LINGKARAN (PERTEMUAN - 1)

Tujuan Instruksional Umum (TIU)

Melalui pengamatan siswa mengenal pengertian sifat – sifat dan rumus – rumus tentang lingkaran serta mampu menerapkannya baik dalam bentuk Matematika, dalam mata pelajaran lain bahkan dalam kehidupan sehari – hari.

 

BANGUN DATAR : LINGKARAN

 

1.   Unsur – Unsur Lingkaran dan Simetri Pada Lingkaran

 

Banyak benda – benda di sekitar kita yang diperoleh karena perputaran. Banyak pula benda – benda yang berputar pada porosnya atau pada pusatnya.

 

 


 

 


1.1     Busur Lingkaran





 

 


Gambar 2, menunjukkan sebuah lingkaran yang berpusat di O. Kurva pada keliling lingkaran yang menghubungkan titik A dan titik B seperti tergambar disebut busur lingkaran.

Apabila sudut pusat yang dihadapi kurang dari 1800 disebut busur pendek (busur minor). Sedangkan apabila sudut pusat yang dihadapi lebih besar dari 1800 disebut busur panjang (busur mayor).

  

 

1.2     Tali Busur Lingkaran

 




 

 


Ruas garis yang menghubungkan titik A dan titik B disebut tali busur lingkaran. Jadi tali busur adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran.

 

Apabila tali busur melalui pusat lingkaran, maka tali busur tersebut disebut sebagai garis tengah lingkaran (diameter). Setengah garis tengah lingkaran disebut jari – jari lingkaran.

 

1.3     Juring Lingkaran





 


Daerah yang diarsir disebut juring lingkaran. Sudut ÐROS disebut sudut pusat. Jadi juring lingkaran adalah daerah yang dibatasi oleh dua buah jari – jari dan busur lingkaran.

 

1.4     Hubungan Antara Busur, Juring, dan Sudut Pusat

 

Pada suatu lingkaran (beberapa lingkaran yang mempunyai panjang jari – jari yang sama).

 






Contoh : 1

Perhatikan gambar di bawah ini,






 


a)  Bila panjang busur CD adalah 15 cm, tentukanlah panjang busur AB dan BC.

b) Bila luas juring COD 45 cm2, tentukanlah luas juring AOB dan BOC.

 

Pembahasan

 

Bagian a)

busur CD = 15 cm

 



Busur BC





Bagian b)

luas juring COD = 45 cm3




Luas juring BOC




 





Contoh : 2

Diketahui titik – titik A dan B terletak pada keliling lingkaran yang berjari – jari 14 cm dengan sudut AOB = 450. Tentukanlah :

a)  Panjang busur AB

b) Luas juring AOB

 

Pembahasan

 

Keliling lingkaran, 

 




Bagian a)





Bagian b)




 

Contoh : 3

Dua busur AB dan CD pada lingkaran yang berpusat di titik O, panjangnya 2x cm dan 5x cm. Jika juring luasnya 22 ½ cm2. Tentukan luas juring AOB.

 

Pembahasan

Diketahui,

Busur AB = 2x cm

Busur CO = 5x cm

Luas juring = 22 ½ cm2.






1.5     Hubungan Antara Busur, Sudut Pusat, dan Tali Busur

 



 

 

 

 

 

 

 

 

 


A’OB’ merupakan hasil putaran dari AOB dengan pusat O.

ó AB = A’B’

ó OP = OP’

ó busur AB = busur A’B’

 

Berikut ini berlaku bagi sembarang lingkaran, dua busur dikatakan sama. Jika :

·        Sudut pusatnya sama besar

·        Tali busurnya sama panjang

·        Tali busurnya berjarak sama dari pusat

 

Apabila dikatakan bahwa tali busur yang sama panjang memiliki busur yang sama panjang pula, maka harus dipilih pasangan busur yang sesuai. Artinya kedua – duanya busur pendek atau kedua – duanya busur panjang.

