Langkah
keenam, kita menghitung nilai mediannya Me
Kunci : C
Soal : 8
Nilai
ulangan statistika sejumlah siswa ditampilkan seperti tabel berikut.
Skor
|
Frekuensi
|
66 – 70
|
2
|
71 – 75
|
8
|
76 – 80
|
20
|
81 – 85
|
7
|
86 – 90
|
3
|
Rataan
hitung berdasarkan data tersebut adalah …
A. 77,88
B. 77,98
C. 78,03
D. 78,12
E. 78,13
Soal : 9
Tabel
berikut menunjukkan data jarak (dalam satuan km) dari rumah ke sekolah bagi
sejumlah siswa suatu SMA.
Jarak
|
Frekuensi
|
1 – 2
|
60
|
3 – 4
|
45
|
5 – 6
|
37
|
7 – 8
|
20
|
9 – 10
|
18
|
Banyak
siswa yang menempuh jarak dari rumah ke sekolah kurang dari 6,5 km adalah …
A. 20
B. 37
C. 52
D. 82
E. 142
Soal : 10
Perhatikan
tabel berikut
Kelas
|
Frekuensi
|
50 – 54
|
4
|
55 – 59
|
6
|
60 – 64
|
8
|
65 – 69
|
16
|
70 – 74
|
10
|
75 – 79
|
4
|
80 – 84
|
2
|
Modus
dari data pada distribusi frekuensi di atas adalah …
A. 70,36
B. 70,12
C. 67,59
D. 67,36
E. 67,32
Soal : 11
Perhatikan
tabel berikut
Berat (kg)
|
Frekuensi
|
50
|
2
|
52
|
2
|
54
|
6
|
56
|
2
|
58
|
3
|
60
|
5
|
Median
dan rataan data tersebut berturut – turut adalah …
A. 54 dan 55,8
B. 55 dan 55,8
C. 56 dan 55,7
D. 54 dan 55,7
E. 55 dan 55,7
Soal : 12
Tabel
berikut menunjukkan distribusi frekuensi jarak tolak peluru dari 80 pelajar
dalam kejuaran antar pelajar.
Jarak (m)
|
Frekuensi
|
4,1 – 5,0
|
2
|
5,1 – 6,0
|
4
|
6,1 – 7,0
|
7
|
7,1 – 8,0
|
20
|
8,1 – 9,0
|
28
|
9,1 – 10,0
|
12
|
10,1 – 11,0
|
5
|
11,1 – 12,0
|
2
|
Kuartil
Q1 dan banyak peserta yang jarak lontarnya sekurang – kurangnya 9,5
meter berturut – turut adalah …
A. 7,40 dan 12
B. 7,45 dan 12
C. 7,50 dan 13
D. 7,40 dan 13
E. 7,40 dan 12
Soal : 13
Rataan
hitung tinggi badan 9 orang siswa adalah 155 cm. Jika ditambah seorang siswa
baru, rataan hitung tinggi badan menjadi 156 cm. Tinggi badan siswa baru itu
adalah …
A. 156 cm
B. 159 cm
C. 162 cm
D. 165 cm
E. 168 cm
Soal : 14
Rataan
hitung nilai ulangan statistika 10 orang siswa adalah 6,25. Jika ditambah nilai
satu siswa baru, rataannya menjadi menjadi 6,4. Nilai siswa baru itu adalah …
A. 7,6
B. 7,9
C. 8,1
D. 8,6
E. 9,1
Soal : 15
Rataan
nilai 10 siswa adalah 80. Jika ditambah nilai dua siswa baru, rataan nilai baru
menjadi 82. Nilai rataan kedua siswa baru itu adalah …
A. 80
B. 82
C. 92
D. 100
E. 182
Soal : 16
Nilai
rata – rata ulangan bahasa Inggris dari 3 kelompok, yakni 15 orang kelompok A
dengan rataan 90, 28 orang kelompok B dengan rataan 80, dan 57 orang kelompok C
dengan rataan 70. Rataan nilai ulangan bahasa Inggris dari ketiga kelompok
tersebut adalah …
A.
75,8
B. 76,8
C. 78,5
D. 78,6
E.
80,0
Soal : 17
Jangkauan
antar kuartil dari sekumpulan data 5,6,9,6,7,9,8,5,6,7,8,7,5,7,6,5,6,7 adalah …
A. 0,5
B. 1,0
C. 1,5
D. 2,0
E. 2,5
Soal : 18
Jangkauan
antarkuartil dari data statistik 6, 7, 7, 3, 8, 4, 6, 5, 5, 9, 10, 10, 4, 3, 6,
5, 2, 4 adalah …
A. 3
B. 4
C. 4,5
D. 5
E. 5,5
Soal : 19
Simpangan
baku dari data statistik 2, 3, 4, 5, 6, 6, 7, 8, 9, 10 adalah …
A. √5
B. √6
C. √7
D. 2√2
E. 2√3
Soal : 20
Diketahui
sekumpulan data 2, 4, 4, 5, 6, 6, 7, 8, 9, 9. Simpangan baku data tersebut
adalah …
A. 2
B. 2/5 √10
C. √5
D. 2(2/3)
E. 4√3
Soal : 21
Perhatikan
diagram berikut,
Diagram
tersebut menunjukkan suatu poligon dari distribusi frekuensi tinggi badan
sejumlah siswa seperti pada tabel berikut.
Tinggi Badan (cm)
|
Frekuensi
|
140 – 144
|
2
|
145 – 149
|
….
|
150 – 154
|
….
|
155 – 159
|
….
|
160 – 164
|
….
|
165 – 169
|
….
|
170 – 174
|
4
|
Rataan
tinggi badan data tersebut adalah … cm.
A. 157
B. 158
C. 159
D. 160
E. 161
Soal : 22
Ogive
berikutmenunjukkan perolehan nilai ujian Matematika bagi 36
siswa kelas X – A.

Dari
ogive tersebut diperoleh keterangan bahwa :
(i) Banyak siswa yang
memperoleh nilai 50 adalah 6 orang.
(ii) Banyak siswa yang
memperoleh nilai 80 atau lebih adalah 2 orang.
(iii) Banyak siswa yang
lulus jika nilai kelulusan 60 adalah 22 orang
(iv) Nilai minimum
kelulusan agar 75% peserta ujian dinyatakan lulus adalah 55.
Dari
keempat pernyataan di atas, pernyataan yang benar adalah …
A. (i), (ii), (iii)
B. (i) dan (iii)
C. (ii) dan (iv)
D. Hanya (iv)
E. (i), (ii), (iii), dan
(iv)
Soal : 23
Nilai
ujian kimia 120 siswa diperlihatkan seperti kurva ogive berikut.
Dari
ogive di atas diperoleh keterangan bahwa :
(i) Agar 50% siswa
dinyatakan lulus, maka nilai kelulusan adalah 60.
(ii) Nilai kuartil ketiga
adalah 68
(iii) Jika prestasi
cemerlang diberikan kepada siswa yang memperoleh
nilai 80 ke atas, banyak siswa
yang lulus cemerlang
adalah 8 orang.
(iv) Jangkauan
antarkuartil adalah 17
Dari
keempat pernyataan di atas, pernyataan yang benar adalah …
A. (i), (ii), (iii)
B. (i) dan (iii)
C. (ii) dan (iv)
D. Hanya (iv)
E. (i), (ii), (iii), dan
(iv)
0 comments:
Posting Komentar
Silahkan Berkomentar dengan Bijak sesuai dengan semangat kemajuan yang membangun Blog ini dan Jangan keluar dari topik