This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Rabu, 30 Maret 2022

PERTEMUAN - 6 TATA SURYA UNTUK SMP

Selamat datang di blog saya dan salam sehat selalu. Pada kesempatan kali ini kita akan berbagi pengalaman pembelajaran tentang Matahari. Dalam pembahasan kali ini, kita sedikit mempelajari perihal Matahari secara singkat. Dan materi yang disajikan merupakan rangkuman yang saya buat dari sejumlah buku pembelajaran Fisika yang cukup memiliki sumber pembelajaran yang baik. 

Daftar Isi : 
A. Matahari 
    1. Reaksi Pada Matahari 
    2. Susunan Lapisan Matahari 
        2.1. Inti 
        2.2. Fotosfer 
        2.3. Atmosfer 


Mari kita mulai pembelajaran perihal Matahari berikut, 

PERTEMUAN - 6 TATA SURYA UNTUK SMP 1


PERTEMUAN - 6 TATA SURYA UNTUK SMP 2

PERTEMUAN - 6 TATA SURYA UNTUK SMP 3


PERTEMUAN - 6 TATA SURYA UNTUK SMP 4
PERTEMUAN - 6 TATA SURYA UNTUK SMP 5
PERTEMUAN - 6 TATA SURYA UNTUK SMP 6

PERTEMUAN - 6 TATA SURYA UNTUK SMP 7




PERTEMUAN - 4 GAYA

 

GAYA BERAT

 
GAYA BERAT (w) :

Gaya yang diberikan pusat bumi terhadap benda yang ada di dalam hingg permukaan bumi. Sehingga semua benda memiliki gaya berat (w) akibat pengaruh gravitasi bumi.










Selasa, 29 Maret 2022

PERTEMUAN - 3 GAYA

 

Contoh : (gaya gesek pada zat padat)

Dua buah benda padat yang bersinggungan langsung akan menimbulkan gaya gesek. Sebab kedua benda padat memiliki bentuk permukaan yang tidak selalu mulus bagaikan permukaan kaca atau permukaan es (salju tebal).



Gambar di atas menampilkan penampilan permukaan dua benda padat yang bersinggungan. Derajat kekasaran permukaan benda disebut dengan koefisien gesekan dan dilambangkan dengan μ (dibaca∶miu). Dan batasan nilai koefisien gesekan (0 ≤ μ <1). Jika koefisien nilai gesekan sama dengan nol maka permukaan yang bersentuhan sangat licin. Dan secara umum nilai koefisien gesekan tidak pernah sama dengan 1. 


Gaya normal (N) selalu tegak lurus dengan bidang tempat benda berada. Pada gambar di atas terlihat besar gaya normal sama dengan berat bendanya. 


Ketika benda tepat akan bergerak, analisa kita menjadi

besar gaya gesek statis sama dengan besar gaya yang

diberikan terhadap benda tersebut. 



Contoh :
Perhatikan gambar di bawah ini

Bunga ban yang bergesekan dengan aspal ketika mobil bergerak, memberikan rotasi pada ban mobil. Gaya gesekan benda beroda disebut gaya gesekan rotasi. Gaya gesekan rotasi lebih rendah nilainya jika dibandingkan dengan gaya gesek translasi. 


Keuntungan gaya gesek

        1.     Gaya gesek dapat memberikan dorongan ke arah depan. Saat kita berjalan 
              di atas tanah atau lantai membuat gesekan antara kaki dengan lantai. 
              Sehingga kita dapat berjalan ke arah depan dengan baik tanpa perlu 
              khawatir akan slip.
        2.     Gaya gesek membantu pengereman roda
        3.     Gaya gesek antara bunga ban mobil dengan aspal membantu roda tidak slip.

        4.     Membantu laju perlambatan penerjun payung. 



PERTEMUAN - 2 GAYA

Gaya gesek

Gaya yang bekerja dengan sifat memperlambat gerak sebuah benda dan gaya gesek termasuk gaya sentuh.

 

Contoh : (gaya gesek oleh udara)

Perhatikan selembar kertas dan remasan kertas dijatuhkan, kertas yang tidak diremas akan lebih lama tiba di lantai/tanah oleh karena adanya gaya gesek yang bekerja. 




