KEGIATAN MENGAJAR DALAM FOTO (2)

 Selamat datang di blog saya, 

Pada kesempatan kali ini saya hanya berbagi pengalaman belajar dalam bentuk dokumentasi foto. 

Bahan Ulangan Harian SMP dan SMA WR Supratman 2 Medan TP 2024/2025 semester 2 (dua). Menggunakan google form, setiap peserta didik diwajibkan hanya masuk (mengerjakan) 1 kali kesempatan saja. Catatan, jika pindah aplikasi atau pun layar HP/Laptop anda terkunci akan otomatis tersubmit. Untuk itu penting dipahami peserta didik agar memperhatikan aturan tersebut. 

DAFTAR UH - 1 : 





















Gambar 1. suasana belajar di Bimbel WR Supratman 2 Medan, Kelas XII MIPA. Materi ajar Efek Foto Listrik (EFL).

Setelah menjelaskan beberapa soal, selanjutnya siswa diberi kesempatan untuk mencatat materi. Sembari mencatat materi penjelasan, peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya jika masih terfdapat penjelasan yang masih belum dimengerti. 


















Gambar 2. Peserta didik diberikan menjawab soal dalam bentuk Quiz. 

Peserta didik dengan santai mengerjakan soal quiz yang diberikan sebagai bentuk uji mandiri. Peserta didik dengan tenang dan tekun mengerjakan soal - soal yang disajikan. 


















Gambar 3. materi Fisika kelas XI MIPA, Gejala Gelombang.

Materi ajar Gejala gelombang untuk kelas XI - MIPA, perserta didik diberikan waktu mencatat materi yang baru saja dijelaskan. 

KEGIATAN MENGAJAR DALAM FOTO (3)

Selamat datang diblog saya, 
pada kesempatan kali ini saya akan berbagi dokumentasi mengajar dan bekerja di perguruan Buddhis Bodhicitta Medan yang beralamat di Jalan Selam No. 39 - 41 Medan. 

Saya mulai bekerja di Perguruan SMP Buddhis Bodhicitta Medan, tahun 2005 sampai dengan tahun 2012. Saat bersamaan juga saya mengajar juga di SMA WR Supratman 2 Medan Jalan Asia No. 143 Medan. Sedangkan induk tempat saya mengajar SMP - SMA WR Supratman 2 Medan yang beralamat di Jalan Brigjend. Zein Hamid No. 33 Medan. 

Saya memilki pengalaman berat dan penuh suka cita selama bekerja di SMP Bodhicitta Medan. Saat masih dipimpin Pak Alfian Salim sebagai kepala sekolah SMP Bodhicitta Medan. Bersama Pak Siwan Sie, guru biologi SMP dan saya sebagai guru fisika. 

Kami diberi tantangan sebagai tugas tambahan untuk mendesign program pelatihan lomba Olimpiade sains tingkat SMP. Dan mempersiapkan siswa/i untuk siap mengikuti lomba - lomba lainnya. 

Tantangan yang kami lalui memberikan hasil manis, SMP Buddhis Bodhicitta Medan berhasil menorehkan beragam prestasi siswa. Dan puncaknya ada siswi atas nama Joselyn berhak mendampingi siswa dari SMP Sutomo 1 Medan ke OSN tingkat Nasional di Surabaya, Jawa Timur. 

Di sekolah inilah keyakinan saya muncul untuk menjadi guru sekaligus pelatih anak - anak murid SMP. Mempersiapkan mereka untuk mengikuti 
lomba sains sekelas olimpiade sains tingkat SMP. Dan kali pertama saya bertandem dengan Pak Siwan, berhasil mengantarkan seorang siswa lolos hingga ke tingkat Nasional di Surabaya. Anak itu ada di gambar 2, namun saya sudah lupa namanya semoga si anak tidak lupa dengan saya. Kabar terakhir yang pernah saya dapati, si anak mengambil jurusan S2 hukum di Den Haag, Belanda.



