Selamat datang di blog saya, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi 10 soal Fisika yang dapat dijadikan bahan untuk berlatih. Baik untuk persiapan menghadapi ujian semester maupun persiapan mengikuti ujian seleksi masuk perguruan tinggi negri. Semoga bahan berbagi ini memberikan manfaat buat kita semua.

 

Pilihan Berganda :

 

Soal : 1
Jika konstanta Rydberg = 1,097 x 107 m-1, maka panjang gelombang terpanjang pada deret Balmer adalah ...... Å.
A.   1.215
B.   3.646 
C.   6.563        
D.  18.752      
E.   40.516

Soal : 2
Jika konstanta Rydberg = 1,097 x 107 m-1, maka panjang gelombang terpanjang pada deret Lyman adalah ...... Å.
A.   912    
B.   1.000 
C.   1.215        
D.  2.115 
E.   6.541

Soal : 3
Suatu atom H memancarkan spektrum pada deret Balmer. Loncatan elektron yang terjadi pada atom H tersebut adalah .....
A.   dari lintasan dengan bilangan kuantum n = 6 ke n = 3.
B.   dari lintasan dengan bilangan kuantum n = 6 ke n = 4.
C.   dari lintasan dengan bilangan kuantum n = 3 ke n = 1.
D.  dari lintasan dengan bilangan kuantum n = 4 ke n = 1.
E.   dari lintasan dengan bilangan kuantum n = 5 ke n = 2.

Soal : 4
Pada lintasan dasar, elektron atom hidrogen memiliki energi ikat sebesar E. Pada lintasan elektron dengan bilangan kuantum n = 4, energi ikatnya adalah .....
A.   E/16  
B.   E/8
C.   E/4    
D.  8E
E.   16E

Soal : 5
Energi stasioner atom H dengan bilangan kuantum utama n adalah En = – (13,6/n2). Energi yang dibutuhkan untuk eksitasi dari n = 2 ke  n = 4 adalah ...... eV.
A.   1,00
B.   1,40
C.   2,55   
D.  3,40   
E.   4,01

Soal : 6
Bila diketahui E1 = 13,6 eV, maka energi yang diperlukan untuk bereksitasi dari n = 2 ke n = 4 pada atom hidrogen adalah ....... eV.
A.   0,85   
B.   1,70         
C.   2,55         
D.  3,40   
E.   6,80

Soal : 7
Perhatikan gambar diagram tingkat energi atom hidrogen di bawah ini .
Elektron pada lintasan dasar memiliki energi sebesar – 13,6 eV. Atom hidrogen akan memancarkan foton dengan energi sebesar 10,2 eV bila elektron berpindah dari tingkat energi….
A.   Dari kulit a ke kulit b
B.   Dari kulit b ke kulit a
C.   Dari kulit b ke kulit c
D.  Dari kulit c ke kulit a
E.   Dari kulit c ke kulit b

Soal : 8
Energi elektron atom hidrogen pada lintasan dasar - 13,6 eV. Energi
yang dipancarkan elektron pada saat mengalami eksitasi dari n = 4
ke n = 3 adalah ..... eV.
A.   0,09   
B.   0,66   
C.   1,13         
D.  3,40         
E.   4,53

Soal : 9
Besar foton sinar tampak yang dipancarkan atom hidrogen ketika
terjadi transisi elektron dari n = 4 ke n = 2 adalah ..... eV.
A.   54,4   
B.   13,6   
C.   6,80         
D.  3,40   
E.   2,55

Soal : 10
Apabila energi elektron atom hidrogen pada lintasan dasar = - 13,6
eV, maka energi ionisasi pada atom H yang berasal dari lintasan n = 3
adalah ........ eV.
A.   1,51   
B.   4,53   
C.   9,07         
D.  10,60 
E.   12,09

 

Lembar Jawaban Siswa

 

Nama      : ……………...

Kelas      : ………………

No. urt    : ……………….

 

1.     (a)   (b)   (c)   (d)   (e)

2.     (a)   (b)   (c)   (d)   (e)

3.     (a)   (b)   (c)   (d)   (e)

4.     (a)   (b)   (c)   (d)   (e)

5.     (a)   (b)   (c)   (d)   (e)

6.     (a)   (b)   (c)   (d)   (e)

7.     (a)   (b)   (c)   (d)   (e)

8.     (a)   (b)   (c)   (d)   (e)

9.     (a)   (b)   (c)   (d)   (e)

10. (a)   (b)   (c)   (d)   (e)

 

 

Benar     : …….