Pada gambar 1a, terlihat lembaran kertas yang jatuh atau turun ke bawah akan mengalami gaya gesek dari partikel udara. Sepanjang lintasannya, lembaran kertas tersebut akan selalu mendapatkan gaya gesek dari partikel udara. Akibat gaya gesek yang ditimbulkan partikel udara, membuat lembaran kertas tersebut akan lebih lambat tiba di tanah/lantai. Gaya gesek udara akan bekerja pada luas lembaran kertas, artinya jika lembaran kertas makin luas maka makin besar gaya gesek udara yang bekerja. Atau sebaliknya jika luas lembaran kertasnya makin sempit, maka semakin sedikit gaya gesek yang bekerja oleh partikel udara. 




Remasan kertas turun ke bawah dan akan mendapatkan gaya gesek oleh partikel udara sepanjang lintasannya. Akan tetapi gaya gravitasi yang arahnya ke bawah lebih besar dibandingkan dengan gaya gesek. Sehingga remasan kertas lebih cepat tiba di tanah/lantai dibandingkan dengan lembaran kertas.

 

Contoh : (gaya gesek oleh partikel air)

Gaya gesek yang ditimbulkan oleh partikel air dapat kita lihat pada bentuk tubuh (textur) ikan. Ikan dengan textur tubuh streamline akan berenang cepat di dalam air. Textur tubuh ikan yang tergolong streamline akan melaju kencang di dalam air saat berenang dibandingkan dengan ikan yang memiliki textur tubuh yang tidak streamline. 


Perhatikan bentuk tubuh ikan lumba – lumba, bentuk tubuh ikan lumba – lumba adalah bentuk streamline. Sehingga ikan lumba – lumba, dapat berenang dengan sangat cepat di dalam air.  

 

Bentuk tubuh pada ikan lumba – lumba yang termasuk jenis streamline, akan mengurangi gaya gesek oleh partikel air. Sehingga gaya oleh otot ikan lumba – lumba akan memberikan dorongan cepat. 




Bentuk tubuh ikan lumba – lumba yang streamline, diadopsi untuk pembuatan bentuk pesawat terbang. Sebab partikel udara dianggap sama dengan partikel air saat sebuah pesawat terbang. 



Jika pada bentuk ikan lumba – lumba namanya adalah streamline, namun untuk pesawat terbang dan mobil balap. Bentuk tubuhnya dinamakan aerodinamis.

 

Secara umum bentuk pesawat tempur atau pesawat jet lebih aerodinamis dibandingkan dengan pesawat terbang komersil (penumpang). Sebab pesawat tempur berorientasi kecepatan tinggi. 


Demikian juga dengan mobil balapan, bentuknya sangat aerodinamis. Agar mobil balapan mampu memiliki kecepatan yang sangat optimal. Berbeda dengan bentuk mobil yang digunakan untuk komersil. 





Semua alat transportasi darat, laut dan udara yang berorientasi kecepatan, bentuk tubuhnya dirancang streamline. Semua diambil rancangan tersebut atau diadopsi dari bentuk tubuh ikan yang dapat berenang dengan cepat di dalam air. Sehingga gaya gesekkan menjadi lebih rendah dan kecepatannya menjadi maksimum. 



 

PERTEMUAN - 1 GAYA

 

A.  Identifikasi gaya

 

Defenisi gaya = segala sesuatu yang dapat merubah bentuk, volume, dan posisi suatu benda.

 


Contoh :

        ·            Bentuk dan ukuran benda berubah dapat kita lihat pada 
                karet gelang yang kita tarik. Setelah kita tarik, bentuk dan 
                ukuran panjangnya pasti berubah 
                setelah kita tarik.
        ·            Posisi bola akan berubah jika kita tendang, awalnya posisi 
                benda diam lalu bergerak setelah kita tendang. 



Klasifikasi Gaya : (Berdasarkan sentuh atau tidak sentuh )

        1.     Gaya Sentuh :

Gaya sentuh berarti gaya berinteraksi langsung denga benda (objek) yang akan diberikan gaya. Berikut contoh – contoh gaya sentuh dalam kehidupan kita sehari – hari dapat kita jumpai.

·        Gaya tarik

·        Gaya dorong

·        Gaya tahan

·        Gaya gesek

·        Dan lain sebagainya

 

        2.     Gaya Tak Sentuh :

Gaya tak sentuh berrarti gaya yang bekerja tidak terlihat namun tetap memiliki interaksi. Ini dapat kita lihat dari akibat yang ditimbulkannya. Contoh – contoh gaya tak sentuh :

·        Gaya gravitasi

·        Gaya listrik

·        Gaya magnetik

·        Dan lain sebagainya





Misalnya, ada buah dari suatu pokok jatuh dengan sendiri akibat pengaruh gaya gravitasi. 


