Kamis, 21 April 2022

10 - SOAL SEGI TIGA DISERTAI PEMBAHASANNYA

Nomor : 01

Besar setiap sudut segitiga sama sisi adalah …

A.   300

B.   450

C.   600

D.   900

Pembahasan : -

Kunci : C


Nomor : 02

Jika keliling sebuah segitiga sama sisi adalah 60 cm, 
maka panjang masing – masing sisinya adalah …

A.   15 cm

B.   20 cm

C.   25 cm

D.   30 cm

 
Pembahasan :
 
Sama sisi, a = b = c = x, maka :
ó K = a + b + c
ó 60 = x + x + x
ó 60 = 3x
ó x = 60/3
ó x = 20 cm
 
Kunci : B
 
Nomor : 03
Sebuah segitiga alasanya 10 cm dan tingginya 15 cm. 
Luas segitiga tersebut adalah … cm2.

A.   50

B.   60

C.   75

D.   90

 

Pembahasan :

 
ó L = ½ ( a x t )

ó L = ½ ( 10 x 15 )

ó L = ½ (150)

ó L = 75 cm2
 
Kunci : C

Nomor : 04

Pada sebuah segitiga siku –siku, jika panjang sisi siku – sikunya 
masing – masing 20 cm dan 21 cm maka panjang sisi miringnya 
adalah …

A.   25 cm

B.   27 cm

C.   29 cm

D.   30 cm

 

Pembahasan : 



Untuk menghitung panjang sisi miring, 
kita dapat mengunakan dalil Phytagoras. 

Kunci : C
 

Nomor : 05

Perhatikan gambar di bawah ini. 

Luas segitiga pada gambar di atas adalah … cm2.

A.   72

B.   78

C.   90

D.   102







Kunci : A

Nomor : 06
Keliling suatu segitiga sama kaki 36 cm dan panjang alasnya 10 cm. 
Luas segitiga tersebut adalah … cm2.

A.   130

B.   120

C.   65

D.   60


Pembahasan : 



Langkah pertama,

Kita misalkan sisi – sisi sama kaki segitiga adalah a. 

Lalu kita hitung terlebih dahulu panjang sisi segitiga sama kaki.
 
ó K = a + b + c

ó 36 = a + 10 + a

ó 36 = 2a + 10

ó 2a = 36 – 10

ó a = (26/2)

ó a = 13

 

Langkah kedua,
Kita akan mengitung tinggi segitiga sama kaki.


Nomor : 07
Pada gambar di bawah ini, diketahui KL 10 cm, KM = 24 cm, 
dan LM = 26 cm. Tinggi KN … cm. 

A.   4,6

B.   4,7

C.   9,2

D.   9,4

 
Pembahasan :

Perhatikan gambar di bawah ini dengan seksama, 
agar memudahkan anda mampu membuat model penyelesaiannya.
KL 10 cm, KM = 24 cm


Tinjau ∆KMN dan ∆KLN,
Segitiga KMN 

Kemudian kita subsitusikan kedua persamaan di atas,

 
Lalu kedua ruas kiri dan kanan kita bagi dengan 2, 


26x - 100 = 0 

Dengan menggunakan rumus ABC


Maka kita peroleh panjang LN = x = 3,85 cm  dan panjang    

MN = 26 – 3,40 = 22,60 cm. Sehingga kita dapat menghitung 
tinggi KN. 

Kunci : C

 

Nomor : 08

Diketahui ukuran sisi – sisi segitiga sebagai berikut.
(i)          6 cm, 8 cm, dan 10 cm
(ii)       12 cm, 5 cm, dan 10 cm
(iii)     8 cm, 15 cm, dan 18 cm

Ukuran – ukuran segitiga yang merupakan segitiga tumpul adalah … 

A.   (i)

B.   (i) dan (ii)

C.   (i) dan (iii)

D.   (ii) dan (iii)


Pembahasan :

 

Pernyataan (i)

Panjang sisinya 6 cm, 8 cm, dan 10 cm ; dengan menggunakan 

teori phytagoras. Pernyataan (i) merupakan segi tiga siku – siku.

Pernyataan (ii)
Panjang sisinya 12 cm, 5 cm, dan 10 cm ; dengan menggunakan
teori phytagoras. Pernyataan (ii) merupakan segi tiga sembarang

Pernyataan (iii)
Panjang sisinya 8 cm, 15 cm, dan 18 cm ; dengan menggunakan 
teori phytagoras. Pernyataan (iii) merupakan segi tiga sembarang.
 
Kunci : C

Nomor : 09

Jenis segitiga pada gambar berikut ditinjau dari sudut – sudutnya adalah … 


A.   Segitiga lancip

B.   Segitiga siku – siku

C.   Segitiga tumpul

D.   Segitiga sama kaki

 
Kunci : C
 
Pembahasan : -


Nomor : 10

Panjang AD pada gambar di bawah ini adalah … 


A.   6,4 cm

B.   7,2 cm

C.   9,6 cm

D.   10,8 cm

Pembahasan : 


Segitiga CAD kongruen (sebagun) dengan segitiga ADB


Kemudian buat perbandingan berikutnya, 


Kunci : C 


9 - SOAL DAN PEMBAHASAN STATISTIK

Contoh soal dan Pembahasan

 

Contoh 01 :

Perhatikan diagram berikut 


Diagram tersebut menunjukkan data penjualan kenderaan pada suatu perusahaan. Kenaikkan penjualan kenderaan sebesar 20% terjadi pada tahun.

