This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Jumat, 30 Desember 2022

PERTEMUAN - 1 GETARAN DAN GELOMBANG

Selamat datang di blog saya, 
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi materi ajar tentang Getaran dan Gelombang. Dan materi ini yang saya bawakan di kelas untuk mengajar di kelas VIII SMP (A/B) SMP WR Supratman 2 Medan. Jika ada kritik dan saran, silahkan Bapak / Ibu tinggalkan di kolom komenter, terima kasih 🙏🙏

Daftar isi : 
Getaran Dan Gelombang 
A. Getaran 
1. Penggaris 
2. Ayunan Bandul
3. Pegas 
4. Besaran - besaran Getaran 
5. Soal Penghantar 



A.  Getaran

Gerak bolak – balik secara periodik melalui suatu titik  seimbang

Contoh : Penggaris

 

PERTEMUAN - 1 GETARAN DAN GELOMBANG

 
Contoh : ayunan Bandul
 
PERTEMUAN - 1 GETARAN DAN GELOMBANG



Contoh : Pegas

PERTEMUAN - 1 GETARAN DAN GELOMBANG


Besaran – besaran Getaran :

 

Amplitudo (A) :

jarak simpangan terjauh gerak benda dari keseimbangannya. Disimbolkan dengan huruf “A” kapital, dan satuannya dalam SI adalah meter (m).

 

Frekuensi (f) :

 

Banyak getaran yang terjadi dalam waktu satu detik.


PERTEMUAN - 1 GETARAN DAN GELOMBANG

 

Periode (T) :

Lamanya waktu yang diperlukan untuk membuat satu getaran.


PERTEMUAN - 1 GETARAN DAN GELOMBANG


Contoh 01 :

Periode getaran sebuah pegas ketika amplitudonya 2 cm adalah 1,0 sekon. Periodenya jika pegas diberi amplitudo 8 cm adalah …
A.  1,0 sekon
B.  2,0 sekon
C.  4,0 sekon
D.  8,0 sekon

 

Kunci : (A)

 

Pembahasan :

 

Periode pegas (T) :

PERTEMUAN - 1 GETARAN DAN GELOMBANG

Terlihat hubungannya dengan amplitudo tidak ada, jadi jawabannya adalah tetap sama 1 ,0 sekon.
 

Contoh 02 :

Sebuah beban digantung pada ujung sebuah pegas dan ujung lainnya pada statif. Beban diatrik ke bawah dari titik keseimbangannya. Begitu beban tersebut dilepaskan, beban bergerak bolak – balik diantara titik terendah dan titik tertinggi yang terpisah sejauh 14 cm. Begitu beban kembali ke titik terendah untuk pertama kalinya, siswa mulai menghitung 1 kali. Pada hitungan ke 10 kali, siswa melihat bahwa stopwatch mencatatkan waktu 8 sekon. Tentukanlah :
a.   Amplitudo
b.   Periode
c.   Frekuensi getaran beban pada pegas.

 

Pembahasan :

 

Bagian a)

Besar amplitudo (A) :


PERTEMUAN - 1 GETARAN DAN GELOMBANG


Bagian b )

Periode (T) :


PERTEMUAN - 1 GETARAN DAN GELOMBANG

 

Bagian c)

Frekuensi (f) :


PERTEMUAN - 1 GETARAN DAN GELOMBANG






LENSA CEKUNG 2




Nama sekolah     : SMP WR Supratman 2 Medan
Tahun Pelajaran : ………….
Semester           : II (Dua)
Pelajaran            : IPA – Fisika
Materi                : Lensa Cekung – 2
Kelas                 : VIII SMP
Hari / tanggal     : ………….
Waktu                : ………….

 

Pilihan Berganda

 

Soal : 1
Sebuah benda diletakkan 6 cm di depan sebuah lensa 
cekung dengan jarak fokus 9 cm. Maka perbesaran 
bayangan dari lensa adalah …

a.    3 kali         c. 0,6 kali

b.   1,5 kali      d. 0,3 kali

 

Soal : 2
Bayangan dari sebuah benda yang diletakkan di depan 
sebuah lensa cekung ( f = 10 cm) terbentuk 8 cm 
di depan lensa. Jarak benda dari lensa adalah …

a.    – 40 cm     c. – 20 cm

b.   – 30 cm     d. – 15 cm

 

Soal : 3
Bayangan dari sebuah benda yang diletakkan 24 cm 
di depan sebuah lensa cekung berjarak 8 cm dari 
lensa. Maka jarak fokus lensa sama dengan …

a.    – 15 cm     c. – 10 cm

b.   – 12 cm     d. – 8 cm

 

Soal : 4
Sebuah benda setinggi 8 cm diletakkan 10 cm 
di depan sebuah lensa cekung yang berjarak 
fokus 6 cm. Tinggi bayangan yang dibentuk lensa 
adalah …

a.    15 cm        c. 13 cm

b.   14 cm        d. 12 cm

 