Mengukur Gaya

 Alat ukur gaya dikenal dengan nama neraca pegas (Dinamometer)





PERTEMUAN - 12 SEGI EMPAT DAN SEGI TIGA (JAJARAN GENJANG)

 

JAJARAN GENJANG

 

Pengertian :

Jajaran genjang merupakan segi empat yang terbentuk oleh gabungan segitiga dan bayangannya jika segitiga tersebut diputar setengah putaran dengan pusat di titik tengah salah satu sisinya .



Keliling dan luas Jajaran Genjang 







RIVIEW - 2 MATERI PENGULANGAN SMA KELAS 12 MIPA

Selamat datang di blog saya dan salam sehat selalu, 
Menjelang ujian akhir, ada baiknya kita mengulang materi secara estafet. Dan bila ada rencana untuk mengikuti ujian seleksi masuk PTN. Pengulangan materi di bangku sekolah dapat menjadi strategi yang tepat.
Semoga pengalaman berbagi ini bermanfaat bagi kita semua, terima kasih 

Gerak Lurus  Beraturan (GLB)

 

Nomor : 01

Dua buah mobil bergerak pada lintasan lurus dengan gerak

Saling berlawanan. Mobil P bergerak  dengan kecepatan 15

m/s, sedangkan mobil Q bergerak 3 sekon kemudian  dengan

kecepatan 25 m/s. Kedua mobil akan bertemu setelah mobil

kedua bergerak selama 5 sekon. Jarak mula-mula kedua mobil

adalah ................

A.   120 m   
B.   245 m   
C.   280 m   
D.   310 m   
E.    450 m

 

Kunci : B

 

Nomor : 02

Sebuah kereta api sedang bergerak dengan kelajuan 30 m/s.

Ketika melewati tanda akan memasuki stasiun, masinis

Memperlambat kelajuan kereta api sebesar 4 m/s2. Waktu yang

diperlukan kereta sampai kereta api benar-benar telah berhenti

adalah…

A.   4,5 s           
B.   3 s            
C.   5 s        
D.   7,5 s                
E.    10 s  

 

Kunci : D    


Gerak Vertikal

 

Nomor : 03

Gambar berikut ini memperlihatkan grafik perpindahan fungsi

waktu dari suatu benda yang dilemparkan vertikal ke atas.

Besar kecepatan awal lemparan adalah .....

 


A.   25 m/s
B.   30 m/s
C.   36 m/s
D.   40 m/s
E.    50 m/s

Kunci : B

  

Nomor : 04

Balon berisi air menumbuk lantai secara tegak lurus dengan

kelajuan 9 m/s setelah bergerak selama 0,6 s. Kecepatan balon

mula-mula adalah ......
A.   0 m/s               
B.   1,5 m/s                     
C.   3,0 m/s
D.   4,5 m/s            
E.    6,0 m/s

 

Kunci : C

 

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

 

Nomor : 05

Sebuah mobil bergerak dengan percepatan konstan. Jika

percepatan mobil sama dengan 10 m/s2, kelajuan mobil setelah

3 sekon adalah .......
A.   30 m/s     
B.   10 m/s     
C.   15 m/s  
D.   25 m/s   
E.    30 m/s

 

Kunci : A

 

 

Nomor : 06

Sebuah kereta api sedang bergerak dengan kelajuan 30 m/s.

Ketika melewati tanda akan memasuki stasiun, masinis

memperlambat kelajuan kereta api sebesar 4 m/s2. Waktu yang

diperlukan kereta sampai kereta api benar-benar telah berhenti

adalah..
A.   4,5 s           
B.   3 s            
C.   5 s        
D.   7,5 s        
E.    10 s   

 

Kunci : D   

 

Gerak Melingkar Beraturan (GMB)
 
Nomor : 07
Sebuah benda diputar secara horizontal dengan kecepatan sudut
tetap sebesar 4 rad/s. Jika massa benda 100 gram dan panjang
tali yang digunakan untuk memutar benda 50 cm, maka gaya
sentripental pada benda adalah .......
A.   0,8 N  
B.   1,2 N  
C.   1,6 N  
D.   2,4 N     
E.    3,6 N

 

Kunci : A 

Nomor : 08

Sebuah gabus bermassa 50 gram diikat dengan tali yang

panjangnya 1 meter kemudian diputar horizontal hingga

bergerak melingkar beraturan. dalam waktu 10 sekon terjadi  

50 putaran, maka besar tegangan tali adalah ....... N


Kunci : D












Nomor : 16

Sebuah celah ganda disinari dengan cahaya yang panjang

gelombangnya 600 nm. Jarak dua pita terang berdekatan yang

diamati pada layar adalah 1,44 mm. Jika layar berjarak 1,2 m

jauhnya dari celah ganda, maka jarak kedua celah adalah ....

mm.