 

Salah      : …….

 

Skor       : …….

 

Nilai       : …….

 

 

Bagi Pelajar

Dapat digunakan sebagai bahan untuk berlatih mandiri

 

Bagi Guru

Dapat digunakan bahan ajar untuk sumber contoh soal. Bahan untuk PR, atau bahan ujian harian atau pun bahan ujian semester dan seterusnya.



KEGIATAN MENGAJAR DALAM FOTO (4)

Sekelumit kegiatan bersama siswa/i yang pernah saya ikuti, dan kita bagi sebagai guru di Perguruan SMP - SMA WR Supratman 2 Medan dan Perguruan SMP Buddhis Bodhicitta Medan. 

Daftar Isi :
* Perguruan SMP - SMA WR Supratman 2 Medan 
* Perguruan SMP Buddhis Bodhicitta Medan 
* Praktikum Guru

Perguruan SMP - SMA WR Supratman 2 Medan 

SAAT DI BERASTAGI

Gambar 1. Pose sedang mengawasi murid  yang sedang melakukan outbond di Berastagi. Momen study tour anak kelas XII SMA dan kelas IX SMP WR Supratman 2 Medan. 


Gambar 2. Foto bersama siswa kelas XII IPA (Emon Santoso), disela - sela outbond tiga orang siswa mengajak saya berfoto. Pada tahun pelajaran ini saya sangat merasa senang dan bangga. Sebab siswa kelas XII IPA yang saya pamongi hampir 90% siswa termasuk anak yang pintar. Gigih dan selalu bersemangat belajar, dan ini semua terbukti dengan keberadaan mereka melajutkan pendidikannya di luar negri. Kepada saya Emon sempat bercerita jika mereka di luar negri bersekolah sambil bekerja. 


Gambar 3. Foto bersama siswa/i kelas XII - IPA di Lab. Fisika SMA WR Supratman 2 Medan. Sehabis angkatan Emon Santoso, Tuhan masih memberikan saya siswa/i yang baik dan cerdas. Memiliki kemauan belajar yang tinggi dan bersemangat belajar yang sempat membuat saya kewalahan. Seperti Limelvi Margareth, murid yang tidak mengijinkan saya terlalu banyak mengajari mereka. Lebih memilih mencoba terlebih dahulu menyelesaikan latihan dan praktikum. Jika mereka mengalami kendala dan tidak ada solusi. Utusan mereka diwakili Limelvi mengajukan pertanyaan dan meminta pengajaran, salut dan semoga semakin suskses. 


FOTO BARENG DENGAN SISWA KELAS IX - C

Gambar 4a. Momen foto bersama siswa kelas IX - C SMP WR Supratman 2 Medan, khusus putri. Foto diambil saat peringatan hari guru (Teacher's day). 

FOTO BARENG DENGAN SISWA KELAS IX - C PUTRA

Gambar 4b.Momen Foto bersama siswa kelas IX - C SMP WR Supratman 2 Medan, khusus putra. Foto diambil saat pekan terakhir menjelang UN SMP. 

Selama saya menjadi wali kelas IX - C, saya memiliki kebanggaan tersendiri. Sebab meski umur mereka masih muda belia, namun pemikiran mereka sudah cukup matang. Mereka memiliki gagasan untuk berbagi dengan sesama. Mereka yang dimotori Atika slsabila dan Deasy, mengusulkan untuk berkunjung ke Panti Asuhan. Kemudian rekan - rekan yang lain menyiapkan beras, minyak goreng, gula, mentega, telur dan sejumlah uang. Salut buat kelas IX - C SMP WR Supratman 2 Medan. 

Perguruan SMP Buddhis Bodhicitta Medan

FOTO BARENG DENGA SISWA KELAS IX - B BUDDHIS BODHICITTA MEDAN

Gambar 5a. 


Gambar 5b.



Gambar 5c.
Momen kebersamaan murid - murid Bodhicitta Medan, Jl. Selam No. 39 - 41 Medan. Foto diambil menjelang UN SMP, dan foto bersama dengan siswa/i kelas IX - B SMP. 