A.    Tahun 2011

B.     Tahun 2013

C.     Tahun 2014

D.    Tahun 2015

 
Kunci : A
 
Pembahasan : 

Contoh 02 :

Diagram lingkaran di bawah ini, menunjukkan latar belakang pendidikan orang tua siswa di perguruan “Angin Topan”. 




Jika jumlah orang tua siswa di sekolah tersebut 900 orang. Maka banyaknya orang tua siswa yang memiliki latar belakang pendidikan SMP ada … orang.

A.    385

B.     375

C.     350

D.    315


Kunci : D

 
Pembahasan : 



Contoh 03 :
Perhatikan diagram batang berikut 



Jumlah buku biografi dan esiklopedia adalah … eksemplar.

A.    220

B.     270

C.     275

D.    325

 

Kunci : C
 
Pembahasan :
 
Lihat diagram batang untuk biografi dan ensiklopedia.
 
Jumlah = jumlah buku biografi + jumlah buku ensiklopedia
Jumlah = 180 + 95
Jumlah = 275 buku. 


Contoh 04 :
Tabel frekuensi berikut menunjukkan hasil ulangan Matematika 


Banyak siswa yang mendapat nilai lebih dari 7 adalah … siswa.

A.    10

B.     17

C.     18

D.    27

 
Kunci : B

Pembahasan :

 

Nilai lebih dari 7, maka nilai tersebut adalah 8, 9 , dan 10.
Jumlah = 10 + 5 + 2
Jumlah = 17 siswa

 

Contoh 05 :

Data berat badan ( dalam satuan kg) dari 30 siswa sebagai berikut 


Persentase banyak siswa yang mempunyai berat badan kurang dari 40 kg adalah …

A.    20%

B.     25%

C.     40%

D.    50%

 
Kunci : D
 
Pembahasan : 



Contoh 06 :

Perhatikan tabel berikut : 


Jika banyak siswa seluruhnya 44 orang, selisih banyak siswa yang mempunyai ukuran sepatu 36 dan 39 adalah … orang.

A.    5

B.     7

C.     12

D.    13


Kunci : A

 
Pembahasan :
 
Jumlah siswa = 12 + 9 + 8 + x + 5 + 3

                   44 = 37 + x

                    X = 44 – 37

                    X = 7 siswa

 
Maka banyak siswa yang memilii ukuran sepatu 36 dan 39 :
 
Selisih = 12 – 7
            = 5 orang siswa 

Contoh 07

Dietahui data panjang potongan logam ( dalam cm) sebagai berikut 


Potongan logam yang memiliki panjang lebih dari 14 cm sebanyak …

A.    3

B.     5

C.     8

D.    11

 

Kunci : B 


Pembahasan : 



Jumlah potongan logam yang memiliki ukuran di atas 14 cm,
= 2 + 3
= 5 


Contoh 08

Banyak siswa jurusa IPA dan IPS di SMA X ditunjukkan pada diagram di bawah ini. 


Selisih antara banyak siswa IPS kelas XI dengan banyak siswa IPS kelas XII adalah … siswa. 

A.    30

B.     60

C.     90

D.    130

 
Kunci : A
 
Pembahasan :
 
Selisih XII IPS dengan XI IPS :
= 210 – 180
= 30 siswa 

Contoh 09 :

Data produksi dan penjualan hanphone yang kontinu, sebaiknya disajikan dalam bentuk

A.    Tabel

B.     Diagram batang

C.     Diagram garis

D.    Diagram lingkaran

 

Kunci : D

Pembahasan : - 



PERTEMUAN - 5 STATISTIK

 

C.    Mengolah dan menyajikan Data

 

Penyajian data dalam bentuk tabel dapat dilakukan dengan mudah, namun masih memerlukan waktu tambahan untuk menarik kesimpulan. Oleh sebab itu, penyajian data secara umum dan mudah dengan cepat menarik kesimpulan. Dapat dilakukan dengan penyajian data dalam bentuk :

-         Diagram Batang

-         Diagram Garis

-         Diagram Lingkaran

-         Diagram Gambar/Piktogram



1.     Diagram Batang

2.     Diagram Garis 


3.     Diagram Lingkaran

4.     Diagram Gambar/Piktogram 

Piktogram digunakan untuk menyajikan data yang nilainya cukup besar. 
Nilai data biasanya dalam bentuk bilangan bulat. Pada Piktogram, 
data disajikan menggunakan gambar yang sesuai dengan karakteristik data. 


Contoh data di atas, menggambarkan jumlah pembelian mobil pada 
showroom AUTO “X”. Mudah membaca,
·    Tahun 2017 : 
    tergambar ada 4 buah gambar mobil, 
    dengan 1 mobil menggambarkan 1000 unit mobil terjual. 
    Berarti pada tahun 2017 AUTO “X” menjual 4000 unit mobil.
·    Tahun 2018 : 
    tergambar ada 2 buah gambar mobil. 
    Berarti pada tahun 2018 terjual 2000 unit mobil.
·     Tahun 2019 : 
    tergambar ada 3 buah gambar mobil. 
    Berarti pada tahun 2019 terjual 3 000 unit mobil.
·    Tahun 2020 : 
    tergambar hanya 1 buah gambar unit mobil. 
    Berarti pada tahun 2020 mobil hanya terjual 1 000 unit saja. 



Pengikut