SERI SOAL OLIMPIADE GURU FISIKA SMA TAHUN 2023 : NO. 2

Sebuah benda dilemparkan ke atas dengan kecepatan awal 40 m/s dan membentuk sudut elevasi 600. Kecepatan benda saat mencapai ketinggian maksimum adalah ..

A.    Nol                       D. 40 m/s

B.    20 m/s                  E. 40√3 m/s

C.    20√3 m/s

 

Pembahasan :

 

Perhatikan gambar berikut,



1

 

 

 

 

 


Dari gambar dapat kita simpulkan benda yang dilempar ke atas tersebut memiliki lintasan berbentuk parabola. Dimana parabola merupakan paduan dua gerak lurus secara bersamaan, gerak lurus beraturan GLB (sumbu x) dan gerak lurus berubah beraturan GLBB (sumbu y)

 

Saat mencapai ketinggian maksimum (ymax) kecepatan benda dalam arah sumbu y akan menjadi nol (vy = 0). Sedangkan kecepatan benda dalam arah sumbu x adalah tetap vx = v0x = v0. cos 300.

 

Sehingga kecepatan total benda saat berada di puncak tertinggi menjadi,

2


 









Kunci : C



Kegiatan Mengajar dalam Foto 

Gambar 1 Suasana belajar di kelas XII MIPA 2 angkatan 2023/2024, sembari siswa  mencatat pembahasan soal Pemantil. Guru memberikan motivasi untuk  menumbuhkan semangat dan keyakinan diri siswa. (Dok. Pribadi)


















Gambar 1
Suasana belajar di kelas XII MIPA 2 angkatan 2023/2024, sembari siswa 
mencatat pembahasan soal Pemantil. Guru memberikan motivasi untuk 
menumbuhkan semangat dan keyakinan diri siswa. (Dok. Pribadi) 

Gambar 2. Suasana belajar di kelas XI MIPA 3 TP 2023/2024, sembari siswa mencatatkan pembahasan soal yang dikutip dari buku peggangan siswa. Penulis yang saat itu merupakan wali kelas XI MIPA 3 selain memberikan motivasi, juga melakukan introsepeksi diri, perihal kendala belajar minggu sebelumnya (Foto diambil hari senin sesuai jam mapel Fisika). (Dok. Pribadi)


















Gambar 2.
Suasana belajar di kelas XI MIPA 3 TP 2023/2024, sembari siswa mencatatkan pembahasan soal yang dikutip dari buku peggangan siswa. Penulis yang saat itu merupakan wali kelas XI MIPA 3 selain memberikan motivasi, juga melakukan introsepeksi diri, perihal kendala belajar minggu sebelumnya (Foto diambil hari senin sesuai jam mapel Fisika). (Dok. Pribadi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUNAS 6

TUNAS 3

Ukuran Pemusatan dan Peyebaran Data Berkelompok