SERI KUPAS FISIKA 12 BAGIAN 1

Selamat datang di blog saya, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi 10 soal Fisika yang dapat dijadikan bahan untuk berlatih. Baik untuk persiapan menghadapi ujian semester maupun persiapan mengikuti ujian seleksi masuk perguruan tinggi negri. Semoga bahan berbagi ini memberikan manfaat buat kita semua.

Daftar isi :
·        Elastisitas
·        Getaran dan Gelombang

 

Pilihan Berganda

 

Soal : 1
Perhatikan kurva tegangan-regangan seutas kawat pada gambar berikut ini.


Modulus young  ( dalam Pa ) untuk kawat ini adalah .......
A.   36 x 10 11 Pa   
B.   8,0 x 10 11 Pa
C.   2,0 x 10 11 Pa    
D.  0,5 x 10 11 Pa
E.   16 x 10 11 Pa

Soal : 2
Sebuah batang panjang mula-mula L ditarik dengan gaya F. Jika luas penampang batang A dan modulus elastis E, maka rumus pertambahan panjang adalah .....

Soal : 3
Perhatikan gambar di bawah ini.


Dari gambar di atas, bila massa bola adalah 500 gram dan konstanta elastis pegas adalah 40 N/m, maka kecepatan sudut putaran bola adalah ........ rad/s.

Soal : 4
Sebuah logam memiliki modulus young 4 x 106 N/m2, luas penampangnya 20 cm2 dan panjang batangnya adalah 5 meter. Konstanta gaya dari logam tersebut adalah ..... N/m.
A.   400    
B.   800    
C.   1600  
D.  3200  
E.   6400

Soal : 5
Sebuah pegas baja mematuhi Hukum Hooke. Gaya sebesar 8 N memulurkan pegas 40 mm. Sebuah gaya 10 N akan memulurkan pegas ....... mm.
A.   10                         
B.   20                 
C.   50
D. 90
E. 100

Soal : 6
Seutas tali panjangnya 3 meter dengan salah satu ujung diikat dan ujung lainnya digetarkan terus-menerus sehingga membentuk gelombang stasioner. Pada tali terbentuk 3 gelombang penuh. Bila diukur dari ujung terikat, maka perut ketiga terletak pada jarak .......m.
A. 1,00         
B. 1,25                      
C. 1,50
D. 2,25
E. 2,50 

Soal : 7
Titik simpul yang kesepuluh berjarak 1,52 m dari ujung bebas gelombang stasioner. Jika frekwensi gelombang 50 Hz, maka cepat rambat gelombang adalah ..... m/s.
A.   16                         
B.   32                         
C.   48
D. 64
E. 72

Soal : 8
Gelombang merambat sepanjang tali dan dipantulkan oleh ujung bebas sehinggaterbentuk gelombang stasioner. Simpangan suatu titik P yang berjarak x dari titik pantul mempunyai persamaan y = 4 cos(5ϖx)sin(20ϖt), dimana x dan y dalam meter dan t dalam sekon. Jarak simpul ke-2 dengan perut ke - 3 dari titik asal getaran adalah ...... m.
A. 0,01
B. 0,1
C. 0,2
D. 1,0
E. 10 

Soal : 9
Gelombang Y1 = A sin ( kx - ωt ) bersuperposisi dengan gelombang Y2 = A sin ( kx + ωt ). Amplitudo gelombang stasioner...
1.bergantung pada x
2. nilai maksimumnya 2A
3. nilai minimumnya nol
4. bergantung pada waktu.
Yang merupakan pernyataan yang benar adalah ...
A.   1                
B.   3                 
C.   4
D. 1 dan 2
E. 2 dan 3

Soal : 10
Gelombang yanhg dipantulkan membentuk gelombang diam dengan persamaan simpangan y=0,08cos(4ϖx)sin(100ϖt) semua besaran dalam SI. Pernyataan berikut berkaitan dengan gelombang tersebut :
1.frekwensi gelombang 50 Hz.
2.titik pantulnya = titik bebas
3.kelajuan gelombang pantul 25 m/s.

Pernyataan yang benar adalah ......
A.   1, 2, dan 3
B.   2 dan 3
C.   1 dan 2       
D.  1 dan 3
E.   2 saja

Selamat datang di blog saya, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi 10 soal Fisika yang dapat dijadikan bahan untuk berlatih. Baik untuk persiapan menghadapi ujian semester maupun persiapan mengikuti ujian seleksi masuk perguruan tinggi negri. Semoga bahan berbagi ini memberikan manfaat buat kita semua.