Soal : 5

Sebuah benda diletakkan 0,3 m di depan lensa negatif 
dengan jarak fokus 0,15 m, maka terjadi bayangan 
pada jarak …

a.    0,1 m di belakang lensa

b.   0,3 m di belakang lensa

c.    0,1 m di depan lensa

d.   0,3 m di depan lensa

 

Soal : 6
Sebuah lensa cekung mempunyai jarak fokus 15 cm. 
Sebuah benda yang berada di depan lensa, ternyata 
membentuk bayangan berjarak 10 cm dari lensa. 
Jika diketahui tinggi bayangan 4 cm, maka jarak 
benda dari lensa dan tinggi bendanya adalah …

a.    15 cm dan 6 cm

b.   20 cm dan 10 cm

c.    30 cm dan 12 cm

d.   40 cm dan 12 cm

 

Soal : 7
Perhatikan gambar berikut ini,

7








Sebuah lilin diletakkan 15 cm di depan lensa. 
Jika jarak fokusnya 10 cm, maka perbesaranya
 … kali.

a.    0,4            c. 3

b.   0,6            d. 6

 

Soal : 8
Di depan sebuah lensa diletakkan lilin seperti pada 
gambar di bawah ini.

8







Jika perbesaran bayangan 0,4 kali, jarak fokus lensa 
adalah …

a.    3 cm          c. 9 cm

b.   6 cm          d. 12 cm 

 
Soal : 9
Sebuah benda yang diletakkan 15 cm di depan sebuah 
lensa, ternyata membentuk bayangan tegak setinggi 
1/3 kali tinggi bendanya. Maka jari – jari lensa itu 
adalah …

a.    5 cm          c. 15 cm

b.   10 cm        d. 20 cm

 
Soal : 10
Sebuah benda berada 20 cm dari lensa. Bayangan 
benda 8 cm dari lensa dan lensa satu pihak dengan 
bendanya. Maka panjang fokus lensa adalah …

a.    40/3 cm dan lensa divergen

b.   40/3 dan lensa konvergen

c.    40/7 cm dan lensa divergen

d.   40/7 cm dan lensa konvergen

Kegiatan Belajar dalam Foto

Gambar 1.Pesawat Sederhana, Tuas
(kelas VIII SMP)

Gambar 1.Pesawat Sederhana, Tuas (kelas VIII SMP)










Gambar 2. Gerak Lurus, GLB
(kelas VIII SMP)

Gambar 2. Gerak Lurus, GLB (kelas VIII SMP)

 

 

 







Gambar 3. Rangkaian listrik,lanjutan seri - paralel
(kelas IX SMP)

Gambar 3. Rangkaian listrik,lanjutan seri - paralel (kelas IX SMP)


 

 

 


Kamis, 29 Desember 2022

SERI - 100 PERSAMAAN LINGKARAN

Selamat datang di blog saya, Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman menyelesaikan soal Matematika (Peminatan) kelas XI SMA/MA. Dikutip dari buku Sukino Matematika Jilid 2, halaman 149 nomor 4 pada bagian C. Evaluasi Kemampuan Analisis. Semoga pengalaman berbagi ini bermanfaat buat kita semua, terima kasih. 

Soal :

Tentukan persamaan lingkaran yang berpusat di O(0,0). Apabila luas juring lingkaran dengan sudut pusat lingkaran 600 sama dengan 24π.
 
Pembahasan :
Perhatikan soal di atas, luas tembereng tidak ada disebutkan. Berarti kita dapat mengasumsikan luas tembereng sama dengan nol. Sehingga, 

SERI - 100 PERSAMAAN LINGKARAN


Dengan pusat lingkaran O(0,0) maka persamaan lingkarannya menjadi. 

SERI - 100 PERSAMAAN LINGKARAN

SERI - 101 PERSAMAAN LINGKARAN

Selamat datang di blog saya, Pada kesempatan kali ini saya mencoba berbagi penyelesaian soal yang pernah saya lakukan tatkala saya mengajar les di rumah murid les. Tepatnya di kediaman Nicholas Sidik, peraih kampium lomba olimpiade sains tingkat nasional TP 2019 / 2020. Semoga pengalaman berbagi yang saya perbuat ini dapat bermanfaat buat kita semua, terima kasih. 

Soal yang saya bagikan ini, dikutip dari buku Sukino, MATEMATIKA Jilid 2, untuk kelas XI SMA / MA. Halaman 149 nomor 5 dari bab PERSAMAAN LINGKARAN.