A.   2,5        

B.   0,5                  

C.   0,25      

D.   0,05      

E.    0,025

 

Kunci : B






Kinematika

 

Nomor : 19

Perhatikan gambar di bawah ini, 


Gambar di atas menunjukkan perpindahan sebuah partikel dari

titik A ke titik B. Vektor posisi partikel pada saat di titik A

adalah ....



Nomor : 20

Perhatikan gambar di bawah ini, 




Gambar di atas menunjukkan perpindahan sebuah partikel dari

titik A ke titik B. Vektor posisi partikel pada saat di titik B

adalah ..........






Medan magnetik

 

Nomor : 23

Besar kuat medan magnet di sekitar kawat berarus listrik
bergantung pada ......

A.   luas penampang kawat  

B.   jenis bahan kawat

C.   panjang kawat 

D.   jarak dari kawat

E.    massa kawat

 

Kunci : D


Nomor : 24

Induksi magnetik di sebuah titik yang berada di tengah-tengah
sumbu solenoida yang berarus listrik adalah…..
 

        1)    berbanding lurus dengan jumlah lilitan                              

        2)    berbanding lurus dengan kuat arus         

        3)    berbanding lurus dengan permeabilitas zat dalam solenoida

        4)    berbanding terbalik dengan panjangnya          

 

Pernyataan yang benar adalah…

A.   1 dan 3  

B.   2 dan 4             

C.   1,2 dan 3          

D.   2,3 dan 4          

E.    1,2,3 dan 4

 

Kunci : E







Torsi

 

Nomor : 29

Bila panjang AB = BC = CD = DE = 1 meter, torsi total pada

gambar di bawah ini terhadap titik A adalah .......

 


A.   64 N.m

B.   50 N.m

C.   36 N.m

D.   74 N.m

E.    95 N.m

 

Kunci : A





Dualisme Cahaya

 

Nomor : 31

Energi elektron yang dipancarkan oleh permukaan yang sensitif

terhadap cahaya akan meningkat jika cahaya datang yang

menumbuk permukaan ........

A.   intensitasnya diperbesar.

B.   amplitudonya diperbesar.

C.   panjang gelombangnya diperpendek.

D.   frekwensinya diperkecil.

E.    sudut datangnya diperbesar.

 

Kunci : C

 

Nomor : 32

Ketika elektron foto dikeluarkan dari suatu permukaan logam

oleh radiasi gelombang elektromagnetik, kelajuan

maksimumnya hanya tergantung pada ......

A.   frekwensi radiasi.

B.   intensitas radiasi.

C.   frekwensi dan intensitas radiasi.

D.   frekwensi radiasi dan fungsi kerja kerja logam.

E.    frekwensi, intensitas radiasi dan fungsi kerja logam.

 

Kunci : D

 

Fiska Atom

 

Nomor : 33

Berdasarkan percobaan yang dilakukannya, Rutherford

mengemukakan pandangan mengenai atom antara lain ......

A.   sambil mengelilingi intinya, elektron menyerap energi.

B.   atom memancarkan energi bila elektronnya berpindah lintasan dengan arah mendekati inti.

C.   massa atom berpusat pada suatu tempat yang disebut inti atom.

D.   elektron bermuatan negatif tersebar di seluruh bagian atom.

E.    massa atom tersebar merata di seluruh atom.

    

Kunci : C

Nomor : 34

Dua hal yang merupakan kelemahan model atom Rutherford
yaitu.....

A.   model atom Rutherford hanya terbatas berlakunya dan bertentangan dengan model atom Bohr.

B.   elektron yang mengelilingi inti akan memancarkan energi dan elektron tidak memiliki orbit stasioner.

C.   tidak menjelaskan adanya tingkat energi atom dan atom-atom menjadi tidak stabil

D.   atom-atom menjadi tidak stabil dan bertentangan dengan hasil pengamatan tentang spektrum atom hidrogen yang berbentuk diskrit.

E.    lektron bergerak mengelilingi inti dan massa atom terpusat pada intinya 

                  

Kunci : C

 

Fisika Inti