Kegiatan Mengajar Dalam bentuk Foto 

Foto bareng dengan siswa/i tamatan, kelas IX - C SMP Buddhis Bodhicitta Medan,  sebagai foto kemesaran antara guru dengan siswa. (Dok. Pribadi)

Gambar 1. Foto bareng dengan siswa/i tamatan, kelas IX - C SMP Buddhis Bodhicitta Medan, sebagai foto kemesaran antara guru dengan siswa. (Dok. Pribadi)


Foto bareng dengan siswi pemuncak kelas, di ruangan kelas IX - B SMP Buddhis Bodhicitta Medan. (Dok.Pribadi)
Gambar 2. Foto bareng dengan siswi pemuncak kelas, di ruangan kelas IX - B SMP Buddhis Bodhicitta Medan. (Dok.Pribadi)

Foto bareng bersama siswi SMP BUddhis Bodhicitta Medan, mereka meminta sebagai pengingat kedekatan mereka dengan salah seorang guru yang killer kata mereka. (Dok.Pribadi)
Gambar 3. Foto bareng bersama siswi SMP BUddhis Bodhicitta Medan, mereka meminta sebagai pengingat kedekatan mereka dengan salah seorang guru yang killer kata mereka. (Dok.Pribadi) 


Foto lingkungan sekolah perguruan SMP Buddhis Bodhicitta Medan Jl. Selam No. 39 - 41 Medan

Gambar 4. Foto lingkungan sekolah perguruan SMP Buddhis Bodhicitta Medan Jl. Selam No. 39 - 41 Medan. Sebagai foto kenang - kenangan saya, yang sejak tahun 2005 sampai dengan 2013 pernah bertugas sebagai guru Fisika tingkatan SMP. 

KEGIATAN MENGAJAR DALAM FOTO (1)

Selamat datang diblog saya, 
Pada kesempatan kali ini saya berbagi pengalaman belajar - mengajar dalam bentuk foto. Baik mengajar di sekolah maupun mengajar di bimbingan sekolah. 


Gambar 1. saat masuk di kelas VIII - A SMP WR Supratman 2 Medan. Papan tulis menggunakan kaca dan spidol sebagai media pembelajaran di dalam kelas. 


















Gambar 2. saat masuk di kelas IX - A SMP WR Supratman 2 Medan. Papan tulis menggunakan kaca dan spidol sebagai media pembelajaran di dalam kelas. 




Gambar 3a. 



















Gambar 3b 

Gambar 3a dan Gambar 3b, gambaran suasana belajar di kelas XII - MIA 1 (Gambar 3a). Dan suasana belajar di kelas XII - MIA 2 (Gambar 3b) menggunakan papan tulis terbuat dari kaca sebagai media pembelajaran. 


















Gambar 4, suasana belajar di kelas IX - B SMP WR Supratman 2 Medan. 









LATIHAN CAHAYA 10

20 SOAL CAHAYA

 

Daftar Isi :

·        4 soal Cermin Cekung

·        4 soal Cermin Cembung

·        4 soal Pembiasan

·        4 soal Lensa Cekung

·        4 soal Lensa Cembung

 

Pilihan Berganda

 

Soal : 1
Sebuah benda berada 15 cm di depan cermin cekung yang mempunyai jari-jari kelengkungan 20 cm. Jarak bayangannya adalah ........ cm.
a. 30     
b. 20      
c. 15      
d. 5

Soal : 2
Sebuah paku diletakkan tegak lurus pada sumbu utama cermin cekung yang jarak fokusnya 2 cm. Bila jarak paku terhadap cermin 3 cm, maka jarak bayangannya ....
a. 1,2 cm di depan cermin
b. 1,2 cm di belakang cermin
c. 6,0 di depan cermin
d. 6,0 cm di belakang cermin

Soal : 3
Jika sebuah benda berada di muka cermin cekung seperti gambar berikut ini,


maka bayangan benda berada sejauh ....
a. 7,2 cm
b. 14 cm
c. 18 cm
d. 72 cm

Soal : 4
Lilin diletakkan di depan cermin seperti gambar berikut ini.

Jarak fokus cermin 4 cm, perbesaran bayangan yang dibentuk cermin adalah .....
a. 4 kali
b. 2 kali
c. 1 kali
d. 0,5 kali

Soal : 5
Sebuah cermin cembung ditempatkan di tikungan jalan. Ketika terdapat benda yang jaraknya 2 m dari cermin, bayangan yang terbentuk adalah 1/16 kali tinggi benda. Jarak fokus cermin adalah ... m.
a.    2/17
b.   2/15
c.    5/8
d.   15/2

Soal : 6
Sebuah benda yang tingginya 8 cm diletakkan pada jarak 50 cm di depan sebuah cermin cembung yang jari-jari kelengkungannya 25 cm. Tinggi bayangan yang terjadi adalah ...... cm.
a.    8/5
b.   9/2
c.    5/2
d.   2

Soal : 7
Sebuah cermin lengkung membentuk bayangan sebesar 1/5 kali besar benda dan tegak ketika benda diletakkan 10 cm di depan cermin. Jari-jari cermin tersebut adalah .....
a. 1 cm         
b. 2 cm                
c. 3 cm         
d. 5 cm

Soal : 8
Perhatikan gambar di bawah ini.

