TUNAS 10



 




Pilihan Berganda

Soal : 1

Untuk mentransmisikan energi listrik pada jarak jauh perlu membuat arus pada 
kabel transmisi dibuat sekecil mungkin agar kabel yang digunakan diameternya 
kecil dan menekan biaya produksi. Kondisi tersebut dapat dilakukan dengan 
mentransmisikan energi listrik pada …
a.   Tegangan rendah      c. kabel tembaga
b.   Tegangan tinggi        d. kabel aluminium

Soal : 2 
Untuk selang waktu yang lama, perubahan banyaknya garis gaya magnetik 
yang masuk ke dalam suatu kumparan tidak dapat dilakukan adalah …
a.   Memutar kumparan di sekitar magnet
b.   Memutar magnet disekitar kumparan
c.   Mengalirkan arus searah pada kumparan
d.   Menggerakkan salah satu kutub magnet masuk dan keluar kumparan

Soal : 3
Sebuah loop kawat digerakkan mendekati dan melalui sebuah magnet batang 
diam, seperti ditunjukkan pada gambar berikut.

3











Arah aliran arus dalam loop dilihat oleh mata pengamat adalah …
a.   Selalu mengalir searah jarum jam
b.   Selalu mengalir berlawanan arah jarum jam
c.   Searah jarum jam kemudian berlawanan jarum jam
d.   Berlawanan arah jarum jam kemudian searah jarum jam

Soal : 4
Berikut hal yang sesuai dengan transformator step – down adalah …
a.   Arus sekunder lebih kecil dibandingkan dengan arus primer
b.   Tegangan sekunder lebih besar dibandingkan dengan tegangan primer
c.   Daya keluaran lebih tinggi dibandingkan dengan daya masukan
d.   Kumparan sekunder lebih kecil dibandingkan dengan kumparan primer

Soal : 5
Perhatikan data pada tabel berikut

5









Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa jenis 
transformator.
a.   I = step down, karena IP > IS.
b.   II = step down, karena NP > NS.
c.   I = II = step up, karena arus sekundernya sama
d.   I = II = step down, karena dayanya sama

Soal : 6
Perhatikan gambar transformator ideal berikut
Gambar soal no 6

Pasangan bacaan yang mungkin pada meter – meter kumparan sekunder adalah …

Gambar tabel opsi no 6

Soal : 7 
Gambar berikut menunjukkan sebuah transformator ideal yang kumparan 
sekundernya dihubungkan ke sebuah lampu pijar L.

7

Jika lampu L berpijar normal, daya dari lampu L adalah …
a.   300 watt          c. 500 watt
b.   400 watt          d. 600 watt

Soal : 8
Perhatikan pernyataan – pernyataan berikut
(1)     Meningkatkan jumlah lilitan kumparan sekunder
(2)     Menggunakan inti besi lunak
(3)     Menggunakan kawat tembaga yang lebih tebal untuk membuat kumparan.
Faktor yang dapat meningkatkan efisiensi sebuah transformator ditunjukkan oleh 
nomor …
a.   (1)
b.   (1) dan (2)
c.   (2) dan (3)
d.   (1), (2), dan (3)

Soal : 9
Sebuah demonstrasi saluran daya listrik ac dibangun dari peralatan berikut :
sebuah suplai 12 V, sepasang kawat panjang untuk saluran daya, sebuah lampu 
6V/24W, dan dua transformator. Transformator pertama memiliki kumparan P 
dengan 50 lilitan dan kumparan Q dengan 1000 lilitan. Transformator kedua, 
memiliki kumparan R dengan 50 lilitan dan kumparan S dengan 500 lilitan.

9

Susunan yang memberikan suatu demonstrasi yang memuaskan dengan lampu 
menyala dengan terang normal adalah …

Gambar tabel opsi no 9

Soal : 10 
Sebuah transformator terdiri atas sebuah kumparan dengan 1200 lilitan dan 
kumparan kedua dengan 120 lilitan, yang diberi terminal pada berbagai posisi.

10

Pasangan terminal seharusnya agar sebuah lampu 12V/24W dapat lampu menyala 
normal adalah di …
a.   RT                  c. SU
b.   RV                  d. TV

Kegiatan Belajar dalam Foto 

Gambar 1 Foto bersama pengurus yayasan Perguruan SMP WR Supratman 2 Medan dengan siswa tamatan beserta wali kelas dan guru - guru SMP 2010/2011.

















