KESEBANGUNAN 2

Tahun Pelajaran  : ……………….
Semester           : II(dua)    
Kelas                 : VII SMP
Materi ajar         : Kesebangunan 2
Hari/tanggal       : …………..
Waktu                : 1 x 40’

 

Pilihan Berganda

 

Soal : 1
Suatu peta mempunyai skala 1 : 100.000. Jarak sebenarnya antara dua kota adalah 12 km. Maka jarak kedua kota tersebut di dalam peta.

a.    3 cm

b.   6 cm

c.    9 cm

d.   12 cm

 
Soal : 2
Diketahui ABC - PQR dengan AB = 5 cm, BC = 15 cm, CA = 11 cm, dan RP = 3 cm.


Maka panjang QR sama dengan …
a.    1  4/11 cm
b.   2  3/11 cm
c.    4  1/11 cm
d.   11 ¾  cm
 
Soal : 3
Jika diketahui dua persegi panjang ABCD dan PQRS dengan panjang AB = 20 cm, BC = 10 cm, PQ = 8 cm, dan QR = 6 cm.

(1)   Perbandingan sisi panjang AB : PQ sama dengan 5/2.

(2)   Perbandingan sisi lebar BC : QR sama dengan 5/3.

(3)   Kedua persegi panjang tidak sebangun.

(4)   Kedua persegi panjang sebangun.

Pernyataan yang benar …

a.  (1), (2), (3), dan (4) benar

b.  (1), (2), dan (3) benar

c.   (1) dan (3) benar

d.  (2) dan (4) benar

 
Soal : 4
Pernyataan berikut yang benar adalah …

a.    Setengah dari sudut tumpul pasti merupakan sudut lancip.

b.   Jumlah sudut lancip dan sudut tumpul pasti merupakan 
    sudut refleks.
c.    Jumlah tiga sudut lancip pasti sudut tumpul.
d.   Jumlah dua sudut tumpul membentuk sudut lurus.
 
Soal : 5
Diketahui sudut P = 4/5 sudut Q dengan sudut P dan sudut Q berpenyiku. Selisih besar sudut P dan sudut Q adalah …
a.    150.
b.   200.
c.    400.
d.   500.
 
Soal : 6
Perhatikan gambar segitiga ABC berikut.
Jika besar FAC = 1250 dan ACE = 1070, besar sudut yang benar adalah …
a.    ABC = 520.
b.   ACB = 550.
c.    BAC = 730.
d.   CBA = 620.
 
Soal : 7
Perhatikan gambar berikut.
Pasangan sudut yang berpelurus pada gambar tersebut adalah …
a.    COD dan BOF
b.   AOF dan COD
c.    EOD dan DOF
d.   AOB dan AOE
 
Soal : 8
Perhatikan gambar berikut.


Pernyataan yang benar adalah …
a.    PQS = 1180.
b.   PQT = 1800.
c.    QRS = 560.
d.   RQS = 520.
 
Soal : 9
Pasangan bangun datar berikut yang pasti sebangun adalah …
a.    Dua jajargenjang
b.   Dua belah ketupat
c.    Dua segitiga
d.   Dua persegi
 
Soal : 10
Sebuah persegi panjang berukuran 16 cm x 12 cm akan sebangun dengan persegi panjang yang berukuran …
a.    12 cm x 8 cm
b.   20 cm x 18 cm
c.    24 cm x 18 cm
d.   32 cm x 28 cm

 

Lembar Jawaban Siswa

 

Nama      : ……………...

Kelas       : ………………

No. urt    : ……………….

 

1.        (a)   (b)   (c)   (d)

2.        (a)   (b)   (c)   (d)

3.        (a)   (b)   (c)   (d)

4.        (a)   (b)   (c)   (d)

5.        (a)   (b)   (c)   (d)

6.        (a)   (b)   (c)   (d)

7.        (a)   (b)   (c)   (d)

8.        (a)   (b)   (c)   (d)

9.        (a)   (b)   (c)   (d)

10.    (a)   (b)   (c)   (d)

 

Benar     : …….

 

Salah      : …….

 

Skor       : …….

 

Nilai       : …….

 

 

Bagi Pelajar

Dapat digunakan sebagai bahan untuk berlatih mandiri.

