This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Kamis, 02 Mei 2024

TEORI PELUANG 15

Judul Tulisan














Permutasi

Permutasi dari n elemen, tiap permutasi terdiri dari n 
elemen.

Rumus Permutasi 1

Permutasi n elemen, tiap permutasi terdiri dari r unsur 
dari n elemen, dengan r < n.

Rumus Permutasi 2

Permutasi dari n unsur yang mengandung k1, k2, …, kt 
unsur yang sama.

Rumus Permutasi 3

Permutasi siklis, nP(Siklis) = (n – 1)!

Permutasi berulang dari n unsur, tipe permutasi terdiri 
dari k unsur.

 

Pn = nk

 

Kombinasi,


Rumus kombinasi 1



Pilihan Berganda

 

Soal : 1

Nilai dari P220 adalah …

A.   190           D. 380

B.   200           E. 420

C.   280

 

Soal : 2

Jika n ≥ a, maka

 

Soal pilgan 2


 


sama dengan …

A.   a!                     D. (a – n)!

B.   (n – a)!             E. (n – a – 1)!

C.   (n – 1)!


 

Soal : 3

 

3P6 + 2P5 + 4P7 = …

 

A.   120           D. 960

B.   140           E. 980

C.   840

 

Soal : 4
 
7P7 + 6P6 + 5P5 = …

 

A.   72(5!)        D. 62(7!)

B.   62(5!)        E. 72(6!)

C.   52(7!)


 

Soal : 5
Hasil dari operasi 2P61P5 sama dengan …

A.   50

B.   51

C.   52

D.  53

E.   54

 

Soal : 6
Nilai n yang memenuhi 2P n – 4 = 56 adalah …

A.   16             D. 13

B.   15             E. 12

C.   14


Soal : 7
Seorang siswa mempunyai pilihan 5 bahasa asing 
dan 4 ilmu pengetahuan. Banyak cara untuk memilih 
1 bahasa asing dan 1 ilmu pengetahuan adalah …

A.   10 cara             D. 24 cara

B.   15 cara             E. 40 cara

C.   20 cara


 

Soal : 8
Banyak bilangan yang terdiri atas 6 angka berlainan 
yang dapat dibentuk dari angka 1 sampai 9, 
tanpa ada angka yang berulang adalah …

A.   40 680              D. 60 840

B.   40 860              E. 80 460

C.   60 480

 

Soal : 9

Banyak kata yang terdiri atas 6 huruf yang dapat 
dibentuk dari kata “PINTAR” adalah …

A.   120                  D. 720

B.   240                  E. 760

C.   360

 

Soal : 10

Dari empat angka 1, 2, 3, dan 4 dibentuk 
bilangan – bilangan berbeda. Banyaknya bilangan 
yang terbentuk dengan nilai masing – masing 
lebih dari 2 000 sebanyak … bilangan.

A.  12             D. 20

B.  16             E. 24

C.  18

 

Soal : 11

Sebuah gedung mempunyai 5 pintu masuk. 

Jika 3 orang hendak memasuki gedung tersebut, 

banyak cara mereka masuk dari pintu yang berlainan 

adalah …

A.  60             D. 20

B.  50             E. 10

C.  30

 

Soal : 12

Dalam sebuah ruang tunggu tersedia hanya 3 kursi. 

Jika di ruangan tersebut ada 20 orang, banyak cara 

mereka duduk berdampingan sebanyak … cara.

A.  1.140         D. 3.420

B.  1.400         E. 6.840

C.  2.280

 

 

Soal : 13

Dari 7 orang calon siswa teladan di suatu daerah, 

akan dipilih 3 siswa teladan I, II, dan III. 

Banyaknya cara pemilihan siswa yang mungkin 

terpilih sebagai teladan I, II, dan III sebanyak … cara.

A.  30                    D. 210

B.  60                    E. 420

C.  120

 

Soal : 14

Banyaknya bilangan ganjil yang terdiri dari atas 

3 angka yang dapat disusun dari 2, 3, 4, 6, 7, 

dan 8 tanpa ada pengulangan sebanyak … bilangan.