Gambar 1
Foto bersama pengurus yayasan Perguruan 
SMP WR Supratman 2 Medan
dengan siswa tamatan beserta wali kelas dan 
guru - guru SMP 2010/2011.


Gambar 2 Foto bersama pengurus yayasan Perguruan SMP WR Supratman 2 Medan dengan siswa tamatan beserta wali kelas dan guru - guru SMP 2012/2013.
















Gambar 2
Foto bersama pengurus yayasan Perguruan 
SMP WR Supratman 2 Medan
dengan siswa tamatan beserta wali kelas dan 
guru - guru SMP 2012/2013.



Gambar 3. Foto karya siswa IX - B angkatan 2023/2024, futuristik dan menarik untuk saya pinjam dan foto. Salut kepada kelas IX - B, yang dimotori Royce, Stelavin, Gohan, Viana Wong, dan yang lainnya.


















Gambar 3.
Foto karya siswa IX - B angkatan 2023/2024, futuristik 
dan menarik untuk saya pinjam dan foto. Salut kepada 
kelas IX - B, yang dimotori Royce, Stelavin, Gohan, 
Viana Wong, dan yang lainnya. 

TUNAS 9 UNTUK SMP KELAS IX SMP

JUDUL








Selamat datang di blog saya, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi 10 Soal Induksi Elektromagnetik. Untuk kelas IX SMP/MTs, dibuat untuk mempersiapkan diri secara mandiri menghadapi ujian/Assesmen akhir. 

Pilihan Berganda

Soal : 1
Berdasarkan gambar dibawah ini dapat ditentukan bahwa .....
gambar soal nomor 1
a. X menjadi kutub selatan magnet tetap.
b. Y menjadi kutub selatan magnet sementara.
c. Y menjadi kutub utara magnet tetap.
d. X menjadi kutub selatan magnet sementara.

Soal : 2
Seutas kawat berisolasi dililitkan mengitari sebatang besi. Di dekat batang ada sebuah magnet kecil. Ketika saklar ditutup, manakah berikut ini yang tidak terjadi ?
gambar soal nomor 2
a. arus mengalir dalam kawat
b. sebuah medan magnet dibentuk
c. magnet kecil ditarik ke kumparan
d. batang besi dimagnetkan

Soal : 3
Pada gambar di bawah ini, ditampilkan dua inti besi silinder, terpisah kira-kira sejauh 1 cm. Kedua rangkaian adalah identik kecuali yang kiri mempunyai sebuah saklar. Ketika saklar ditutup, celah yang ditandai X .......
gambar soal nomor 3
a. cenderung meningkat
b. tetap sama
c. cenderung menurun
d. meningkat kemudian menurun

Soal : 4
Besarnya gaya yang dialami seutas kawat lurus berarus listrik di dalam suatu medan magnetik tidak bergantung pada .....
a. panjang kawat
b. inti kumparan
c. kuat arus listrik
d. jenis kawat penghantar

Soal : 5
Seutas kawat penghantar panjang di antara kutub-kutub sebuah magnet kuat dan arus listrik dialirkan melalui kawat seperti tampak pada gambar. Kawat akan mengalami gaya ......
gambar soal nomor 5
a. gaya berarah ke W
b. gaya berarah ke X
c. gaya berarah ke Y
d. gaya berarah ke Z

Soal : 6
Ketika elektron-elektron mengalir dari titik A ke titik B dalam kawat seperti gambar di bawah ini. Arah gaya yang dihasilkan pada kawat adalah ke arah .......
gambar soal nomor 6
a. P 
b. R 
c. Q 
d. T

Soal : 7
Jika panjang kawat koduktor L digerakkan dengan kelajuan v, maka gaya gerak listrik pada kawat akan bertambah besar bila .........
a. B diperkecil dan v diperbesar
b. B dibuat tetap dan v diperkecil
c. B dan v diperkecil
d. B dan v diperbesar

