PERTEMUAN 3 STATISTIK : Mengolah dan Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel

 

Pada kesempatan ini kita akan mempelajari cara membuat dan menyajikan data dalam bentuk tabel. Data yang dibuat dalam bentuk tabel, secara umum bersifat data acak, data hasil wawancara, atau data hasil pencacahan. 

Untuk dapat memahaminya, kita langsung mempelajarinya dengan menggunakan contoh di bawah ini. 


Contoh : 

Nilai ulangan Matematika anak kelas VII disusun sesuai dengan nomor urut absensi mereka ke samping. Dan perolehan nilai disajikan dalam skala 0 – 10. 


5

6

7

5

3

5

6

7

5

4

7

6

6

3

8

6

7

5

4

6

5

6

7

5

8

9

4

6

9

6

6

7

6

8

4

5

4

6

8

3

5

8

6

3


Perhatikan data di atas, terlihat datanya tidak menggambarkan fakta yang ada. Karena kita akan menemukan kesulitan mencari siswa yang memperoleh nilai kurang dari 7. Untuk mempermudah kita mencari jumlah siswa yang memperoleh nilai tertentu, perhatikan langkah – langkah berikut. 


Langkah pertama : (tetapkan interval nilai) 

Interval nilai = jangkauan perolehan nilai siswa, dengan cara mengurangkan perolehan nilai tertinggi dengan nilai terendah. 

Interval nilai = 9 – 3 = 6 

Banyak baris interval = 6 + 1 


Langkah kedua : (tetapkan banyak kolom) 

Berdasarkan data, kita dapat menetapkan 3 kolom : kolom nilai ulangan, turus, frekuensi perolehan nilai. 



Langkah ketiga : (tetapkan urutan perolehan nilai)

Perolehan nilai terendah adalah 3 dan perolehan nilai tertinggi adalah 9. Maka urutan nilai dimulai dari 3 hingga 9 


Langkah keempat : ( pindahkan data ke dalam tabel) 


Langkah kelima : (tuliskan turus setiap baris pada kolom frekuensi)



Berdasarkan tabel di atas, kita dengan mudah menarik kesimpulan. 

Untuk siswa yang memiliki nilai kurang dari 7 adalah 31 siswa. 


Latihan Mandiri : 


Nomor 1 : ( 50 poin) 

Nilai ulangan Matematika dari 20 siswa kelas VII – B  adalah 40, 60, 70, 40, 80, 80, 90, 90, 70, 50, 60, 50, 60, 50, 70, 70, 80, 80, 70, 50. Sajikan data nilai siswa dalam bentuk tabel. 


Nomor 2 : ( 50 poin) 

Pada tahun 2014, banyak siswa SMP Negeri 1 Indonesia kelas VII, VIII dan IX berturut – turut 215, 220, dan 228. Pada tahun 2015 banyak siswa berturut – turut 218, 226, dan 231. Sajikanlah data siswa tersebut dalam bentuk tabel.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUNAS 6

TUNAS 3

Ukuran Pemusatan dan Peyebaran Data Berkelompok