 

Bagi Guru

Dapat digunakan bahan ajar untuk sumber contoh soal. Bahan untuk PR, atau bahan ujian harian atau pun bahan.


GERAK 2

Tahun Pelajaran     : ……
Semester              : II(dua) 
Kelas                    : VII SMP
Materi ajar            : Gerak 2
Hari/tanggal          : …………..
Waktu                   : 1 x 40’

 

Pilihan Berganda

 

Soal : 1
Gerak benda yang dilempar vertikal ke atas dan akhirnya jatuh ke tanah adalah ...........
a.    GLB
b.   GLBB kemudian menjadi tidak teratur
c.    GLBB diperlambat kemudian berubah menjadi 
    GLBB dipercepat.
d.   GLB kemudian menjadi GLBB

 

Soal : 2
Perhatikan gambar pita ticker timer di bawah ini !
Gambar titik pada pita kertas merupakan hasil percobaan dari benda yang bergerak .......

a.    tidak beraturan        

b.   secara berurutan

c.    dipercepat beraturan

d.   diperlambat beraturan

 
Soal : 3
Perhatikan gambar pita ticker timer di bawah ini !
Jenis gerak yang menghasilkan pola di atas adalah ........
a.    GLB                 
b.   GLBB dipercepat
c.    GLBB diperlambat
d.   Gerak tidak beraturan
 
Soal : 4
Perhatikan gambar pita kertas ticker timer di bawah ini !
Jenis gerak yang menghasilkan pola di atas adalah ........
a.    GLB                 
b.   GLBB dipercepat
c.    GLBB diperlambat     
d.   Gerak tidak beraturan

Soal : 5
Sebuah mobil bergerak lurus dari kota B ke kota A dengan percepatan nol.


Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut !
1)   mobil melakukan GLBB
2)   mobil melakukan GLBB dipercepat
3)   mobil melakukan GLBB diperlambat
4)   mobil melakukan GLB
Pernyataan yang benar adalah .......
a. 1)
b. 2)
c. 3)
d. 4)

Soal : 6
Grafik yang menunjukkan hubungan antara jarak dan waktu pada gerak lurus beraturan adalah .......

Soal : 7
Grafik waktu tempuh terhadap jarak tempuh dari 3 benda A, B, dan C yang menempuh gerak lurus beraturan ditunjukkan gambar di bawah ini.












Urutan kelajuan benda mulai dari yang terbesar adalah .........
a.    A - B - C
b.   A - C - B
c.    C - B - A
d.   C - A - B

Soal : 8
Grafik jarak terhadap waktu oleh suatu benda yang bergerak 
ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Kelajuan terbesar benda dicapai dalam selang ....
a. I      
b. II
c. III             
d. IV

Soal : 9
Perhatikan pernyataan berikut !
1)   pejalan kaki sedang menyeberag melalui zebra cross.
2)   kucing berlari mengejar tikus
3)   buah mangga yang masak jatuh dari pohonnya.
4)   bola tenis diluncurkan pada papan bidang miring.
Pernyataan di atas yang termasuk gerak GLBB adalah ......
a. 1 dan 2            
b. 1 dan 3     
c. 2 dan 4      
d. 3 dan 4

Soal : 10
Seorang anak meluncur maju di jalan seperti pada gambar tanpa mengayuh pedal sepedanya.


Jenis gerak GLBB yang terjadi pada sepeda ketika melalui lintasan ......








Lembar Jawaban Siswa

 

Nama      : ……………...

Kelas      : ………………

No. urt    : ……………….

 

1.     (a)   (b)   (c)   (d)

2.     (a)   (b)   (c)   (d)

3.     (a)   (b)   (c)   (d)

4.     (a)   (b)   (c)   (d)

5.     (a)   (b)   (c)   (d)

6.     (a)   (b)   (c)   (d)

7.     (a)   (b)   (c)   (d)

8.     (a)   (b)   (c)   (d)

9.     (a)   (b)   (c)   (d)

10. (a)   (b)   (c)   (d)

 

Benar     : …….

 

Salah      : …….

 

Skor       : …….

 

Nilai       : …….

 

Bagi Pelajar

Dapat digunakan sebagai bahan untuk berlatih mandiri

 

Bagi Guru
Dapat digunakan bahan ajar untuk sumber contoh soal. Bahan untuk PR, atau bahan ujian harian atau pun bahan ujian semester dan seterusnya.