SERI OSN : 31

Bahan latihan untuk siswa yang ingin menyiapkan diri mengikuti seleksi OSN Fisika tingkatan SMA. Buat yang ingin berlatih, dengan senang hati saya persembahkan soal - soal latihannya dan ada juga soal yang disertai dengan pembahasannya. 

Soal : 1

Sebuah manik bermassa m dipasang pada batang dengan panjang 2L, dan dapat bergerak tanpa gesekan. Pada saat awal manik berada di tengah batang. Tongkat itu bergerak secara translasi dalam bidang horizontal dengan percepatan a dalam arah membentuk sudut α dengan batang. Temukan waktu ketika manik akan meninggalkan batang.

OPSI SOAL NOMOR 1












Soal : 2
Pada sistem katrol di bawah ini, carilah percepatan m1 dan m2 abaikan massa tali katrol dan abaikan juga gesekkannya.


OPSI DAN GAMBAR SOAL NOMOR 2

 

 


Soal : 3
Suatu sistem terdiri dari dua katrol diam dan satu katrol bergerak. Tali yang membawa bobot ujungnya dengan massa m1 dan m3, sedangkan bobot dengan massa m2 melekat pada sumbu katrol bergerak.
 
GAMBAR SOAL NOMOR 3



Bagian – bagian dari tali yang tidak ada pada katrol adalah vertikal. Temukan percepatan m1, abaikan massa katrol dan tali, juga gesekannya.

OPSI SOAL NOMOR 3

 

 

 

 

 




Soal : 4
Sebuah balok dengan massa M bertumpu pada permukaan horizontal yang licin dimana ia dapat bergerak tenpa gesekan.

GAMBAR SOAL NOMOR 4











Benda dengan massa m terletak dia atas balok. Koefisien gesekan antara tubuh dan balok adalah k. pada gaya apa F diterapkan pada balok dalam arah horizontal akan tubuh mulai meluncur di atas balok ?. Pada jam berapa benda akan jatuh dari atas balok, jika panjangnya adalah l.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUNAS 6

TUNAS 3

Ukuran Pemusatan dan Peyebaran Data Berkelompok