This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Minggu, 16 Juli 2023

SOAL ASESMEN FLUIDA STATIS


 
SOAL 1.
Sebuah balok berukuran 1 mx 2 m x 5 m diletakkan pada sebuah lantai sehingga lantai mendapat tekanan 50000 Pa dengan sisi yang berukuran 1 m x 2 m berada pada lantai. Massa balok tersebut adalah .... kg.
A.   10 000         
B.   25 000         
C.   50 000         
D.  100 000   
E.   250 000
 
SOAL 2.
Sebuah logam berbentuk balok memiliki dimensi 0,8 m x 0,5 m x 0,2 m dan massa jenis 5000 kg/m3. Tekanan maksimum yang dapat dikerjakan logam tersebur pada suatu permukaan datar adalah.......Pa
A.   10 000 
B.   45 000                 
C.   50 000     
D.  20 000         
E.   40 000
 
SOAL 3.
Sebuah tabung yang tingginya 1 meter diisi penuh air dan minyak tanah ( ρ minyak = 0,9 gram/cm3 ). Perbandingan tinggi air dan minyak tanah dalam tabung tersebut agar tekanan hidrostatik di dasar tabung 9,6 x 103 Pa adalah ........
A.   1 : 2            
B.   2 : 1            
C.   3 : 2     
D.  2 : 3       
E.   1 : 1
 
    Kunci :
1.   A
2.   E
3.   C
 
  

SOAL ASESMEN FLUIDA DINAMIS



SOAL 1.
Air mengalir dalam pipa dari penampang besar menuju ke penampang kecil dengan kecepatan aliran 10 cm/s. Jika luas penampang besar 200 cm2 dan luas penampang kecil 25 cm2, maka air yang keluar dari penampang kecil dengan kecepatan ......... cm/s.
A.   10   
B.   22,5    
C.   80       
D.  200     
E.   400


SOAL 2.

Air mengalir melalui pipa mendatar dengan luas penampang pada masing – masing ujung 200 mm2 dan 100 mm2 . Jika air mengalir dari penampang besar dengan kecepatan 2 m/s, maka kecepatan air pada penampang kecil adalah ........ m/s.

A.   ¼

B.   ½

C.   1

D. 

E.   4


SOAL 3.

Air terjun setinggi 20 m digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air 

( PLTA ). Setiap detik mengalir 10 m3. Jika efisiensi generator 55 % dan percepatan grafitasi 10 m/s2, maka daya rata-rata yang dihasilkan adalah ........

A.   110 kW        

B.   1100 kW              

C.   2200 kW

D.  2500 kW              

E.   5500 kW

 

kunci :

1.   C

2.   E

3.   B

 

  

SOAL ASESMEN ELASTISITAS


 

1. Perhatikan kurva tegangan-regangan seutas kawat pada

gambar berikut ini.


Asesmen Elastisitas gambar elastisitas

 

Modulus young  (dalam Pa) untuk kawat ini adalah .......

A.   36 x 10 11

B.   8,0 x 10 11

C.   2,0 x 10 11

D.  0,5 x 10 11

E.   16 x 10 11

 

2.Sebuah batang panjang mula-mula L ditarik dengan gaya. Jika luas penampang batang A dan modulus elastis E, maka rumus pertambahan panjang adalah .....


Asesmen Elastisitas opsi 1

 

3. Sebuah beban (massa m) dan beberapa pegas identik membentuk sistem pegas-beban yang mengikuti skema rancangan (a) dan (b),seperti ditunjukkan pada gambar.

 

Asesmen Elastisitas seri - paralel pegas

 

Jika xa adalah pertambahan panjang sistem pegas (a), maka pertambahan panjang sistem pegas (b) adalah ........


Asesmen Elastisitas opsi 2


 

Kunci :

1.   C

2.   C

3.   E

  

SOAL ASESMEN MOMEN GAYA


 

1.   Dari gambar berikut, besar torsi total sistem terhadap titik O adalah ......

    

Contoh bentuk Asesmen Momen Gaya


    A.   16 N.m

    B.   44 N.m

    C.   60 N.m

    D.  76 N.m

    E.   90 N.m

 

2.  Sebuah roda memiliki momen inersia 9 kg.m2. Besar torsi yang diperlukan untuk meningkatkan laju putaran roda dari 2 putaran per sekon menjadi 5 putaran per sekon dalam 6 putaran adalah ...