 

Pilihan Berganda :

 

Soal : 1
Jika konstanta Rydberg = 1,097 x 107 m-1, maka panjang gelombang terpanjang pada deret Balmer adalah ...... Å.
A.   1.215
B.   3.646 
C.   6.563        
D.  18.752      
E.   40.516

Soal : 2
Jika konstanta Rydberg = 1,097 x 107 m-1, maka panjang gelombang terpanjang pada deret Lyman adalah ...... Å.
A.   912    
B.   1.000 
C.   1.215        
D.  2.115 
E.   6.541

Soal : 3
Suatu atom H memancarkan spektrum pada deret Balmer. Loncatan elektron yang terjadi pada atom H tersebut adalah .....
A.   dari lintasan dengan bilangan kuantum n = 6 ke n = 3.
B.   dari lintasan dengan bilangan kuantum n = 6 ke n = 4.
C.   dari lintasan dengan bilangan kuantum n = 3 ke n = 1.
D.  dari lintasan dengan bilangan kuantum n = 4 ke n = 1.
E.   dari lintasan dengan bilangan kuantum n = 5 ke n = 2.

Soal : 4
Pada lintasan dasar, elektron atom hidrogen memiliki energi ikat sebesar E. Pada lintasan elektron dengan bilangan kuantum n = 4, energi ikatnya adalah .....
A.   E/16  
B.   E/8
C.   E/4    
D.  8E
E.   16E

Soal : 5
Energi stasioner atom H dengan bilangan kuantum utama n adalah En = – (13,6/n2). Energi yang dibutuhkan untuk eksitasi dari n = 2 ke  n = 4 adalah ...... eV.
A.   1,00
B.   1,40
C.   2,55   
D.  3,40   
E.   4,01

Soal : 6
Bila diketahui E1 = 13,6 eV, maka energi yang diperlukan untuk bereksitasi dari n = 2 ke n = 4 pada atom hidrogen adalah ....... eV.
A.   0,85   
B.   1,70         
C.   2,55         
D.  3,40   
E.   6,80

Soal : 7
Perhatikan gambar diagram tingkat energi atom hidrogen di bawah ini .
Elektron pada lintasan dasar memiliki energi sebesar – 13,6 eV. Atom hidrogen akan memancarkan foton dengan energi sebesar 10,2 eV bila elektron berpindah dari tingkat energi….
A.   Dari kulit a ke kulit b
B.   Dari kulit b ke kulit a
C.   Dari kulit b ke kulit c
D.  Dari kulit c ke kulit a
E.   Dari kulit c ke kulit b

Soal : 8
Energi elektron atom hidrogen pada lintasan dasar - 13,6 eV. Energi
yang dipancarkan elektron pada saat mengalami eksitasi dari n = 4
ke n = 3 adalah ..... eV.
A.   0,09   
B.   0,66   
C.   1,13         
D.  3,40         
E.   4,53

Soal : 9
Besar foton sinar tampak yang dipancarkan atom hidrogen ketika
terjadi transisi elektron dari n = 4 ke n = 2 adalah ..... eV.
A.   54,4   
B.   13,6   
C.   6,80         
D.  3,40   
E.   2,55

Soal : 10
Apabila energi elektron atom hidrogen pada lintasan dasar = - 13,6
eV, maka energi ionisasi pada atom H yang berasal dari lintasan n = 3
adalah ........ eV.
A.   1,51   
B.   4,53   
C.   9,07         
D.  10,60 
E.   12,09

 

Lembar Jawaban Siswa

 

Nama      : ……………...

Kelas      : ………………

No. urt    : ……………….

 

1.     (a)   (b)   (c)   (d)   (e)

2.     (a)   (b)   (c)   (d)   (e)

3.     (a)   (b)   (c)   (d)   (e)

4.     (a)   (b)   (c)   (d)   (e)

5.     (a)   (b)   (c)   (d)   (e)

6.     (a)   (b)   (c)   (d)   (e)

7.     (a)   (b)   (c)   (d)   (e)

8.     (a)   (b)   (c)   (d)   (e)

9.     (a)   (b)   (c)   (d)   (e)

10. (a)   (b)   (c)   (d)   (e)

 

 

Benar     : …….

 

Salah      : …….

 

Skor       : …….

 

Nilai       : …….

 

 

Bagi Pelajar

Dapat digunakan sebagai bahan untuk berlatih mandiri

 

Bagi Guru

Dapat digunakan bahan ajar untuk sumber contoh soal. Bahan untuk PR, atau bahan ujian harian atau pun bahan ujian semester dan seterusnya.



KEGIATAN MENGAJAR DALAM FOTO (4)

Sekelumit kegiatan bersama siswa/i yang pernah saya ikuti, dan kita bagi sebagai guru di Perguruan SMP - SMA WR Supratman 2 Medan dan Perguruan SMP Buddhis Bodhicitta Medan. 

Daftar Isi :
* Perguruan SMP - SMA WR Supratman 2 Medan 
* Perguruan SMP Buddhis Bodhicitta Medan 
* Praktikum Guru

Perguruan SMP - SMA WR Supratman 2 Medan 

SAAT DI BERASTAGI

Gambar 1. Pose sedang mengawasi murid  yang sedang melakukan outbond di Berastagi. Momen study tour anak kelas XII SMA dan kelas IX SMP WR Supratman 2 Medan. 