 

Contoh : 4

Perhatikan gambar di bawah ini,



 

 

 

 

 

 

 


Pada gambar di atas, EF dan GH terletak sama jauh dari pusat O. GHK dan EFK adalah ruas garis dengan KF = KH. Buktikan KE = KG.

 

Pembahasan

 

EF = GH, karena terletak sama jauh dari pusat O

KF = KH

Maka,

ó KF + EF = KH + GH

ó KF = KG (terbukti)

 

1.6     Segi Banyak Beraturan

 

Segitiga, segiempat, segilima, dan seterusnya semuanya disebut segi banyak. Jika semua sudut dan sisi segibanyaknya tersebut sama, maka segi banyak itu disebut segibanyak beraturan.

 



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Rumus sudut pusat segi – n beraturan :

 




Rumus sudut segi – n beraturan :

 




Contoh : 5

Tentukanlah sudut pusat, sudut alas segitiga sama sisi, dan sudut segienam beraturan.

 

Pembahasan

  

Segienam beraturan diperlihatkan seperti gambar berikut.



 

 

 

 

 


Sudut pusat segienam beraturan,

 



Sudut alas segitiga sama sisi,




Sudut segi – enam,

 



Contoh : 6

Tentukanlah sudut segi – 20 beraturan.

 

Pembahasan



 

Contoh : 7

Tentukanlah luas segi enam beraturan yang berjari – jari 6 cm.

 

Pembahasan

 




Secara umum dapat ditulis :

 

Luas segi – n beraturan,




Terima kasih, 

 

 

15 SOAL PEMBAHASAN BUNYI (PART - 2 )

Nama Sekolah       : …………………………...

Kelas                    : VIII – SMP/Mts

Tahun Pelajaran     : ……………………….....

Semester              : …………………………….

Materi Ajar            : Bunyi – 2

 

 

Pilihan Berganda

 

Soal : 21

Getaran osilator pada kapal diterima kembali oleh hidrofon 0,4 detik setelah dipancarkan. Jika kedalaman laut yang ditempati kapal adalah 280 meter, maka cepat rambat bunyi di dalam laut adalah …

a.    700 m/s                   c. 2 100 m/s

b.   1 400 m/s                d. 2 800 m/s

 

Kunci : b

 

Pembahasan :



 

Soal : 22

Jika cepat rambat bunyi dalam air laut adalah 1 500 m/s dan kedalaman laut adalah 300 m, maka pantulan bunyi pada permukaan laut akan terdengar setelah …

a.    0,5 sekon                 c. 4,0 sekon

b.   0,4 sekon                 d. 2,0 sekon

 

Kunci : b

 

Pembahasan :

 


 




Soal : 23

Yang tidak mempenagruhi frekuensi getaran seutas kawat adalah …

a.    Panjang                   c. Amplitudo

b.   Tegangan                 d. Massa jenis

 

Kunci : c

 

Pembahasan :

 

Menurut hukum Marsene,




 






Soal : 24

Faktor yang tidak mempengaruhi tinggi nada suatu senar adalah …

a.    Tegangan senar               c. Massa jenis senar

b.   Kualitas senar                  d. Bahan senar

 

Kunci : b

 

Pembahasan : -

 

Soal : 25

Salah satu faktor yang mempengaruhi tinggi nada pada senar adalah …

a.    Volume senar                  c. Panjang senar

b.   Lebar senar                     d. Massa senar

 

Kunci : b

 

Pembahasan : -

 

Soal : 26

Bila tegangan senar diperbesar dan kemudian senar dipetik, maka yang terjadi adalah …

a.    Amplitudo menjadi lebih kecil

b.   Amplitudo menjadi lebih besar

c.    Frekuensi menjadi lebih rendah

d.   Frekuensi menjadi lebih tinggi

 

Kunci : d

 

Pembahasan :



Dari persamaan di atas terlihat jika F makin besar maka frekuensi f makin besar. Sehingga f berbanding lurus dengan F.

