SERI 1 : 5 SOAL LATIHAN OSN FISIKA SMA

Soal : 1

Sebuah bola mula – mula diam dan menggelinding menuruni bukit dengan percepatan tetap. Menempuh jarak 200 meter dalam waktu 5,0 s kedua gerakan. Berapa jarak yang ditempuh benda tersebut dalam gerak 5 detik pertamanya.

A.   67 meter

B.   78 meter

C.   86 meter

D.   92 meter

E.    120 meter  



Soal : 2

Perhatikan sebuah keran yang menetes, dimana keran tersebut berada 10 cm di atas wastafel. Waktu antar tetes sedemikian rupa sehingga ketika satu tetes jatuh ke wastafel, satu di udara, dan satu lagi akan jatuh. Pada ketinggian berapa di atas wastafel akan jatuh di udara tepat saat setetes air jatuh ke wastafel.
A. Antara 0 dan 2 cm
B. Antara 2 dan 4 cm
C. Antara 4 dan 6 cm
D. Antara 6 dan 8 cm
E. Antara 8 dan 10 cm



Soal : 3

Motor 1500 Watt digunakan untuk memompa air setinggi 2,0 meter secara vertikal dari ruang bawah tanah yang tergenang air melalui sebuah pipa silinder. Air dikeluarkan melalui ujung pipa dengan kecepatan 2,5 m/s. Mengabaikan gesekan dan dengan asumsi seluruh energi motor dialirkan ke air, manakah berikut ini yang paling dekat dengan jari – jarinya dari pipa. Massa jenis air adalah ρ = 1.000 kg/m3.

A.  1/3 cm

B.  1,0 cm

C.  3,0 cm

D. 9,0 cm

E.  20 cm 



Soal : 4

Tiga titik bermassa m dihubungkan oleh pegas yang identik. Ketika diletakkan diam pada permukaan horizontal massa membentuk segitiga dengan panjang sisi l. Ketika rakitan diputar terhadap pusatnya dengan kecepatan sudut ω, maka massa membentuk  segi tiga dengan panjang sisi 2l. Berapakah konstanta pegas k .

















Soal : 5

Sebuah kotak berbobot w akan meluncur ke bawah sebesar 300 dengan kecepatan konstan karena pengaruh gravitasi dan gesekan sendiri. Jika gaya horizontal P diterapkan pada kotak, maka kotak dapat dibuat bergerak ke atas dengan kecepatan konstan. Berapakah besarnya P ?

















selamat berlatih dan semoga sukses 



BACA JUGA : UH - 1 FISIKA VII SMP SEM 2 TP 2023 /2024


Kegiatan dalam Foto 





















Gambar 1. Foto suasan belajar di Bimbel WR Supratman 2 di Sekolah SMP WR Supratman 2 Medan TP 2023/2024 (Dok. Pribadi)





















Gambar 2
(Dok. Pribadi)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUNAS 6

TUNAS 3

Ukuran Pemusatan dan Peyebaran Data Berkelompok