Gambar 2. Foto bersama siswa kelas XII IPA (Emon Santoso), disela - sela outbond tiga orang siswa mengajak saya berfoto. Pada tahun pelajaran ini saya sangat merasa senang dan bangga. Sebab siswa kelas XII IPA yang saya pamongi hampir 90% siswa termasuk anak yang pintar. Gigih dan selalu bersemangat belajar, dan ini semua terbukti dengan keberadaan mereka melajutkan pendidikannya di luar negri. Kepada saya Emon sempat bercerita jika mereka di luar negri bersekolah sambil bekerja. 


Gambar 3. Foto bersama siswa/i kelas XII - IPA di Lab. Fisika SMA WR Supratman 2 Medan. Sehabis angkatan Emon Santoso, Tuhan masih memberikan saya siswa/i yang baik dan cerdas. Memiliki kemauan belajar yang tinggi dan bersemangat belajar yang sempat membuat saya kewalahan. Seperti Limelvi Margareth, murid yang tidak mengijinkan saya terlalu banyak mengajari mereka. Lebih memilih mencoba terlebih dahulu menyelesaikan latihan dan praktikum. Jika mereka mengalami kendala dan tidak ada solusi. Utusan mereka diwakili Limelvi mengajukan pertanyaan dan meminta pengajaran, salut dan semoga semakin suskses. 


FOTO BARENG DENGAN SISWA KELAS IX - C

Gambar 4a. Momen foto bersama siswa kelas IX - C SMP WR Supratman 2 Medan, khusus putri. Foto diambil saat peringatan hari guru (Teacher's day). 

FOTO BARENG DENGAN SISWA KELAS IX - C PUTRA

Gambar 4b.Momen Foto bersama siswa kelas IX - C SMP WR Supratman 2 Medan, khusus putra. Foto diambil saat pekan terakhir menjelang UN SMP. 

Selama saya menjadi wali kelas IX - C, saya memiliki kebanggaan tersendiri. Sebab meski umur mereka masih muda belia, namun pemikiran mereka sudah cukup matang. Mereka memiliki gagasan untuk berbagi dengan sesama. Mereka yang dimotori Atika slsabila dan Deasy, mengusulkan untuk berkunjung ke Panti Asuhan. Kemudian rekan - rekan yang lain menyiapkan beras, minyak goreng, gula, mentega, telur dan sejumlah uang. Salut buat kelas IX - C SMP WR Supratman 2 Medan. 

Perguruan SMP Buddhis Bodhicitta Medan

FOTO BARENG DENGA SISWA KELAS IX - B BUDDHIS BODHICITTA MEDAN

Gambar 5a. 


Gambar 5b.



Gambar 5c.
Momen kebersamaan murid - murid Bodhicitta Medan, Jl. Selam No. 39 - 41 Medan. Foto diambil menjelang UN SMP, dan foto bersama dengan siswa/i kelas IX - B SMP. 

Kelas IX - B ini, memiliki banyak masalah dan banyak keunikan serta keragaman. Mulai dari sikap, kemampuan berfikir, kemampuan berbicara, dan kemampuan berinteraksi sosial. Sempat membuat saya stres dalam mengajar, dikarenakan saya bertemua mereka selama 3 tahun berturut - turut. Mulai dari kelas VII sampai dengan kelas IX, mereka naik kelas saya pun ikut naik kelas. 

Disebabkan di kelas IX - B inilah terdapat banyak potensi bakat dan talenta siswa/i yang mumpuni. Dan di kelas IX - B inilah terdapat siswi yang mengharumkan nama sekolah yakni Joselyn. 



Gambar 6a. Foto bersama siswi pintar dari kelas IX - B SMP Buddhis Bodhicitta Medan. Nomor 2 siswi yang berada di seblah kanan saya, Joselyn. Siswi SMP Bodhicitta Medan yang lulus hingga ke tingkat pusat seleksi OSN sains SMP di Surabaya, Jawa Timur. 



Gambar 6b. Foto bersama siswi kelas IX - B SMP Bodhicitta Medan yang mengakunya centil - centil. Tapi mereka ini jagonya berbahasa Mandarin dan berbahasa Inggris. Ini mereka buktikan setiap ada lomba - lomba yang diadakan STBA. 

Praktikum Guru 

FOTO LAGI PRAKTEK GURU DI LAB

Gambar 7. Foto saat melakukan praktikum Kimia, dalam rangka pendidikan dan latihan (Diklat) guru yang tergabung dalam sub - rayon SMP N 6 Medan. Berlokasi di laboratorium Fisika SMA WR Supratman 2 Medan.