SERI 10 PESAWAT SEDERHANA

Dikutip dari buku Mandiri 2 untuk kelas VIII SMP. Bab 2 Usaha dan Pesawat Sederhana.

KOP SMP WR SUPRATMAN 2 MEDAN


Soal 1 : (katrol)

Perhatikan gambar dua katrol berikut.

GAMBAR SOAL 1
















a. Tuliskan jenis katrol dari setiap katrol
b. Tentukan keuntungan mekanis setiap katrol
c. Jika semua gaya gesekan diabaikan, tentukan besar gaya F pada tiap
    katrol agar dapat menahan beban 10 kg tetap di tempatnya.

Pembahasan :

Bagian a)

Gambar (i) merupakan katrol tunggal tetap dan
gambar (ii) merupakan katrol tunggal bergerak.


Bagian b)

Katrol tunggal tetap memiliki Keuntungan Mekanis (KM = 1).
Dan dapat merubah arah gaya yang diberikan.

Katrol tunggal bergerak, memiliki keuntungan mekanis
(KM = 2).


Bagian c)

Jika semua gaya gesekan diabaikan (fg = 0).

Untuk Katrol Tunggal Tetap



GAMBAR PENYELESAIAN C1

Katrol Tunggal Bergerak :


GAMBAR PENYELESAIAN C2


Soal 2: (bidang miring)
Beban 1.200 N didorong mendaki bidang miring dari dasar sampai ke puncaknya, seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.


GAMBAR SOAL 2


a. Tentukan keuntungan mekanik bidang miring
b. Tentukan besar gaya minimum F yang diperlukan untuk mendorong
    beban ke atas.
c. Mengapa pada praktik selalu diperlukan gaya dorong yang lebih besar
    dari pada gaya minimum F ?

Pembahasan :


Bagian a)

Keuntungan Mekanis bidang miring,



Bagian b)




Bagian c)

Perhatikan gambar, tidak semua permukaan bidang miring maupun datar. Memiliki permukaan yang licin (μ = 0). Sehingga tatkala beban w didorong naik ke atas, maka gaya gesek fg mengarah ke bawah. Dan perlu dicatat, arah gaya gesek selalu berlawanan arah dengan arah gerak
benda.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUNAS 6

TUNAS 3

Ukuran Pemusatan dan Peyebaran Data Berkelompok