A.  24                    D. 80

B.  28                    E. 120

C.  40

 

Soal : 15

Di dalam kapal tersedia 5 buah bendera dengan 

warna yang berbeda. Tiga bendera yang dikibarkan 

pada satu tiang bendera kapal secara berurutan dari 

atas ke bawah akan memberikan isyarat kepada kapal 

lain. Banyaknya isyarat yang dapat dibuat sebanyak … 

isyarat.

A.  60                    D. 30

B.  50                    E. 20

C.  40

 

Uraian

 

Soal : 1
Berapa banyak permutasi untuk menyusun tujuh 
buah unsur.

 

Soal : 2

Hitunglah :

a.    3P5 = …      f. 15P15 = …

b.   3P8 = …      g. 2P12 = …

c.    2P6 = …      h. 8P10 = …

d.   4P6 = …      i. 3P3 = …

e.    1P5 = …      j. 11P13 = …

 

Soal : 3

Hitunglah

a.    3P62P5 = …     d. 6P65P5 = …

b.   4P63P5 = …     e. 1P90P8 + 1P9 = …

c.    5P64P5 = …     f. 3P92P8 + 3P9 = …

 

Soal : 4

Tiga buah buku Matematika, enam buah buku Fisika, 
dan tiga buah buku Kimia yang berbeda disusun 
pada suatu rak. Berapa banyak kemungkinan susunan 
buku jika,

a.    Buku – buku bersubjek sama harus diletakkan 

    berdampingan.

b.   Hanya buku – buku Fisika yang diletakkan 

    berdampingan.

 

Soal : 5

Lima kelereng berwarna merah, tiga kelereng putih, 
dan empat kelereng berwarna biru disusun dalam 
satu kotak. Jika semua kelereng yang berwarna 
sama tidak dapat dibedakan satu sama lain, 
berapa banyak permutasi yang berlainan dari 
kelereng – kelereng tersebut.

 

Rabu, 01 Mei 2024

PaPan Tulis Bercerita

 Jika Papan tulis bercerita kepada banyak orang termasuk murid - murid yang pernah saya ajari. Mungkin foto - foto di bawah ini dapat bercerita kembali. Seperti apa sulitnya, lelah, dan lain sebaginya. Bersatu menjadi karya tulis di papan tulis, dan menyampaikan ilmu ke siswa. 


Semoga tulisan ini dapat memberikan inspirasi baru yang belum tergali atau dapat menjadi satu motivasi kecil yang sederhana buat kita semua anda dan saya. Silahkan discroll ke bawah. 


Gambar 1.  Rangkaian Listrik, IPA - Fisika kelas IX SMP



Gambar 1. 
Rangkaian Listrik, IPA - Fisika kelas IX SMP 

Gambar 2.  Sambungan Rangkaian listrik kelas IX SMP



Gambar 2. 
Sambungan Rangkaian listrik kelas IX SMP 


Gambar 3.  Gerak Lurus, Fisika kelas VIII SMP



Gambar 3. 
Gerak Lurus, Fisika kelas VIII SMP 

Gambar 4 Relativitas, Fisika kelas XII MIPA


Gambar 4
Relativitas, Fisika kelas XII MIPA 

Gambar 5.  Gerak lurus, Fisika kelas VIII SMP



Gambar 5. 
Gerak lurus, Fisika kelas VIII SMP 

Gambar 6 Mass jenis, Fisika kelas VII SMP




Gambar 6
Mass jenis, Fisika kelas VII SMP 


Gambar 7.  Salah satu piagam penghargaan yang diraih anak private les  dan merupakan peraih emas dalam OSN Tingkatan SMTP/Mts  se - Indonesia 2020/2021.



Gambar 7. 
Salah satu piagam penghargaan yang diraih anak private les dan merupakan peraih emas dalam OSN Tingkatan SMTP/Mts se - Indonesia 2020/2021. 