Kelas IX - B ini, memiliki banyak masalah dan banyak keunikan serta keragaman. Mulai dari sikap, kemampuan berfikir, kemampuan berbicara, dan kemampuan berinteraksi sosial. Sempat membuat saya stres dalam mengajar, dikarenakan saya bertemua mereka selama 3 tahun berturut - turut. Mulai dari kelas VII sampai dengan kelas IX, mereka naik kelas saya pun ikut naik kelas. 

Disebabkan di kelas IX - B inilah terdapat banyak potensi bakat dan talenta siswa/i yang mumpuni. Dan di kelas IX - B inilah terdapat siswi yang mengharumkan nama sekolah yakni Joselyn. 



Gambar 6a. Foto bersama siswi pintar dari kelas IX - B SMP Buddhis Bodhicitta Medan. Nomor 2 siswi yang berada di seblah kanan saya, Joselyn. Siswi SMP Bodhicitta Medan yang lulus hingga ke tingkat pusat seleksi OSN sains SMP di Surabaya, Jawa Timur. 



Gambar 6b. Foto bersama siswi kelas IX - B SMP Bodhicitta Medan yang mengakunya centil - centil. Tapi mereka ini jagonya berbahasa Mandarin dan berbahasa Inggris. Ini mereka buktikan setiap ada lomba - lomba yang diadakan STBA. 

Praktikum Guru 

FOTO LAGI PRAKTEK GURU DI LAB

Gambar 7. Foto saat melakukan praktikum Kimia, dalam rangka pendidikan dan latihan (Diklat) guru yang tergabung dalam sub - rayon SMP N 6 Medan. Berlokasi di laboratorium Fisika SMA WR Supratman 2 Medan. 

KEGIATAN MENGAJAR DALAM FOTO (2)

 Selamat datang di blog saya, 

Pada kesempatan kali ini saya hanya berbagi pengalaman belajar dalam bentuk dokumentasi foto. 

Bahan Ulangan Harian SMP dan SMA WR Supratman 2 Medan TP 2024/2025 semester 2 (dua). Menggunakan google form, setiap peserta didik diwajibkan hanya masuk (mengerjakan) 1 kali kesempatan saja. Catatan, jika pindah aplikasi atau pun layar HP/Laptop anda terkunci akan otomatis tersubmit. Untuk itu penting dipahami peserta didik agar memperhatikan aturan tersebut. 

DAFTAR UH - 1 : 





















Gambar 1. suasana belajar di Bimbel WR Supratman 2 Medan, Kelas XII MIPA. Materi ajar Efek Foto Listrik (EFL).

Setelah menjelaskan beberapa soal, selanjutnya siswa diberi kesempatan untuk mencatat materi. Sembari mencatat materi penjelasan, peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya jika masih terfdapat penjelasan yang masih belum dimengerti. 


















Gambar 2. Peserta didik diberikan menjawab soal dalam bentuk Quiz. 

Peserta didik dengan santai mengerjakan soal quiz yang diberikan sebagai bentuk uji mandiri. Peserta didik dengan tenang dan tekun mengerjakan soal - soal yang disajikan. 


















Gambar 3. materi Fisika kelas XI MIPA, Gejala Gelombang.

Materi ajar Gejala gelombang untuk kelas XI - MIPA, perserta didik diberikan waktu mencatat materi yang baru saja dijelaskan. 

KEGIATAN MENGAJAR DALAM FOTO (3)

Selamat datang diblog saya, 
pada kesempatan kali ini saya akan berbagi dokumentasi mengajar dan bekerja di perguruan Buddhis Bodhicitta Medan yang beralamat di Jalan Selam No. 39 - 41 Medan. 

Saya mulai bekerja di Perguruan SMP Buddhis Bodhicitta Medan, tahun 2005 sampai dengan tahun 2012. Saat bersamaan juga saya mengajar juga di SMA WR Supratman 2 Medan Jalan Asia No. 143 Medan. Sedangkan induk tempat saya mengajar SMP - SMA WR Supratman 2 Medan yang beralamat di Jalan Brigjend. Zein Hamid No. 33 Medan. 