Soal : 8
Gambar di bawah menunjukkan rangkaian alat-alat yang digunakan untuk percobaan GGL induksi.
gambar soal nomor 8
Di antara faktor-faktor di bawah ini :
1. jumlah lilitan
2. kekuatan magnet
3. kecepatan relatif dari magnet
4. diameter kawat kumparan
Yang berpengaruh terhadap besarnya GGL induksi yang
dihasilkan adalah .......
a. 1, 2, dan 3 benar
b. 1 dan 3 benar
c. 2 dan 4 benar
d. 4 saja benar

Soal : 9
Perhatikan gambar di bawah ini.
gambar soal nomor 9
Arus induksi akan mengalir dalam resistor dengan arah ......dari.
a. Titik a ke b
b. Titik b ke a
c. Searah dengan B
d. Ke atas

Soal :10
Perhatikan gambar di bawah ini. 
gambar soal nomor 10
Arah arus induksi yang melalui resistor bila kawat PQ digeser ke kanan dengan kecepatan v adalah .....
a. P ke Q
b. Q ke P
c. Searah v
d. Searah B

TUNAS 8








Soal : 1
Gambar di bawah ini menunjukkan transformator dengan 
efisiensi 75% dengan kumparan sekundernya dihubungkan 
dengan sebuah lampu L.


1


Maka tentukan nilai hambatan pada lampu.


Soal : 2
Gambar ini melukiskan transformator dengan efisiensi



1



50 % dengan kumparan sekundernya dihubungkan dengan
sebuah lampu L. Besarnya daya listrik pada lampu.


Soal : 3
Sebuah tranformator memiliki tegangan primer sebesar 
100 V dan arus primer 10 A. Jika efisiensi transformator 75 %, 
maka energi yang hilang selama 1 menit adalah sebesar dalam 
satuan kilo joule.


Soal : 4
Suatu kumparan terdiri dari 200 lilitan dengan penampang
(panjang 10 cm dan lebar 5 cm) diputar dengan kecepatan 
sudut 60 rad/s tegak lurus dalam medan magnetik homogen 
0,5 T. Gaya gerak listrik antara kedua ujung kumparan.


Soal : 5
Transformator memiliki perbandingan jumlah lilitan pada 
kumparan primer dan sekunder 1 : 4. Tegangan dan kuat 
arus pada kumparan primer masing – masing 16 volt dan 
2A. Jika daya rata – rata yang berubah menjadi kalor pada 
transformator tersebut sebesar 8 watt. Hitunglah tegangan 
dan arus keluaran dari transformator tersebut.

SERI 6 : PTN FISIKA

5 SOAL PTN FISIKA 

  1. Sebuah batu bata 50 kali lebih tebal dari pada sebuah kaca jendela dan konduktivitas termal batu bata adalah seperdelapan kali konduktivitas kaca. Jika beda suhu diantara ujung – ujung kedua material adalah sama dan aliran kalor per satuan luas melalui kaca adalah n kali laju aliran kalor melalui batu bata, maka n sama dengan … 

1

  1. Ketika simpangan dari sebuah pegas yang melakukan gerak harmonik sederhana adalah setengah dari amplitudonya, maka perbandingan energi kinetik dengan energi mekaniknya adalah … 

  1. 1 : 4 

  2. 4 : 1 

  3. 3 : 4 

  4. 4 : 3 

  5. 1 : 1 


  1. Gelombang merambat dari titik A ke titik B dengan amplitudo 10-2 m dan periode 0,2 sekon, jarak AB adalah 0,3 meter. Bila cepat rambat gelombang 2,5 m/s maka pada suatu saat tertentu beda fase antara titik A dan B adalah … 

3

  1. Delapan sirene pada jarak 2,0 meter menghasilkan taraf Intensitas 133 dB. Jika empat sirene dibunyikan bersama – sama maka pada jarak 20 meter akan menghasilkan taraf intensitas sebesar … dB. (log 2 = 0,3)

  1. 65

  2. 80

  3. 90

  4. 110

  5. 115


  1. Dua buah sepeda motor masing – masing A dan B bergerak saling mendekat dengan laju 25 m/s dan 10 m/s sambil membunyikan klakson. Frekuensi A sebesar 650 Hz dan frekuensi B sebesar 672 Hz. Sepeda motor A bergerak dari Barat ke Timur dan B bergerak dari Timur ke Barat. Seorang Pengamat berada diantara kedua jalur sepeda motor dan diam di tepi jalan. Jika laju rambat bunyi di udara 340 m/s serta angin bertiup dari Barat ke Timur dengan laju 10 m/s, maka jumlah layangan yang didengar pengamat tersebut tiap sekon. 

