Postingan

SERI - 1 SPLDV SMP

Gambar
Bab 5 Sistem Persamaan  Linear Dua Variabel (SPLDV)         Menyelesaikan Permasalahan  Berkaitan dengan SPLDV Soal yang hendak diselesaikan, terlebih dahulu  disederhanakan dan diubah ke bentuk model  matematika.  Setelah menjadi SPDLV,  baru permasalahan dapat  diselesaikan baik  menggunakan metode subtitusi   maupun menggunakan metode eliminasi .   Soal – soal ini dikutip dari buku  Mandiri Matematika 2  untuk SMP/MTs Kelas VIII,  halaman 75 sampai dengan  halaman 76.   Bagian 5.6 Menyelesaiakan Soal Cerita Nomor : 56        Jumlah dua bilangan cacah sama dengan 37,  sedangkan selisihnya sama dengan 7.  Hasil kali kedua bilangan itu adalah … A. 330 B. 300 C. 289 D. 270   Pembahasan : 56 Nomor : 57      Uang Irna sama dengan 3/2 uang Tuti.  Jika jumlah uang mereka Rp 35.000 maka  uang Irna adalah … A.   Rp 24.000 B.   Rp 21.000 C.   Rp 18.000 D. Rp 14.000 Pembahasan : 57 Nomor : 58      Sebuah pecahan bernilai 5/6. Jika pembilang  dan 

PANGKAT TAK SEBENARNYA (Fungsi dan Persamaan Eksponen/Logaritma)

Gambar
Tujuan Instruksional Utama (TIU) Siswa memahami berbagai sistem bilangan serta dapat  menerapkannya baik dalam Matematika, mata pelajaran lain,  maupun dalam kehidupan sehari – hari.   Daftar Isi : PANGKAT TAK SEBENARNYA (Fungsi dan Persamaan Eksponen/Logaritma) 1.   Pangkat tak sebenarnya 1.1.     Eksponen Bulat Positip 1.2.     Eksponen Bulat Negatip dan Nol 1.3.     Eksponen Rasional   2.   Bilangan Irasional dan Bentuk Akar 2.1.     Menyederhanakan Bentuk – Bentuk Akar 2.2.     Merasionalkan Penyebut Pecahan     1. Pangkat Tak Sebenarnya   Istilah “Bilangan berpangkat” dipergunakan untuk bilangan yang  ditulis dalam bentuk a n . Dimana a merupakan bilangan pokok  dan n merupakan bilangan pangkatnya. Bilangan pokok  pada bilangan berpangkat merupakan anggota bilangan real.  Sedangkan bilangan pangkatnya (eksponen) boleh bernilai  negatip, nol, dan positip.   Sifat – sifat dasar bilangan berpangkat.                       1.1.   Eksponen