SERI OSN : 30 DINAMIKA ROTASI

Materi Belajar - Mengajar 
untuk persiapan mengikuti OSN Fisika tingkatan SMA

Daftar isi : 
* 4 Contoh Soal disertai pembahasan 
* 1 Soal untuk latihan 

Soal : 1
Sebatang tongkat homogen AB berdiri tegak pada 
titik A, batang dilepas, kemudian jatuh.

GAMBAR SOAL 1










Bila panjang tongkat L dan massanya m, 
maka tentukan kecepatan linier titik B setelah 
mencapai lantai.

Pembahasan :

PENY 1A

 

 

  

 

 

 


Silahkan anda berimajinasi seperti gambar di atas. Benda mengalami rotasi dari posisi awalnya tegak hingga jatuh ke lantai. Berarti terjadi gerak rotasi sebesar θ = 900. Dan yang berotasi itu adalah sebuah titik partikel pada ketinggian setengah panjang tongkat ( h = ½ L). Selanjutnya kita dapat menggunakan hukum kekekalan energi.

PENY 1B
















Kemudian kecepatan rotasi yang kita peroleh, kita konversikan menjadi kecepatan linier, v = ωL.

Disini kecepatan liniernya, bukan lagi kecepatan titik partikel. Melainkan kecepatan batang tongkat keseluruhan.

PENY 1C















Soal : 2
Sebuah batang yang panjangnya L dan massanya M 
dapat berotasi dengan bebas seperti pada gambar.

GAMBAR SOAL 2













Batang mula – mula dipegang pada posisi horizontal dan kemudian dilepaskan. Pada saat batang membentuk sudut θ dengan vertikalnya. Tentukan kecepatan sudutnya.

 

Pembahasan : 

PENY 2A








Perhatikan partikel titik pada tongkat, yang memiliki inersia I = 1/3 ML2. Saat dilepaskan, batang mengalami gerak jatuh bebas GJB (v0 = 0). Dan batang mencapai sudut θ, partikel titik pada batang sudah mencapai ketinggian h = ½ L.cos θ. Maka kita dapat menyelesaikannya menggunakan hukum kekekalan energi. 


PENY 2B















Soal : 3
Batang homogen yang memiliki panjang L dan massa M, berporos di O sehingga dapat berputar dalam bidang vertikal. 

GAMBAR SOAL 3












Bila batang dilepas dari keadaan horizontal, tentukan kecepatan linier ujung A saat posisinya seperti gambar di atas.
 
Pembahasan :  

PENY 3A








pada pembahasan kali ini, sedikit berbeda dari pembahasan sebelumnya. Letak perbedaannya, acuan yang digunakan tidaklah vertikal bidangnya. Melainkan bidang horizontal batang atau tongkat. Namun secara keseluruhan masih sama caranya. 


PENY 3A









Dan kecepatan linier ujung A, 

PENY 3B











Soal : 4
Sebuah batang homogen AB berdiri tegak di titik A yang berperan sebagai poros.

GAMBAR SOAL 4













Batang dilepaskan, kemudian roboh. Bila panjang batang L dan massanya m, maka tentukan kecepatan linier titik B saat posisi batang seperti gambar di atas.
 
Pembahasan : 

PENY 4A





 






Perhatikan titik partikelnya, saat batang mencapai sudut sebesar θ. Titik partikel mengalami penurunan ketinggian sebesar Δh.

PENY 4B







Hukum kekekalan energi,



PENY 4C








 




Maka kecepatan linier ujung batang B,


PENY 4D







 



Latihan

Sebuah batang dengan panjang L dan bermassa m berdiri di tepi meja sedemikian rupa sehingga bagian bawahnya disangga pada pasak licin (tanpa gesekan). Kemudian batang itu miring dan jatuh.

LATIHAN















Tentukan :

a.    Sudut batang terhadap posisi vertikalnya saat batang 

    lepas dari meja.

b.   Hitunglah tinggi meja jika batang mencapai lantai 

    dalam posisi vertikal, dengan ujung atasnya 

    menyentuh lantai terlebih dahulu.