  1. 9 layangan 

  2. 8 layangan 

  3. 7 layangan 

  4. 6 layangan 

  5. 5 layangan 


Kegiatan Belajar dan Mengajar (Part 2):

"Bimtek Guru IPA Se-Kota Medan 2016"

Dalam Bimtek yang dilakukan dinas Pendidikan kota Medan, mewajibkan semua guru IPA di tingkatan SMP. Wajib mengikuti praktikum Fisika, Biologi, dan Kimia yang sudah ditentukan oleh dinas Pendidikan. Untuk tempat praktek, pihak panitia dalam hal ini Sub Rayon SMPN 6 Medan menyerahkan kepada bapak/ibu guru yang mengikuti Bimtek. Memilih dan menetapkan laboratorium sekolah peserta untuk dijadikan tempat praktek. 

Saya bersama ibu Mediana Tambunan mengusulkan tempat praktek para guru Bimtek dilakukan di laboratorium Fisika dan Laboratorium Biologi SMP WR Supratman 2 Medan Jl. Brigjend. Zein Hamid No. 33 Medan. Usulan kami mendapat restu dari pimpinan sekolah SMP WR Supratman 2 Medan, Bapak Yong King Hung, S.Pd., M.Pd.,M.M dan Bapak Kepala Sekolah SMA WR Supratman 2 Medan P. Situmorang S.S., S.Pd., M.M. Bak gayung bersambut usulan kami juga disetujui pihak panitia Bimtek. 

Usulan kami didasari, saya (Parulian Simorangkir, S.si., S.Pd) merupakan kepala Laboratorium Fisika SMA WR Supratman 2 Medan. Dan ibu Mediana Tambunan, S.Pd merupakan kepala Laboratoium IPA/Biologi SMA. Dan Saat itu laboratorium yang kami kelola memiliki fasilitas yang cukup mumpuni untuk ukuran sekolah bergengsi di kota Medan. Setelah laboratorium milik sekolah SMP/SMA WR Supratman 1 Medan sebagi induk sekolah kami, beralamat di Jl. Asia No. 143 Medan. 

Kegiatan Bimtek dalam Foto



Gambar 1
Sedang menyiapkan alat/bahan praktek Kimia
"Tanda - tanda suatu reaksi kimia dapat terjadi"
sebagai bahan praktek yang harus saya bawakan 





Gambar 2
Mulai mempraktekkan memasukkan larutan klorin 
ke dalam tabung reaksi yang di dalamnya sudah ada 
larutan NaOH. 




Gambar 3.
Meneteskan larutan Klorin ke dalam tabung reaksi
kemudian nanti disusul memasukkan pita Magnesium.  





Gambar 4
Menyusun sejumlah tabung reaksi pada rak tabung reaksi




Gambar 5
Mengamati perubahan warna pada tabung reaksi
sebagai salah satu indikasi terjadinya reaksi kimia





Gambar 6
Mengamati gelembung - gelembung pada tabung reaksi
sebagai indikasi lain dari terjadinya suatu reaksi kmia.


Dalam kegiatan Bimtek ini, pseserta sebagai guru IPA diharuskan mampu mempraktekkan ilmu yang didapat meski pun bukan basis guru yang bersangkutan. Seperti saya, yang memiliki basik sebagai guru Fisika di SMP dan SMA di lingkungan perguruan WR Supratman 2 Medan. Diharuskan panitia untuk mampu membawakan praktek Biologi dan Kimia. Demikian juga dengan bapak/ibu guru lain yang berasal dari sekolah lain. 

Panitia Bimtek dan bapak/ibu gur yang berasal dari sekolah lain, yang berada di bawah naungan rayon SMPN 6 Medan. Memuji luar biasa kelengkapan laboratorium yang dimiliki SMP - SMA WR Supratman 2 Medan. Serta memberikan sanjungan kepada unsur pimpinan sekolah yang sudah memberikan perhatian khusus kepada Laboratorium di sekolah WR Supratman 2 Medan. 

(Bersambung) 


Kegiatan Belajar dan Mengajar (Part 1):

"Mengajar dalam dunia foto"




















 

SERI 1 : PTN FISIKA