Saya memilki pengalaman berat dan penuh suka cita selama bekerja di SMP Bodhicitta Medan. Saat masih dipimpin Pak Alfian Salim sebagai kepala sekolah SMP Bodhicitta Medan. Bersama Pak Siwan Sie, guru biologi SMP dan saya sebagai guru fisika. 

Kami diberi tantangan sebagai tugas tambahan untuk mendesign program pelatihan lomba Olimpiade sains tingkat SMP. Dan mempersiapkan siswa/i untuk siap mengikuti lomba - lomba lainnya. 

Tantangan yang kami lalui memberikan hasil manis, SMP Buddhis Bodhicitta Medan berhasil menorehkan beragam prestasi siswa. Dan puncaknya ada siswi atas nama Joselyn berhak mendampingi siswa dari SMP Sutomo 1 Medan ke OSN tingkat Nasional di Surabaya, Jawa Timur. 

Di sekolah inilah keyakinan saya muncul untuk menjadi guru sekaligus pelatih anak - anak murid SMP. Mempersiapkan mereka untuk mengikuti 
lomba sains sekelas olimpiade sains tingkat SMP. Dan kali pertama saya bertandem dengan Pak Siwan, berhasil mengantarkan seorang siswa lolos hingga ke tingkat Nasional di Surabaya. Anak itu ada di gambar 2, namun saya sudah lupa namanya semoga si anak tidak lupa dengan saya. Kabar terakhir yang pernah saya dapati, si anak mengambil jurusan S2 hukum di Den Haag, Belanda.



Kegiatan Mengajar Dalam bentuk Foto 

Foto bareng dengan siswa/i tamatan, kelas IX - C SMP Buddhis Bodhicitta Medan,  sebagai foto kemesaran antara guru dengan siswa. (Dok. Pribadi)

Gambar 1. Foto bareng dengan siswa/i tamatan, kelas IX - C SMP Buddhis Bodhicitta Medan, sebagai foto kemesaran antara guru dengan siswa. (Dok. Pribadi)


Foto bareng dengan siswi pemuncak kelas, di ruangan kelas IX - B SMP Buddhis Bodhicitta Medan. (Dok.Pribadi)
Gambar 2. Foto bareng dengan siswi pemuncak kelas, di ruangan kelas IX - B SMP Buddhis Bodhicitta Medan. (Dok.Pribadi)

Foto bareng bersama siswi SMP BUddhis Bodhicitta Medan, mereka meminta sebagai pengingat kedekatan mereka dengan salah seorang guru yang killer kata mereka. (Dok.Pribadi)
Gambar 3. Foto bareng bersama siswi SMP BUddhis Bodhicitta Medan, mereka meminta sebagai pengingat kedekatan mereka dengan salah seorang guru yang killer kata mereka. (Dok.Pribadi) 


Foto lingkungan sekolah perguruan SMP Buddhis Bodhicitta Medan Jl. Selam No. 39 - 41 Medan

Gambar 4. Foto lingkungan sekolah perguruan SMP Buddhis Bodhicitta Medan Jl. Selam No. 39 - 41 Medan. Sebagai foto kenang - kenangan saya, yang sejak tahun 2005 sampai dengan 2013 pernah bertugas sebagai guru Fisika tingkatan SMP. 

KEGIATAN MENGAJAR DALAM FOTO (1)

Selamat datang diblog saya, 
Pada kesempatan kali ini saya berbagi pengalaman belajar - mengajar dalam bentuk foto. Baik mengajar di sekolah maupun mengajar di bimbingan sekolah. 


Gambar 1. saat masuk di kelas VIII - A SMP WR Supratman 2 Medan. Papan tulis menggunakan kaca dan spidol sebagai media pembelajaran di dalam kelas. 


















Gambar 2. saat masuk di kelas IX - A SMP WR Supratman 2 Medan. Papan tulis menggunakan kaca dan spidol sebagai media pembelajaran di dalam kelas. 




Gambar 3a. 



















Gambar 3b 

Gambar 3a dan Gambar 3b, gambaran suasana belajar di kelas XII - MIA 1 (Gambar 3a). Dan suasana belajar di kelas XII - MIA 2 (Gambar 3b) menggunakan papan tulis terbuat dari kaca sebagai media pembelajaran. 


















Gambar 4, suasana belajar di kelas IX - B SMP WR Supratman 2 Medan.