    A.   25,6π  N.m

    B.   31,5 π N.m

    C.   42,5π  N.m

    D.  50       N.m

    E.   55       N.m

 

3. Sebuah tali dililitkan mengelilingi tepi cakram, ujungnya ditarik dengan gaya F yang besarnya 10 N. Massa cakram 3 kg, radiusnya 25 cm dan mula-mula diam. Besar kecepatan angulernya setelah 5 sekon adalah ............ rad/s.


Contoh bentuk Asesmen Momen Gaya


 

Kunci :

1. B

2. B

3. E

  

ASESMEN AFEKTIF

Portofolio penilaian siswa atau peserta didik yang digunakan menilai keseharian peserta didik di dalam kelas. 

Daftar Isi : 
1. Teknik Penilaian  
    a. Sikap
    b. Pengetahuan 
    c. Ketrampilan 
2. Instrumen Penilaian 
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
    a. Remedial 
    b. Pengayaan 

 

A.    Asesmen

1.      Teknik Penilaian (terlampir)

a.    Sikap

-        Penilaian Observasi

Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap

 

TABEL 8. ASESMEN AEFEKTIF


Keterangan :

   BS : Bekerja Sama

   JJ : Jujur

   TJ : Tanggun Jawab

   DS : Disiplin

 

Catatan :

1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:

100 = Sangat Baik

75    = Baik

50    = Cukup

25    = Kurang

2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00   = Baik (B)

25,01 – 50,00   = Cukup (C)

00,00 –  25,00  = Kurang (K)

5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai

 

-        Penilaian Diri

Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :

 

 

TABEL 7. ASESMEN AEFEKTIF

  

Catatan :

1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50

2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00   = Baik (B)

25,01 – 50,00   = Cukup (C)

00,00 –  25,00  = Kurang (K)

5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan

 

-        Penilaian Teman Sebaya

Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :

 

Nama yang diamati      : ...

Pengamat                    : ...

 

 

TABEL 6. ASESMEN AEFEKTIF

 

Catatan :

1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100

2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500

3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00   = Baik (B)

25,01 – 50,00   = Cukup (C)

00,00 –  25,00  = Kurang (K)

 

-        Penilaian Jurnal

 

b.   Pengetahuan

-    Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda

Asesmen : Link 2

 

- Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan

Praktek Monolog atau Dialog

Penilaian Aspek Percakapan


TABEL 5. ASESMEN AEFEKTIF


-    Penugasan

Tugas Rumah

a.Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik

b.Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik

c.Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.

 

c.    Keterampilan

-   Penilaian Unjuk Kerja

Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:

 

Instrumen Penilaian


TABEL 4. ASESMEN AEFEKTIF


Kriteria penilaian (skor)

100    = Sangat Baik

75      = Baik

50      = Kurang Baik

25      = Tidak Baik

Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)

 

Instrumen Penilaian Diskusi


TABEL 3. ASESMEN AEFEKTIF


Keterangan :

100    = Sangat Baik

75      = Baik

50      = Kurang Baik

25      = Tidak Baik

-   Penilaian Proyek 

-   Penilaian Produk

-   Penilaian Portofolio

Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll

 

Instrumen Penilain


TABEL 2. ASESMEN AEFEKTIF
 

2.  Instrumen Penilaian 

a.    Pertemuan Pertama

b.    Pertemuan Kedua

c.    Pertemuan Ketiga

 

3.  Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a.      Remedial

Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan.

 

CONTOH PROGRAM REMIDI

 

Sekolah                           :  ……………………………………………..

Kelas/Semester               :  ……………………………………………..

Mata Pelajaran                :  ……………………………………………..

Ulangan Harian Ke         :  ……………………………………………..

Tanggal Ulangan Harian :  ……………………………………………..

Bentuk Ulangan Harian  :  ……………………………………………..

Materi Ulangan Harian   :  ……………………………………………..

(KD / Indikator)             :  ……………………………………………..

KKM                              :  ……………………………………………..

 

TABEL 1. ASESMEN AEFEKTIF


b.    Pengayaan

Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).