 

Soal : 27

Frekuensi nada dawai gitar dapat bertambah tinggi jika …

a.    Tegangan dawai diperbesar dan panjang dawai diperkecil

b.   Tegangan dan panjang dawai diperbesar

c.    Panjang dawai diperbesar dan luas penampang dawai diperkecil

d.   Tegangan dawai diperkecil dan luas penampang dawai diperbesar

 

Kunci : a

 

Pembahasan : -

 

Soal : 28

Suatu senar dapat beresonansi dengan senar lainnya, bila kedua senar itu sama …

a.    Frekuensinya            c. Tegangannya

b.   Panjangnya               d. Luas penampangnya

 

Kunci : b

 

Pembahasan : -

 

Soal : 29

Perhatikan pernyataan berikut!

(1)      Benda mempunyai selaput tipis

(2)      Frekuensi benda sama dengan frekuensi sumber bunyi

(3)  Panjang gelombang sama dengan panjang gelombang sumber bunyi

(4)      Panjang kedua ayunan sama

Syarat terjadinya resonansi ditunjukkan oleh pernyataan nomor …

a.    (1), (2), dan (3)                     c. (1), (3), dan (4)

b.   (1), (2), dan (4)                     d. (2), (3), dan (4)

 

Kunci : b

 

Pembahasan : -

 

Soal : 30

Bila berteriak di mulut sumur yang dalam, terdengar bunyi ulang dari dalam sumur. Bunyi ulang tersebut dinamakan …

a.    Gema                             c. Gaung

b.   Desah                             d. Resonansi

 

Kunci : a

 

Pembahasan :

 

Gema = bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli selesai diucapkan.

 

Gaung (kerdam) = bunyi pantul yang sebagian bersamaan dengan bunyi aslinya sehingga bunyi asli menjadi tidak jelas.

 

Desah = bunyi dengan frekuensi tidak teratur

 

Nada = bunyi dengan frekuensi teratur

 

Soal : 31

Gema dapat terjadi apabila …

a.    Bunyi diteriakkan di kamar kosong

b.   Bunyi pantul terdengar bersama – sama bunyi asli

c.    Amplitudo gelombang bunyi sangat besar

d.   Jarak sumber bunyi jauh dengan bidang pantul

 

Kunci : d

 

Pembahasan : -

 

Soal : 32

Suatu gema mendemonstrasikan bahwa bunyi mengalami …

a.    Pemantulan              c. Penguatan

b.   Pembiasan                d. Resonansi  

 

Kunci : a

 

Pembahasan : -

 

Soal : 33

Gaung adalah bunyi pantul yang …

a.    Terdengar bersamaan dengan bunyi aslinya

b.   Terdengar hampir bersamaan dengan bunyi aslinya

c.    Terdengar mengikuti bunyi asli

d.   Hanya sebagian bersamaan dengan bunyi aslinya

 

Kunci : d

 

Pembahasan :

 

Gaung (kerdam) = bunyi pantul yang sebagian bersamaan dengan bunyi aslinya sehingga bunyi asli menjadi tidak jelas. Dan gaung dapat terjadi jika jarak sumber bunyi dengan pemantulnya hampir sangat dekat.

 

Soal : 34

Seorang pengamat di O berada diantara dua tebing, membunyikan sebuah kentongan dan mendengar beda pemantulan bunyi dalam waktu 1,5 sekon.





 


Cepat rambat bunyi di udara adalah …

a.    113,3 m/s                c. 226,7 m/s

b.   170 m/s                   d. 340 m/s

 

Kunci : a

 

Pembahasan :

 

Untuk mudahnya, terlebih dahulu buat gambar soalnya menjadi seperti di bawah ini.

 


 

 













Soal : 35

Berikut ini adalah manfaat pemantulan bunyi, kecuali …

a.    Menentukan cepat rambat bunyi di udara

b.   Mendeteksi retak pada logam

c.    Menentukan jarak pesawat dari radar

d.   Mengukur ketebalan pelat logam

 

Kunci : c

 

Pembahasan :

 

Manfaat pemantulan bunyi :

·        Menentukan cepat rambat bunyi di udara

·        Melakukan survei geofisika

·        Mendeteksi cacat dan retak pada logam

·        Mengukur ketebalan plat logam