Soal :

Tentukan persamaan lingkaran yang berpusat di O(0,0) dengan luas tembereng (π/3 – 1) satuan luas seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

SERI - 101 PERSAMAAN LINGKARAN

Pembahasan : 


SERI - 101 PERSAMAAN LINGKARAN

Subsitusikan nilai luas tembereng ke persamaan (1)

SERI - 101 PERSAMAAN LINGKARAN

Karena titik pusatnya O(0,0) maka kita peroleh persamaan lingkarannya, 


SERI - 101 PERSAMAAN LINGKARAN


CONTOH CERMIN CEMBUNG DAN CEKUNG

SMP WR SUPRATMAN 2 MEDAN 
Tahun Pembelajaran 2019/2020
Kelas       : VIII - SMP 
Materi     : Contoh Cermin Cembung dan Cekung 
Penulis    : PARULIAN SIMORANGKIR 


CONTOH CERMIN CEMBUNG DAN CEKUNG



CONTOH CERMIN CEMBUNG DAN CEKUNG


CONTOH CERMIN CEMBUNG DAN CEKUNG

MATERI CERMIN CEMBUNG DAN CEKUNG KELAS VIII SMP

SMP WR SUPRATMAN 2 MEDAN 
Tahun Pelajaran 2019/2020
Kelas        : VIII - C/D
Materi       :  Ajar Cermin Cekung dan Cembung 
Penulis     : PARULIAN SIMORANGKIR 









CERMIN CEMBUNG 1



Nama sekolah     : SMP WR Supratman 2 Medan
Tahun Pelajaran : ………….
Semester           : II (Dua)
Pelajaran            : IPA – Fisika
Materi                : Cermin cembung – 1
Kelas                 : VIII SMP
Hari / tanggal     : ………….
Waktu                : ………….

 

Pilihan Berganda

 

Soal : 1
Dalam diagram di bawah ini.

1










Jika sebuah benda diletakkan di depan cermin 
cembung. F adalah titik fokus maya dari cermin 
dan M adalah pusat kelengkungannya. Sinar R 
sejajar dengan sumbu utama. Dan sinar R 
akan dipantulkan sepanjang lintasan …

a.    1

b.   2

c.    3

d.   4

 

Soal : 2
Perhatikan gambar berikut.

2








Diagram di atas menampilkan tiga sinar cahaya 
sejajar mendekati cermin. Sinar cahaya yang akan 
dipantulkan normal terhadap permukaan cermin 
adalah sinar ….

a.    Sinar P

b.   Sinar Q

c.    Sinar R

d.   Sinar P, Q, dan R

 

Soal : 3
Suatu benda diletakkan di depan cermin cembung. 
Bayangan benda tersebut adalah …

a.    Tidak akan terbentuk bayangan

b.   Nyata dan lebih kecil

c.    Maya dan lebih kecil

d.   Maya dan lebih besar

 

Soal : 4
Perhatikan sifat – sifat bayangan pada cermin 
berikut.

(1)      Nyata

(2)      Tegak

(3)      Sama besar dengan benda

(4)      Maya

 

Sifat – sifat bayangan pada cermin cembung 
ditunjukkan oleh nomor …

a.  Nomor (4)

b.  Nomor (1) dan (3)

c.   Nomor (2) dan (4)

d.  Nomor (1), (2), dan (3)

 

Soal : 5

Cermin cembung dimanfaatkan pada …

a.  Cermin untuk berdandan

b.  Lampu sorot mobil

c.   Teropong bintang

d.  Kaca spion mobil

 

Soal : 6
Bayangan yang dibentuk oleh cermin cembung lebih 
kecil daripada bendanya untuk ….

(s = jarak benda dan f = jarak fokus cermin)

a.  s < 2f                c. f < s < 2f

b.  s > 2f                d. setiap nilai s

 

soal : 7

lukisan pembentukan bayangan pada cermin 

cembung yang benar adalah …

7










Soal : 8
Sebuah benda diletakkan 20 cm di depan cermin 
cembung dengan jarak fokus 30 cm. Letak dan 
sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin tersebut 
adalah …

a.  60 cm di depan cermin, maya, dan tegak.

b.  60 cm di belakang cermin, nyata, dan tegak.

c.   12 cm di belakang cermin, maya, dan tegak.

d.  12 cm di depan cermin, nyata, dan tegak.

 

Soal : 9
Lilin setinggi 8 cm berada 4 cm di depan cermin 
cembung dengan jarak fokus 60 cm. 
Bayanganya adalah …

a.  Tegak dan panjangnya 8,5 cm

b.  Tegak dan panjangnya 10 cm

c.   Terbalik dan panjangnya 8,5 cm

d.  Terbalik dan panjangnya 10 cm

 

Soal : 10
Cermin cembung dengan jarak fokus 9 cm membentuk 
bayangan dalam cermin pada jarak 65 cm dari cermin. 
Maka jarak benda adalah …

a.  12 cm

b.  18 cm

c.   24 cm

d.  30 cm

Kegiatan Belajar dalam Foto

gambar 1















gambar 2


 

 


gambar 3



gambar 4



SMP WR SUPRATMAN 2 MEDAN 
Tahun Pelajaran 2019/2020
Kelas             : VIII - C/D
Materi            : Penyelesaian Cermin datar, Cekung, 
                        dan Cembung 
Penulis          : PARULIAN SIMORANGKIR  


lampiran 1


lampiran 2



lampiran 3


lampiran 4