Perbesaran yang dihasilkan cermin tersebut adalah .......
a. 2 kali
b. 4 kali
c. ½ kali
d. 2/3 kali

Soal : 9
Perhatikan gambar di bawah ini !

Bila A’O = 3 dan  B’O = 2 , maka indeks bias medium Y terhadap medium X adalah ........
a.    2/3
b.   ½
c.    3/2
d.   1/3

Soal : 10
The speed of light in a piece of crown glass 1,5 x 108 m/s. 
What is the index of reflection of crown glass ?
a. 2,0       
b. 0,33          
c. 0,2            
d. 1,5

Soal : 11
Jika panjang gelombang cahaya di udara adalah 9000 â„«, maka panjang gelombang cahaya dalam air (indeks bias 4/3) adalah .... â„«.
a. 3750  
b. 7750         
c. 8750         
d. 6750

Soal : 12
Suatu berkas cahaya monokromatis di udara mempunyai frekwensi 8 x 1014 Hz. Jika cahaya dilewatkan pada sebuah medium dengan indeks bias 1,5 maka .......
1)   cepat rambat cahaya dalam medium 2 x 10 8 m/s.
2)   panjang gelombang cahaya dalam medium adalah  2,5 x 10 -7 m.
3)   panjang gelombang di udara adalah 3,75 x 10 -7 m.
4)   frekwensi cahaya dalam medium adalah 5,33 x 10 14 Hz.
Pernyataan yang benar adalah ....
a.    4) saja
b.   1) dan 3)
c.    2) dan 4)
d.   1), 2), dan 3)

Soal : 13
Sebuah benda yang diletakkan 15 cm di depan sebuah lensa ternyata membentuk bayangan tegak setinggi 1/3 kali tinggi benda. Jari-jari lensa itu adalah ..... cm.
a. 5 
b. 10      
c. 15                   
d. 20

Soal : 14
Sebuah benda diletakkan pada jarak 15 cm didepan lensa cekung yang jarak fokusnya 10 cm. Bayangannya terbentuk pada jarak ........
a. 6 cm di depan lensa  
b. 6 cm di belakang lensa
c. 30 cm di depan lensa 
d. 30 cm di belakang lensa

Soal : 15
Sebuah benda diletakkan 12 cm di depan lensa cekung. Ternyata bayangan terbentuk pada jarak 4 cm di depan lensa. Kekuatan lensa tersebut adalah ......... dioptri.

Soal : 16
Sebuah benda yang berada 20 cm di muka lensa cekung membentuk bayangan maya yang berada 10 cm dari lensa tersebut. Kuat lensa yang digunakan adalah ........... dioptri.
a.    4
b.   - 4     
c.    5
d.   - 5

Soal : 17
Sebuah benda diletakkan di depan lensa konvergen yang jarak fokusnya 15 cm. Letak dan perbesaran bayangan bila benda diletakkan pada jarak 20 cm di depan lensa adalah .........
a.    60 cm dan 3 kali
b.   40 cm dan 2 kali
c.    50 cm dan 3 kali
d.   60 cm dan 4 kali

Soal : 18
Sebuah lensa konvergen mempunyai jarak fokus 10 cm. Jarak dan perbesaran bayangan yang terjadi jika benda terletak pada jarak 5 cm dari lensa adalah ......
a.    10 cm dan 2 kali.
b.   - 10 cm dan 3 kali.
c.    - 10 cm dan 2 kali.
d.   20 kali dan 4 kali

Soal : 19
Seekor ulat yang panjangnya 6 cm terletak 6 cm di depan sebuah lensa konvergen yang jarak fokusnya 3 cm. Panjang bayangan ulat adalah .... cm.
a. 1             
b. 2       
c. 3               
d. 4

Soal : 20
Sebuah lensa cembung memiliki jarak fokus 15 cm. Di manakah benda harus diletakkan agar terbentuk bayangan tegak diperbesar tiga kali ?
a. 4 cm  
b. 5 cm         
c. 6 cm  
d. 10 cm


Bagi Pelajar
Dapat digunakan sebagai bahan untuk berlatih mandiri

 

Bagi Guru
Dapat digunakan bahan ajar untuk sumber contoh soal. Bahan untuk PR, atau bahan ujian harian atau pun bahan ujian semester dan seterusnya.